by

7 Olahraga Mudah Tanpa Alat yang Bisa Dilakukan di Rumah

Kegiatan berolahraga seakan menjadi trend pada saat ini, hal itu diperkuat lagi dengan adanya pandemi yang tidak kunjung usai. Sehingga setiap individu manusia pun dituntut untuk menjaga kesehatan dan juga daya tahan tubuh, agar tetap dalam kondisi baik dan stabil. Maka dari itu sekarang ini banyak ditemui orang yang rutin berolahraga.

Nah, berhubung saat pandemi kegiatan atau agenda dibatasi maka Anda bisa berolahraga di rumah atau sekitar lingkungan Anda. Jika Anda termasuk orang yang suka ke gym, maka untuk saat ini Anda bisa berolahraha di rumah dengan alat seadanya.

Berikut ini ada beberapa macam olahraga mudah tanpa alat, antara lain sebagai berikut:

1. Jogging Atau Lari-lari Kecil
Energetic young couple jogging together at city park in the morning Energetic young couple jogging together at city park in the morning Jogging stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Jenis olahraga pertama yang bisa Anda lakukan di rumah tanpa perlu repot memikirkan alat, yaitu lari-lari kecil atau biasa disebut dengan jogging.

Olahraga ini termasuk yang paling simpel dan juga sederhana, dimana Anda hanya perlu berlari saja dengan kecepatan rendah. Selain itu jogging ini pada dasarnya merupakan salah satu olahraga yang masuk dalam kategori aerobik.

Nah, untuk kegunaan jogging dalam dunia olahraga biasanya disebut dengan kegiatan pemanasan saja. Mengapa demikian? Karena jogging ini sangat berguna sebagai sarana untuk pelemasan otot agar tidak kram.

Selebihnya untuk manfaat jogging itu sendiri, yaitu untuk menjaga kesehatan jantung dan juga bisa menurunkan berat badan berlebih.

2. Senam
exercise breaks Yoga exercise breaks from home gymnastics stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Jika mencari olahraga yang terbilang cukup sederhana dan tidak banyak membutuhkan alat pendukung, maka Anda wajib mencoba olahraga senam ini di rumah.

Meskipun pada dasarnya gerakan senam ini membutuhkan peralatan tambahan atau pendukung seperti alunan musik, tanpa menggunakan itu pun Anda masih bisa melakukan senam ini.

Baca Juga  7 Tips Memilih Jasa Pengiriman untuk Partner Bisnis Online Anda

Jika Anda berminat untuk melakukan senam ini untuk membuat badan tetap bugar dan sehat, tapi Anda bingung dengan gerakannya, tenang saja Anda bisa mencari referensi tentang berberapa gerakan senam lewat video online atau VCD.

Perlu Anda ingat bahwa untuk melakukan senam ada beberapa tahapan yang harus dilalui terlebih dahulu, yaitu seperti pemanasan dan juga tahap pendinginan.

3. Push Up
bi-racial man doing push ups in sportswear on fitness mat bi-racial man doing push ups in sportswear on fitness mat push up stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Untuk jenis olahraga berikutnya yang juga bisa dilakukan tanpa adanya alat satupun adalah push up. Olahraga ini pada dasarnya juga sudah sangat umum dan bahkan banyak orang yang melakukannya setiap hari, tentu untuk tujuan dari melakukan push up yaitu untuk memperkuat otot bisep dan trisep pada tubuh.

Meskipun olahraga ini terbilang sangat sepele dan juga sederhana, namun banyak orang yang tidak terlalu tertarik ataupun menghiraukannya.

Namun, jika dilakukan setiap hari dengan dengan sungguh-sungguh, maka akan mendapatkan banyak manfaat bagi tubuh. Selain itu, perlu Anda ketahui lagi dalam gerakan pusp up terbagi menjadi beberapa variasi dan semua itu juga ada tahapannya sendiri-sendiri.

