by

5 Istilah di Dalam Olahraga Voli yang Harus diketahui

Selain sepak bola olahraga yang juga populer di Indonesia ada bola voli. Hal ini ditunjukkan dengan munculnya jutaan klub yang tersebar di seluruh Indonesia. Oleh sebab itu, informasi seputar istilah di dalam olahraga voli tetap harus diketahui. Siapa tahu, Anda juga tertarik untuk memainkan olahraga ini.

Di dalam pertandingan voli, terdapat berbagai istilah yang membedakannya dengan pertandingan olahraga yang lain. Tak hanya itu, istilah ini juga mewakilkan gerakan voli yang juga berbeda antara satu sama lain. Jadi, untuk mengetahui selengkapnya, silakan baca ulasan di bawah ini:

1. Blocking

Di dalam pertandingan voli ada istilah yang tidak asing yaitu blocking. Istilah ini ditujukan kepada pemain yang mencoba menghadang serangan lawan, dengan cara menjulurkan kedua tangannya di atas net sambil melompat. Jika bola berhasil dihadang oleh tangan, otomatis akan memantul ke lapangan sendiri atau laju bola tidak lagi cepat dan keras.

Blocking merupakan gerakan penting dari pertandingan voli. Dengan adanya blocking, spike yang keras bisa ditahan dan tidak akan membahayakan para pemain. Jika spike bebas blocking, tentu pemain akan berdiri bebas sehingga bisa jadi bola akan menyisir kepala.

Bisa dibilang blocking adalah pertahanan pertama sebelum spike lawan masuk ke dalam lapangan. Sedangkan di belakangnya ada pertahanan libero, yang siap menyambut bola muntah atau menerima spike yang lolos dari sergapan blocker di depan. Pertahanan terakhir adalah dua pemain belakang yang menjaga bola muntah dari blocker atau bola yang tidak terjangkau libero.

2. Pasing

Di dalam pertandingan bola voli ada tiga kali putaran bola di lapangan sendiri, sebelum bola harus dilempar ke lapangan lawan dalam bentuk serangan spike atas maupun bawah. Nah, bola pertama adalah bola yang diterima pemain dari servis lawan dan dijulurkannya pada Toser untuk mengumpan. Bola pertama inilah yang disebut pasing atau memberikan bola pada teman sendiri.

Baca Juga  7 Olahraga yang Seru Ini Dapat Kamu Lakukan di Rumah

Pasing merupakan syarat terciptanya serangan. Jika pasing buruk, tentu toser akan kesulitan untuk memberikan umpan matang kepada spiker atau smasher. Sedangkan kalau pasing bagus, tentu toser lebih leluasa mengirimkan umpan sekaligus lebih tenang ketika menjalankan variasi umpan.

Bisa dibilang pasing adalah syarat utama di dalam pertandingan bola voli. Tanpa pasing yang baik, toser dan spiker tidak akan bisa menunjukkan permainan terbaiknya. Sebaliknya, kalau pasing bagus, toser bisa memberi umpan yang matang sehingga spiker bisa mengeluarkan segala kemampuannya untuk menyerang. Hal ini yang menjadi alasan pemain yang memiliki pasing buruk pasti dijadikan sasaran servis lawan.

3. Smash

Istilah di dalam olahraga voli berikutnya adalah smash atau orang menyebutnya spike. Smash adalah serangan yang dilakukan oleh dua atau tiga orang penyerang yang ada di depan. Namun kadang, dua pemain belakang juga bisa melakukannya dengan syarat lompatan tidak boleh di dalam garis serang, melainkan di belakang yang disebut smash 3 meter.

Gerakan smash adalah gerakan spiker melompat untuk menyongsong umpan toser, lalu menggerakkan satu tangannya untuk memukulkan bola agar menukik ke lapangan lawan melintasi net.

Biasanya, spiker memanfaatkan engkel supaya smash bisa melewati blocking, yang dibangun satu atau dua pemain lawan yang sama-sama melompat di udara.

Kalau di pertandingan sepak bola, smash bisa disamakan dengan tendangan ke gawang lawan. Cuma kalau di voli smash dilakukan dengan tangan yang dipukul menukik, agar tidak bisa dibendung lawan sehingga bola menyentuh tanah di dalam garis lapangan. Smash yang baik adalah smash yang berada di atas block dan ini bisa dilakukan oleh spiker, yang memiliki jumping tinggi dan lekat di udara.

Baca Juga  5 Gelandang Bertahan Terbaik Dunia yang Layak Menjadi Legenda
4. Serv Jamping

Serv jamping atau serv lompat adalah bola pertama yang dipukul pemain dari garis belakang, sampai melintasi net dan masuk ke lapangan lawan. Namun, bukan servis biasa melainkan servis sambil melompat sehingga aliran bola lebih cepat, keras dan lebih menukik tajam. Serv jamping sendiri dilakukan agar pasing atau bola pertama lawan tidak maksimal, sehingga toser lawan pun tidak bisa memberi umpan matang kepada spike di depan.

Kalau umpan matang tidak ada, tentu spike lawan kesulitan untuk menyerang, sehingga bola yang masuk ke lapangan sendiri terlalu pelan. Nah, tentu ini kesempatan bagi tim si servis jamping untuk memberikan serangan balik maksimal. Sebab, bola dari pasing pasti matang dan umpan dari toser juga maksimal. Ini salah satu alasan mengapa perlu servis jamping.

5. Pasing Atas

Di dalam pertandingan bola voli, ada istilah yang juga sering digunakan yaitu pasing atas. Sesuai dengan namanya, pasing atas adalah gerakan pemain memberikan bola kepada temannya sendiri, dengan menggunakan dua tangan yang terbuka dan menghadap ke atas. Gerakan ini sama dengan gerakan toser yang sedang mengumpan kepada spike.

Pasing atas bisa dilakukan kalau bola servis yang diluncurkan pemain lawan tidak terlalu keras. Kalau terlalu keras dan tajam, gerakan ini sangat beresiko karena bisa menimbulkan cedera pada jari. Apalagi kalau memaksa melakukan pasing atas untuk bola hasil servis jamping. Mengingat sekarang servis semacam ini yang sering dilakukan, maka pemain yang melakukan pasing atas juga semakin sedikit.

Istilah di dalam olahraga voli di atas bukan hanya teori tetapi murni gerakan pemain yang sedang bertanding. Tanpa gerakan-gerakan tersebut, olahraga ini tidak bisa disebut voli yang artinya, semua gerakan harus dilakukan saat bermain. Jadi, silakan pelajari gerakan seperti apa yang telah diwakili oleh istilah-istilah di atas ya sobat.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait