by

7 Olahraga yang Baik untuk Pernapasan

Menjaga kesehatan pernapasan sangatlah penting, bahkan sudah menjadi sebuah keharusan. Tidak peduli sejauh mana kita mengekang diri untuk merokok atau menghindari asap rokok. Karena hal-hal itu, masih saja kurang untuk menjamin kesehatan pernapasan yang kita harapkan.

Mengapa kita perlu untuk menjaga dan memperhatikan kesehatan pernapasan?

Kesehatan organ pernapasan perlu diperhatikan agar terhindar dari penyakit yang menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan. Jika organ pernapasan berfungsi secara baik dan normal, maka kebutuhan manusia terhadap udara akan terpenuhi. Sebaliknya, jika organ pernapasan tidak sehat atau mengalami gangguan, asupan kebutuhan udara tentu akan berkurang.

Berdasarkan hal tersebut, alangkah baiknya jika kita mau memperhatikan kesehatan pernapasan, dengan menambahkan aktivitas olahraga dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah jenis-jenis olahraga yang baik untuk pernapasan, yang nantinya bisa kamu lakukan sesuai waktu dan kesempatan.

1. Olahraga Sepeda


Olahraga sepeda, merupakan olahraga yang lumrah dijadikan sebagai hiburan semata. Olahraga ini diklaim menjadi salah satu olahraga yang paling banyak merangkul penggemar, lantaran minim risiko dari cedera. Biasanya, olahraga sepeda sangat direkomendasikan bagi yang mempunyai berat badan berlebih atau seseorang yang rentan terhadap cedera.

Namun sekarang, olahraga sepeda telah disarankan untuk dilakukan oleh setiap orang tanpa terkecuali. Alasannya karena olahraga sepeda memang sangat baik untuk pernapasan. Ketika tubuh kita kurang beraktivitas, maka sistem pernapasan akan terganggu. Jadi lewat bersepeda, fisik akan diajak beraktivitas, hingga otot pernapasan dan paru-paru turut menjadi lebih kuat dan menjadi lebih baik.

2. Olahraga Lari


Olahraga lari adalah olahraga ringan, yang berfungsi melancarkan pembuluh darah serta melatih kesehatan otot jantung. Namun selain daripada itu, olahraga lari juga sangat baik bagi pernapasan.

Baca Juga  Buat yang Susah Tidur, Cek Jenis Musik Relaksasi untuk Tidur Ini Yuk

Ketika seseorang berlari, sistem pernapasan akan bekerja lebih optimal untuk menghirup dan mengeluarkan udara. Hal itupun berperan penting bagi alveoulus, untuk melakukan pertukaran udara, serta merelaksasi otak dan menyingkirkan stres.

3. Jalan Santai


Sama halnya dengan olahraga lari. Bedanya, olahraga jalan dilakukan dengan teknik yang lebih santai dan lebih tenang. Ketika sedang berjalan, aliran oksigen yang ada di aliran darah akan segera meningkat. Maka sangat menjelaskan mengapa olahraga aerobik ini baik dan sangat cocok bagi pernapasan.

Kalau kamu adalah orang yang tipe pemalu saat berada di tempat terbuka, berjalan di sekitaran rumah juga tidak masalah. Namun pastikanlah area rumah yang kamu tempati, tidak berada di sekitaran jalan raya.

Sebab udara kotor yang dihasilkan kendaraan bermotor, bisa menjadi pemicu rusaknya sistem kesehatan pernapasan. Seperti kekurangan kadar oksigen, asma, ISPA dan kanker paru-paru.

4. Olahraga Renang


Berikutnya olahraga renang. Olahraga ini mampu melatih pernapasan menjadi lebih baik, kuat dan panjang. Alasannya, gerakan otot mampu memacu kelancaran aliran darah ke jantung, paru-paru dan juga pembuluh darah. Akan tetapi, melakukan olahraga renang berarti harus rela melakukan pengorbanan juga. Tak terkecuali uang dan waktu.

Pasalnya, tidak semua orang telah memiliki kolam pribadi di rumah mereka. Oleh karena itu, siapa saja yang punya keinginan untuk melakukan olahraga ini, mau tidak mau, harus ke kolam renang. Tapi kalau dihitung-hitung sih nggak ada ruginya, terlebih kesehatan memanglah mahal, jadi wajar-wajar saja kalau harus meminuskan sedikit penghasilan.

5. Olahraga Lompat Tali


Selain termasuk sebagai olahraga yang mampu meninggikan badan, olahraga lompat tali juga termasuk sebagai olahraga yang baik untuk pernapasan. Pasalnya, lompatan-lompatan yang kita buat ketika melakukan olahraga ini, berfungsi untuk melatih koordinasi tubuh, serta pembuluh darah. Mempunyai fokus pada titik kecepatan, olahraga lompat tali bisa membuat jantung berdenyut cepat.

Baca Juga  Kenali 5 Jenis Kerusakan Rambut dan Cara Mengatasi Dengan Mudah

Sehingga apabila dilakukan secara rutin, olahraga ini pun dapat meningkatkan kekuatan jantung dan menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Agar terhindar dari kecelakaan yang tidak di inginkan, upayakanlah melakukan olahraga ini di tempat yang berumput. Jadi kaki pun tidak akan tergelincir saat membalas setiap lompatan.

Kalaupun tidak memungkinkan di luar semisalnya karena sedang hujan, maka perhatikan pulalah agar tidak melompat dengan mengenakan alas kaki. Mengenakan alas kaki saat melakukan olahraga ini di ruangan, berpeluang membuat pelaku olahraga tergelincir hingga jatuh terkilir.

6. Olahraga Tai Chi


Tergolong bela diri, olahraga Tak Chi juga bisa kamu pilih, untuk menjaga pernapasan agar lebih tetap terjaga, baik, aman dan sehat. Umumnya olahraga ini memang sering dipraktikkan oleh lansia. Orangtua yang telah lanjut usia. Namun karena berperan penting bagi kesehatan pernapasan dan juga tulang, olahraga Tai Chi pun mulai dilakukan oleh banyak khalayak orang.

Dalam olahraga Tai Chi, gerakan-gerakan lembut yang diayun perlahan, membuat napas jauh lebih rileks dan santai. Maka tidak heran ketika melakukan olahraga Tai Chi, dada rasanya lebih plong dan juga lebih ringan. Hebatnya lagi, olahraga ini begitu sederhana. Sehingga otot dan sendi pun, tidak akan terbebani saat melakukan olahraga Tai Chi.

7. Olahraga Angkat Beban

wanita senior mengangkat dumbbells - angkat beban potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kalau kamu bersedia, melaksanakan olahraga angkat beban juga bermanfaat baik untuk pernapasan. Dimana teknik pernapasan ideal dalam mengeluarkan napas selama fase konsentris, atau fase mengangkat beban ini, memberi dampak positif untuk meningkatkan keterlibatan bagian tubuh inti. Demikian, pernapasan menjadi lebih terlatih dan jauh dari risiko yang membahayakan kesehatan

Setiap olahraga sudah pasti memiliki fungsi dan peranan baik untuk kesehatan tubuh. Termasuk olahraga-olahraga di atas, yang termasuk pada bagian olahraga yang baik untuk pernapasan.

Baca Juga  Kesal Pekerjaan Rumah Tak Kunjung Selesai? Coba Life Hack Pekerjaan Rumah Berikut Ini

Dan demi kesehatan dan kestabilan proses pernapasan, sudah sepatutnya kita mau memperhatikan hal-hal kecil, yang berpeluang besar untuk memperbaiki pola pernapasan kita menjadi lebih baik lagi.

Comment

Artikel Terkait