4. Stretching

Young woman stretching on grass in public park Young woman stretching on grass in public park Stretching stock pictures, royalty-free photos & images

Pernah mendengar istilah stretching pada olahraga? Tentunya sudah bukan. Karena pada dasarnya stretching ini merupakan salah satu gerakan dasar yang wajib dilakukan, sebelum melakukan olahraga atau lebih gampangnya stretching ini bisa disebut dengan pemanasa.

Dimana stretching ini harus dan wajib dilakukan, karena mempunyai banyak manfaat untuk kelenturan dan fleksibilitas tubuh.

Jika dilihat dari gerakan-gerakan pada stretching sangat mirip dengan gerakan yang ada pada senam, tapi bedanya untuk stretching ini dilakukan se-rileks dan senyaman mungkin, karena tujuan utama dari stretching ini untuk membuat tubuh tidak kaku, dan tidak mengalami cedera saat melakukan olahraga lain dengan tingkatan yang lebih berat atau tinggi.

Baca Juga  Jangan Sampai Salah Urutan, Begini Urutan Skincare yang Benar
5. Ab Crunches
Young female athlete performs ab crunches outdoors Young female athlete performs ab crunches outdoors. Ab Crunches stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Untuk rekomendasi olahraga tanpa alat yang bisa Anda lakukan saat berada di rumah adalah olahraga dengan nama Ab Crunches. Jika melihat dari gerakannya pasti banyak yang menilai olahraga ini masuk kedalam kategori sit-up, tapi itu kurang tepat dan ada perbedaan. Dimana gerakan pada Ab Crunches ini lebih berfokus pada tumpuan punggung.

Olaraga ini secara umum sering menjadi suatu ajang atau sarana bagi laki-laki untuk mendapatkan bentuk perut yang sixpack. Selain berguna untuk membentuk perut agar sixpack, ternyata olahraga yang satu ini juga sangat baik bagi anggota tubuh lainnya seperti paha, lengan dan juga tulang belakang.

6. Jumping Jack
Mother and kids doing a home workout A mother and her kids do some home gym workouts together. Being fit and active at home during the Corona Virus lockdown period Jumping Jack stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Jumping jack juga termasuk dalam kategori olahraga yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan juga kebugaran tubuh, karena gerakan dasar pada jumping jack ini seakan membuat semua anggota tubuh ikut bergerak secara aktif.

Untuk detail dari jumping jack ini diawali dengan melakukan lompatan, terus diikuti dengan membuka dan menutup kedua kaki lalu tangan melakukan tepukan di atas kepala.

Dibanding dengan olahraga lainnya dalam kategori tanpa alat, bisa dikatakan bahwa jumping jack-lah olahraga yang paling ramah dan mudah dilakukan.

7. Burpess
Burpees
istockphoto

Rekomendasi olahraga terakhir tanpa alat yang bisa Anda lakukan di rumah dengan mudah yaitu burpess. Secara umum jika dilihat dari gerakan yang ada pada burpess sendiri, merupakan sebuah perpaduan gerakan yang ada pada gerakan push-up dan juga lompatan. Jadi bisa disimpulkan bahwa olahraga ini cukup mudah dilakukan dan layak untuk dicoba.

Untuk awalan dari gerakan burpess ini Anda cukup berdiri secara tegak lalu melakukan gerakan jongkok, kemudian lakukan tendangan kaki kebelakang dan posisikan diri dalam kondisi push-up.

Baca Juga  Girls, Yuk Intip Rekomendasi Bedak untuk Ke Sekolah Agar Wajah Nggak Kusam!

Setelah itu, lakukan gerakan push-up satu kali, saat posisi naik lakukan gerakan jongkok kembali dan kembali keposisi berdiri dengan cara melompat. Meskipun terlihat sangat mudah dan sederhana, namun jika dilakukan berulang-ulang akan cukup membuat capek.

Demikian sederet ulasan sederhana mengenai beberapa rekomendasi olahraga mudah tanpa alat, yang bisa Anda lakukan saat dirumah. Dengan begitu, maka Anda tidak perlu bingung dan khawatir lagi untuk berolahraga dirumah tanpa mempunyai alat atau sarana pendukung satupun. Semoga bermanfaat!

Comment

Artikel Terkait