by

5 Manfaat Olahraga Berenang yang Harus Kamu Ketahui!

Olahraga merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan seseorang untuk mengatur kondisi tubuh agar tetap sehat dan kuat. Tak jarang dalam sebuah olahraga terdapat suatu bidang atau cabang tertentu yang berisikan peminatnya. Kebanyakan olahraga terdiri dari aktivitas tubuh dan sedikit untuk aktivitas rohani, salah satu olahraga paling populer dan sudah pernah diadakan kejuaraan lomba dunia ialah berenang.

Berbicara mengenai berenang mungkin ada sebagian di antara kamu yang pernah mencoba kejuaraan lokal maupun mahir dalam olahraga ini. Pasti setelah melakukan berenang dengan rentang yang cukup lama akan membuat tubuh merasa agak fresh dan segar. Namun tak hanya itu saja, ternyata berenang juga memiliki manfaat yang berguna bagi kesehatan. Mau tahu apa saja manfaat berenang? Berikut ulasannya!

Olahraga Renang

Siapa nih yang di sini suka berenang? Pasti kebanyakan tubuh perenang akan lebih pejal dan tinggi dari manusia umumnya. Hal ini dikarenakan rajinnya olah otot yang digunakan ketika aktivitas berenang. Otot-otot yang terlatih pasti akan berkembang dengan sendirinya dan menjadikan tubuh terasa lebih kekar dan tegap. Hal ini merupakan salah satu hasil dari berenang sehari-hari, tetapi apakah hanya itu saja hasil yang di dapatkan dari berenang? Tentu saja bukan.

Olahraga yang telah menjamur sejak zaman dahulu ini telah dikenal banyak orang karena kemudahan cara mainnya. Ada beberapa cara dalam berenang yakni gaya dada, gaya kupu-kupu dan gaya punggung. Terlepas dari semua itu, olahraga berenang merupakan salah satu cabang olahraga yang memiliki banyak manfaatnya. Mau tahu manfaat berenang bagi kesehatan secara lebih detailnya? Berikut daftar lengkapnya!

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat berenang yang pertama ialah menyehatkan jantung. Hal ini dikarenakan terjadinya proses pengaturan sirkulasi darah ketika kamu sedang menyelam dan menyembul keluar dari air. Ketika proses ini, jantung akan semakin terlatih dalam rangka menormalisasikan siklus darah, sekaligus beradaptasi dengan tekanan darah ketika kamu sedang di bawah air.

Baca Juga  Ini Penyebab Perceraian Pasutri! Hindari Karena Menyakitkan

Jika jantung sudah terlatih secara sering akan hal ini, maka risiko timbulnya penyakit stroke akan berkurang secara drastis. Peristiwa ini disebabkan karena lancarnya peredaran darah yang ada. Semakin baik cara orang berenang dan menyesuaikan keadaan nafas dalam air, maka akan semakin baik pula kualitas jantung si perenang.

2. Membangun Massa Otot

Hal kedua yang bisa kamu dapatkan dari olahraga berenang, ialah latihan membentuk massa otot supaya lebih kekar dan berisi. Manfaat berenang satu ini terbukti sangat diidamkan bagi kaum pria yang ingin memperbaiki kondisi tubuhnya, mereka biasanya akan berlatih keras dengan berenang menggunakan berbagai gaya beragama demi membentuk otot yang pejal.

Mengapa otot bisa menjadi pejal saat berenang? Hal ini terjadi karena pelatihan massa otot yang terjadi di bawah air. Otot akan semakin terlatih dalam menghadapi tekanan dalam air yang berat, tak hanya itu saja sifat elastis otot akan diperlihatkan di sini. Hal ini biasnya terjadi saat tangan kamu melawan arus air dan menahan tekanannya.

3. Membakar Kalori

Mempunyai tubuh yang gemuk menjadi masalah bagi kamu saat berinteraksi dengan orang lain, tetapi kamu kebingungan bagaimana cara mengatasinya? Mungkin kamu harus mencoba olahraga berenang. Pasalnya selain memperbaiki massa otot dan juga sebagai jasa penyehatan jantung, berenang memiliki manfaat lain berupa mengurangi kadar kalori dengan cara membakarnya.

Dalam sebuah studi mengatakan bahwa berenang sebanyak satu jam atau lebih mampu mengurangi kadar kalori sebesar 500-600. Jika kamu melakukannya selama lebih dari 1 jam, maka sudah bisa dikatakan bahwa upaya membakar kalori tersebut double dari yang biasanya. Ingin mencoba menurunkan berat badan dengan cara ini?

Baca Juga  7 Jenis Produk Rekomendasi Jualan yang Cocok untuk Online Shop
4.  Menghilangkan Stres

Merasa pusing dengan tugas-tugas pelajaran ataupun kantor yang tidak bisa ditinggal satu haripun, mungkin akan membuatmu merasa stress. Dalam kondisi seperti terdapat sebuah metode healing yang paling berpengaruh dan manjur, siapa lagi kalau bukan renang. Dalam praktik renang seseorang cenderung akan merasa nyaman dan merilekskan seluruh anggota tubuhnya.

Di sinilah manfaat olahraga renang yang kerap dibicarakan oleh beberapa orang yang sudah berpengalaman. Umumnya orang yang mempunyai banyak tugas akan dirasa lebih ringan ketika mereka rileks saat mengerjakan. Nah dengan berenang lah tubuh akan merasa rileks dan tenang, sehingga mengerjakan pekerjaan akan semakin lebih lancar.

5. Memperbaiki Kualitas Tidur

Manfaat yang terakhir daripada berenang ialah memperbaiki kualitas tidur. Mengapa hal ini bisa terjadi? Kualitas tidur seseorang dipengaruhi oleh rileks tidaknya pikiran seseorang, atau biasanya juga disebabkan karena kelelahan tubuh akan tugas yang begitu berat. Jika seseorang sering sekali melakukan renang di hari-harinya, maka tubuh orang tersebut akan merasa lelah namun rileks tanpa pikiran apapun.

Nah, di sinilah point utama tersebut bermula, dengan kondisi tubuh yang seperti itu maka kualitas tidur yang akan dihasilkan akan semakin lama dan baik. Hal ini karena aktivitas tubuh yang begitu berat dalam menghadapi semua kegiatan. Umumnya tidur yang baik sekitar 7-8 jam sehari, dengan aktivitas memberatkan dibarengi dengan tubuh yang rileks maka kualitas tidur tersebut akan terpenuhi dengan baik.

Nah, itulah 5 manfaat berenang yang biasanya tidak diketahui oleh semua orang. Dengan mengetahui hal ini kamu dapat mencobanya di rumah atau di fasilitas kolam renang umum, rasakan sensasinya setelah berenang. Pastinya akan sangat berefek loh bagi kesehatan. Minat mencobanya, sobat?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya