by

5 Striker Sepak Bola dengan Skill Menawan yang Sudah Mendunia

Tidak semua striker memiliki skill individu bagus. Karena yang dibutuhkan hanya mereka yang memiliki naluri cetak gol tinggi saja. Tugas striker sendiri hanyalah mencetak gol bukan yang lain. Walaupun demikian, ternyata ada beberapa striker sepak bola dengan skill menawan yang namanya masih populer sampai saat ini.

Striker dengan skill menawan maksudnya ialah, pemain penyerang yang sebelum mencetak gol harus “menggoreng” bola terlebih dahulu melewati beberapa pemain belakang tim lawan. Kalau lawan sudah dilewati, tentu striker lebih leluasa untuk menceploskan si kulit bundar ke gawang.

Nah, artikel olahraga berikut, akan menjelaskan tentang penyerang-penyerang dengan skill individu yang bagus. Mereka tidak segan melewati 2 sampai 3 pemain sebelum berhadapan dengan penjaga gawang lawan. Ini dia pemain-pemain yang dimaksud:

1. Alessandro Del Piero

Venta > juventus jersey 2006 > en stock

Di era 90an Juventus pernah memiliki striker haus gol dengan skill menawan. Namanya Alessandro Del Piero yang akrab dipanggil Alex. Striker berwajah tampan ini bermain di posisi penyerang dan memakai kostum bernomor punggung 10. Kostum yang cocok untuk striker dengan naluri menyerang yang tinggi.

Del Piero bisa bermain di banyak posisi. Salah satunya bermain sebagai penyerang lubang, play maker maupun menjadi penyerang sayap. Akan tetapi, posisi terbaiknya  sebagai penyerang utama atau striker tunggal serta menjadi striker tandem. Ketika menjadi striker tandem, Del Piero dipasangkan dengan David Trezequet dari Prancis.

Alessandro Del Piero memiliki gaya permainan flamboyan. Maksudnya, pergerakannya lincah tetapi tidak kaku. Sekalipun tubuhnya tambun, tetapi bukan kekuatan yang utama. Makanya Alex lebih mengandalkan kecepatan lari dan pergerakan kaki ketika melakukan dribbling. Sekalipun demikian, lawan sangat kesulitan untuk menjegalnya ketika sedang membawa bola.

Baca Juga  5 Mantan Pemain Tim Nasional dengan Skill Menawan di Era 90an
2. Diego Armando Maradona

Wawancara Terakhir Diego Armando Maradona | kumparan.com

Hampir bisa dipastikan, penikmat bola yang lahir pada tahun 80an tahu Diego Armando Maradona. Striker berkebangsaan Argentina yang terkenal dengan “Si Tangan Tuhan”.  Sebutan ini disematkan ketika Argentina bertanding melawan Inggris di Piala Dunia 1986.

Pada pertandingan tersebut, Argentina menang 2-1 yang kedua gol dicetak Maradona termasuk gol Tangan Tuhan. Ceritanya seperti ini, pada waktu itu, serangan datang dari sayap kanan Argentina, karena terlepas dari pengawalan, winger leluasa mengirim umpan crossing ke depan kotak penalti dan disambut oleh sundulan Maradona. Kalau dilihat dengan cermat, sejatinya bukan kepalanya yang menyundul melainkan tangannya yang menyentuh bola dengan sengaja.

Lepas dari kontroversi tersebut, di beberapa menit berikutnya, Maradona menunjukkan kelasnya. Dia membawa bola dari tengah lapangan melewati 5 pemain Inggris termasuk penjaga gawang. Akhirnya Maradona mencetak gol dengan mudah yang sekaligus memastikan kesuksesan Argentina merebut gelar Piala Dunia 1986.

3. Lionel Messi

Paris Saint Germain vs Lyon live stream — how to watch Ligue 1 21/22 game  online | Tom's Guide

Striker sepak bola dengan skill menawan berikutnya adalah Lionel Messi. Penyerang mungil yang lama bermain bersama Barcelona sebelum akhirnya hengkang ke Paris Saint German Prancis. Seorang striker yang dianggap memiliki skill individu “kelas dewa” saking sulitnya dijegal lawan.

Lionel Messi berangkat dari sekolah sepak bola Barca La Messia. Pada waktu itu, Messi, Xavi, Inesta dan Thiago Alcantara juga berasal dari sekolah ini. Luar biasanya, keempat pemain tersebut akhirnya lolos ke tim utama dan menjadi pemain hebat.

Lionel Messi memiliki kelebihan di kaki kiri. Ketika membawa bola, dia tetap menggunakan kaki tersebut. Makanya, pemain bertahan sekelas Pepe dan Sergio Ramos (Real Madrid) pun kesulitan untuk merebut bola dari kaki Messi. Uniknya, ketika kadung membawa bola pasti ada 2-3 pemain lawan yang dilewati sekalipun tidak di jantung pertahanan.

Baca Juga  Malas Berolahraga? Ini 6 Tips Biar Mau Berolahraga yang Cocok Untukmu
4. Andry Shevchenko

Andriy Shevchenko - Player profile | Transfermarkt

Pada tahun 2000an Ac Milan memiliki striker tangguh dengan skill menawan. Namanya Andry Shevchenko yang berasal dari negara Ukraina. Penyerang inilah yang paling ditakuti lawan karena memiliki naluri gol cukup tinggi. Bahkan Sheva pernah beberapa kali menjadi top scorer.

Shevchenko terbilang pemain multi talenta. Selain memiliki naluri gol tinggi, pemain ini juga jago drible. Tak hanya itu, striker jangkung tersebut juga mampu berlari cepat yang menjadikannya cukup lincah ketika melakukan solo run. Postur tubuhnya yang tinggi sangat bermanfaat untuk mencetak gol dari bola-bola atas.

Sayangnya, Andry Shevchenko tidak memiliki tandem yang memadai. Striker Filipo Inzaghi kurang bisa diandalkan di kala itu. Bahkan, beberapa kali pemain ini di kartu kuning karena melakukan diving. Hanya Oliver Bierhoff yang bisa diandalkan, namun pemain asal Jerman ini tidak memiliki skill individu yang bagus.

5. Christiano Ronaldo

Striker sepak bola yang paling fenomenal adalah Christiano Ronaldo. Penyerang jangkung ini, tidak hanya memiliki kemampuan dribbling memukau, naluri golnya juga cukup tinggi. Makanya, pemain asal Portugal ini, tidak bermain kecuali di klub besar sekelas Real Madrid, Juventus dan Manchester United.

Kemampuan dribbling Ronaldo ditunjang dengan kecepatan lari yang luar biasa. Sedangkan perawakan tubuh yang gagah membuatnya tangguh ketika melakukan duel dengan pemain bertahan lawan. Jika CR7 sudah berlari dengan bola, bisa dipastikan jantung pertahanan lawan terancam.

Bisa dibilang, Christiano Ronaldo adalah striker terbaik saat ini. Pasalnya, striker ini sangat multi talenta dan layak disebut striker dengan kemampuan hampir sempurna. Dan tidak dimungkiri, sudah banyak klub yang ia bawa ke kasta tertinggi baik di Eropa maupun di dunia.

Baca Juga  6 Olahraga Paling Murah yang Aman Lagi Menyehatkan

Itulah beberapa striker sepak bola dengan skill menawan yang sebagian menjadi legenda. Bagi penikmat bola, pasti tahu dengan nama-nama di atas karena memiliki popularitas cukup mentereng. Mungkin, sepak bola tidak lagi indah tanpa sepak terjang pemain-pemain di atas.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait