by

5 Obat Pegal Linu Alami yang Bisa Kamu Coba

Obat pegal linu alami bisa kamu temukan dengan mudah di sekitar kamu dan bisa kamu andalkan untuk mengatasi pegal linu. Pegal linu pastilah dapat menimbulkan rasa tak nyaman pada para penderitanya, bukan?

Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai hal, salah satunya adalah karena otot tegang dan kelelahan. Selain itu, pegal linu juga dapat disebabkan karena kurang bergerak, gaya hidup yang kurang sehat, kurang istirahat atau kurang tidur, kedinginan, berat badan terlebih, juga karena adanya penyakit tertentu.

Kondisi kesehatan yang satu ini memang tidak berbahaya dan tidak perlu dikhawatirkan, karena bisa sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Tetapi memang tidak bisa dipungkiri jika kondisi pegal linu ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, yang bisa saja mengganggu aktivitas kita.

Untuk itu, ada baiknya kamu melakukan pengobatan secara alami supaya rasa pegal linu di badan segera hilang. Yuk simak penjelasan tentang berbagai obat pegal linu alami berikut ini.

1. Jahe

secangkir teh dengan akar jahe di atas meja kayu abu-abu - jahe potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Obat pegal linu alami yang pertama adalah jahe. Jahe memang telah lama dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Tumbuhan yang termasuk ke dalam tanaman obat keluarga ini, ternyata juga bisa diandalkan untuk mengatasi rasa pegal linu.

Hal ini dikarenakan jahe dapat meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Selain itu, jahe juga memiliki kandungan analgesic alami yang diketahui dapat membantu menghilangkan rasa sakit.

Cara memanfaatkan jahe untuk mengatasi pegal linu juga tidak susah. Cukup dengan menyeduh irisan jahe ke dalam air hangat lalu meminumnya beberapa kali dalam sehari, kamu bisa langsung merasakan efeknya.

Supaya lebih manjur, kamu bisa menambahkan madu dan jeruk nipis ke dalam seduhan air jahe, yang dapat membantu menghilangkan peradangan yang menjadi penyebab dari pegal linu.

Baca Juga  7 Tips Menikmati Weekend di Rumah Saja yang Membuat Harimu Lebih Bermakna
2. Kunyit

akar kunyit segar di atas meja kayu - kunyit potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Obat pegal linu alami yang selanjutnya adalah kunyit. Selain berfungsi sebagai bumbu dapur untuk pelengkap masakan, ternyata kunyit juga memiliki manfaat untuk mengusir pegal linu. Sama halnya seperti jahe, kunyit ini juga termasuk ke dalam tanaman obat keluarga. Jadi tidak perlu diragukan lagi khasiatnya untuk kesehatan.

Kunyit memiliki sifat antiperadangan, antiseptik dan antimikroba sama seperti jahe. Sifat-sifat kunyit tersebut dan kandungan-kandungan di dalamnya, dapat membantu melawan infeksi serta menghilangkan rasa-rasa tidak nyaman, yang timbul di tubuh termasuk karena pegal linu.

Cara memanfaatkan kunyit untuk obat pegal linu juga sangat praktis dan bisa langsung dicoba di rumah. Caranya adalah dengan memarut seruas kunyit kemudian diseduh dengan air dan disaring.

Yang lebih praktis lagi, kamu bisa membuat seduhan kunyit dengan memanfaatkan kunyit bubuk. Minumlah seduhan kunyit tersebut sekitar 2x dalam sehari, untuk merasakan dampak yang lebih maksimal. Supaya lebih enak, kamu bisa menambahkan susu ya sobat.

3. Kayu Manis

kayu manis yang digiling halus dalam mangkuk keramik putih terisolasi pada latar belakang kayu putih dari atas. batang kayu manis. - kayu manis potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kayu manis memiliki sifat yang tak jauh berbeda dengan jahe dan kunyit. Di antaranya adalah sifat antiperadangan, antiseptik, analgesik, serta penghilang rasa sakit. Semua sifat tersebut tentu saja bermanfaat untuk mengusir rasa pegal linu.

Cara pemanfaatannya pun tak kalah mudah dengan jahe dan kunyit. Kamu bisa menjadikan kayu manis ini sebagai infused water, yang tentu saja akan bermanfaat untuk mengatasi rasa pegal linu di tubuh. Yang lebih mudah lagi, kamu bisa menambahkan kayu manis ke dalam makanan atau minuman kesukaan kamu, yang biasa kamu konsumsi sehari-harinya.

4. Daun Sirih dan Serai

daun sirih segar (piper betle) - daun sirih potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Obat pegal linu alami yang selanjutnya adalah daun sirih dan serai. Seperti kita ketahui, daun sirih memang dikenal luas memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Dipadukan dengan serai, akan memberikan efek yang lebih maksimal untuk mengatasi pegal linu, khususnya pegal linu pada bagian kaki. Hal ini dikarenakan daun sirih juga memiliki sifat antiseptik.

Baca Juga  6 Tips Supaya Tidak Malas dan Lebih Produktif

Cara pemanfaatannya sangat mudah. Rebus air terlebih dahulu hingga mendidih kemudian tambahkan beberapa lembar daun sirih serta serai yang sudah digeprek. Tunggu beberapa saat hingga ekstraknya keluar dan air rebusan berwarna sedikit hijau. Diamkan beberapa saat hingga hangat, kemudian tuang ke dalam ember atau baskom yang cukup besar. Rendam kaki kamu dalam air rebusan daun sirih dan serai selama beberapa lama.

Kamu bisa melakukan langkah ini 2x sehari pada pagi hari dan sore hari atau malam hari sebelum tidur. Kamu akan merasakan sendiri manfaat dari air rebusan daun sirih dan serai, untuk mengatasi pegal linu.

5. Garam Epsom

garam laut di piring kayu. - garam epsom potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Obat pegal linu yang selanjutnya adalah garam epsom. Khususnya bila mengalami pegal linu karena kelelahan atau karena tegang otot, garam epsom ini sangat cocok untuk dijadikan solusinya. Hal ini dikarenakan garam epsom dapat membantu mengatasi dan meringankan peradangan, yang terjadi di dalam tubuh serta bisa membantu mencegah terjadinya infeksi.

Cara memanfaatkan garam epsom untuk obat pegal linu ini juga amat mudah. Kamu bisa menambahkan garam epsom ke dalam air yang kamu gunakan untuk mandi. Selain dengan cara itu, kamu juga bisa memanfaatkannya sama seperti rebusan air daun sirih dan serai yang sudah dibahas sebelumnya. Yaitu dengan menambahkan setengah cangkir garam epsom ke dalam air hangat, kemudian merendam bagian yang linu-linu ke dalamnya untuk beberapa waktu. Hal ini bisa membuat otot menjadi lebih rileks sehingga pegal linu bisa berkurang.

Itulah beberapa obat pegal linu alami yang bisa dengan mudah didapatkan dan dilakukan. Cara-cara di atas bisa kamu terapkan sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang sudah ada di sekitar kamu. Mengatasi pegal linu tidaklah susah dan tidak perlu menggunakan obat-obat instan, yang justru bisa berdampak negatif untuk kesehatan. Jika bisa menggunakan obat tradisional, kenapa tidak?

Baca Juga  5 Manfaat Sayuran Seledri yang Jarang Sekali Diketahui!

Selamat mencoba, sobat Lintashaba!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya