by

6 Olahraga Paling Murah yang Aman Lagi Menyehatkan

Olahraga paling murah adalah solusi bagi masyarakat yang ingin sehat, tetapi memiliki keuangan terbatas sehingga tidak mungkin berolahraga yang mahal. Jumlah olahraga semacam ini sangat banyak yang terpenting Anda mau melakukan dengan serius saja.

Selain murah olahraga ini juga bisa dilaksanakan bersama seluruh keluarga di rumah. Nah, di musim pandemi ini, olahraga-olahraga murah ini harus menjadi pilihan itu pun jika ingin terbebas dari virus corona.

Di bawah ini terdapat beberapa jenis olahraga termurah yang bisa dilakukan dari rumah tanpa harus membeli peralatan pendukung. Jadi silakan disimak saja ini olahraga yang dimaksud:

1. Lari Pagi (Jogging)

wanita berlari di luar ruangan. - jogging potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Olahraga termurah yang pertama adalah lari pagi atau jogging dengan rute yang tidak terlalu jauh. Untuk olahraga ini yang dibutuhkan hanya semangat dan keseriusan saja serta tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Durasi lari pagi pun tidak perlu lama yang penting tubuh hangat dan berkeringat saja. Maka dari itu, silakan bangun sedini mungkin untuk mendapatkan sinar matahari yang ideal setelah itu langsung lakukan pemanasan lalu mulai berlari maksimal 15 menit saja.

Jika sinar matahari terlalu panas olahraga lari sangat tidak dianjurkan, karena berpotensi menimbulkan heat stroke atau panas berlebihan di otak. Efeknya bisa pingsan di tengah jalan yang juga berpotensi untuk menghilangkan nyawa.

2. Senam

keluarga atletik asia berolahraga bersama di rumah, menggunakan laptop - senam potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Senam adalah olahraga paling populer yang tidak boleh dilupakan jika ingin sehat tetapi tidak ingin mengeluarkan banyak uang. Dengan melakukan senam, otot-otot akan terbentuk dengan baik, sekaligus imunitas atau sistem kekebalan tubuh juga bakal meningkat.

Waktu yang baik untuk berolahraga senam salah satunya di pagi hari setelah sholat subuh. Jika ini dilakukan terus menerus, energi dan semangat untuk beraktivitas juga bakal bangkit karena senam tergolong olahraga pemanasan (stretching) yang paling direkomendasikan.

Baca Juga  7 Olahraga yang Seru Ini Dapat Kamu Lakukan di Rumah

Oleh sebab itu, mari jadikan olahraga senam sebagai rutinitas harian apalagi di musim pandemi seperti ini. Walaupun demikian Anda harus tetap memilih durasi yang tepat karena jika terlalu lama, olahraga semacam ini juga bisa menimbulkan masalah pada otot terutama senam lantai.

3. Angkat Beban

wanita senior mengangkat dumbbells - angkat beban potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kalau ingin berolahraga hanya dengan uang Rp100.000, maka silakan berolahraga angkat beban dan uang tersebut bisa digunakan untuk membeli peralatannya. Memang, untuk olahraga ini harus tetap mengeluarkan uang akan tetapi sebanding dengan hasil yang akan didapatkan nantinya.

Jika rutin berolahraga angkat beban di setiap pagi dan sore hari, otot akan terbentuk layaknya sedang nge-gym atau sedang melakukan olahraga di gerai kebugaran (fitness). Sedangkan kalau fitness langsung, Anda harus menyiapkan uang member Rp100.000 setiap bulan yang jika dikalkulasi per-tahunnya ada Rp1.200.000 yang harus dikeluarkan.

Nah dengan hanya mengeluarkan Rp100.000 di awal, Anda sudah bisa mendapatkan hasil seperti fitnes hanya dengan berbekal alat angkat beban saja. Toh alat tersebut multifungsi artinya juga bisa digunakan untuk dril otot di seluruh tubuh.

4. Naik Turun Tangga

Olahraga paling murah bahkan gratis yang berikutnya ialah olahraga naik turun tangga, yang berkhasiat untuk kekuatan otot kaki dan kebugaran. Ini bisa dilakukan secara terprogram atau bisa juga dengan cara aksidental, yaitu mulai berhenti menggunakan lift atau eskalator melainkan menggantinya menggunakan tangga untuk beraktivitas di kantor.

Jika ingin memrogramkan olahraga naik turun tangga, silakan alokasikan waktu tertentu setiap pagi atau sore hari namun khusus yang rumahnya berlantai dua atau tiga saja. Sedangkan bagi yang tidak memilikinya mungkin bisa pergi ke stadion terdekat, lalu mulai naik turun tangga tribun selama maksimal 15 menit saja.

Baca Juga  Jarang Olahraga Karena Sibuk? Eits, Masih Ada Olahraga yang Bisa Dilakukan di Tempat yang Sempit loh!

Usahakan olahraga ini dilakukan sambil berjalan bukan berlari karena jika berlari berpotensi membuat cedera pada kaki. Anda juga harus melakukan pemanasan terlebih dahulu, hingga minimal tubuh mulai berkeringat setelah itu baru melakukan olahraga naik turun tangga.

5. Bersepeda

musim semi akan datang konsep dengan perasaan bahagia dan ceria dari pasangan asia naik sepeda bersama - bersepeda potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Bagi yang memiliki sepeda di rumah silakan pakai untuk berolahraga setiap hari atau minimal setiap hari sabtu dan minggu. Olahraga bersepeda juga bagus untuk kesehatan dan imunitas, bahkan juga bisa menambah keharmonisan jika olahraganya dilakukan bersama pasangan.

Jika hanya untuk sehat silakan kayuh sepeda dengan kecepatan normal, karena jika terlalu cepat juga bisa berakibat cedera bagi orang yang tidak pernah melakukannya. Yang perlu diatur hanya jarak tempuhnya saja dan usahakan tidak memilih jarak tempuh yang jauh jika masih baru pertama bersepeda.

Olahraga bersepeda juga terbilang olahraga yang paling murah karena dana yang dibutuhkan paling Rp1-2juta saja, itu sudah bisa mendapatkan sepeda yang bagus dan bisa digunakan sepanjang hayat. Bahkan sepeda juga bisa diwariskan kepada generasi selanjutnya agar bisa digunakan untuk membentuk otot terutama di bagian perut.

6. Jalan Jalan Sehat (JJS)

wanita muda cantik berjalan cepat di jalan - walk potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Di setiap acara agustusan pasti ada olahraga JJS atau Jalan-Jalan Sehat yang dilakukan hampir di seluruh wilayah Indonesia. Nah, dari kegiatan ini sudah membuktikan kalau olahraga jalan-jalan memang menyehatkan serta bisa memicu kesenangan jika dilakukan bersama-sama.

Olahraga ini juga bisa dilakukan sekalipun tidak ada agenda agustusan, karena yang dibutuhkan hanya keringat serta kelancaran sirkulasi darah. Oleh sebab itu, silakan tetap berjalan-jalan di rumah minimal 15 menit sekalipun hanya dengan mengelilingi kompleks saja.

Demikianlah olahraga paling murah yang bisa dilakukan di rumah bagi siapapun yang ingin sehat. Semoga apa yang sudah diinformasikan bisa menjadi tambahan pengetahuan yang positif, dengan harapan selalu diberi kesehatan dan dijauhi dari penyakit yang membahayakan.

Baca Juga  Deretan Fakta Menarik Dari Atlet Angkat Besi ‘Nurul Akmal’ Dalam Olimpiade Tokyo 2020

Sumber Gambar: istockphoto

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait