by

Menulis Itu Mengasyikkan, Ini 9 Alasan Mengapa Harus Menulis

Menulis merupakan kegiatan mengeluarkan ide, gagasan, dan pemikiran dalam tulisan berupa huruf, angka, simbol, dan lainnya menggunakan media kertas, elektronik, dan media tulis lainnya.

Menurut sebagian besar orang menulis menjadi kegiatan yang membosankan, hal itu bisa saja dikarenakan orang tersebut tidak memiliki sesuatu yang akan dituliskan, padahal manfaat menulis sendiri sangatlah banyak. Penasaran alasan mengapa harus menulis, Sobat? Simak ulasan di bawah ini ya!

1. Menulis Dapat Memperkuat Ingatan

Menulis menjadi salah satu kegiatan yang dapat memperkuat daya ingat otak, sebab dengan menulis kamu akan membaca sekaligus menuliskan kembali apa yang kamu baca, Sobat.

2. Agar Skill Menulis Dapat Berkembang

Bagi penulis buku, novel, puisi, cerpen, artikel, dan penulis karya tulis lainnya, untuk dapat menghasilkan suatu tulisan yang bagus dan semakin berkualitas, maka skill menulis itu harus terus diasah dengan sesering mungkin untuk menulis.

Selain itu, dengan terus menulis, para penulis karya tulis ini tidak akan hilang ciri khas dari tulisan yang dihasilkan.

3. Menulis Menjadi Sarana Terus Melestarikan Sejarah

Harus disadari bahwa menulis menjadi sarana agar sejarah tetap dikenang sepanjang waktu, tanpa menulis generasi penerus bangsa tidak akan pernah tahu segala sesuatu yang pernah terjadi dahulu kala. Oleh sebab itu, tulisan yang berisi sejarah tetap diabadikan dalam media yang berbentuk buku atau media-media elektronik.

4. Ilmu Dapat Berkembang Dengan Menulis

Sebelum menuliskan sesuatu pasti kamu diharuskan untuk membaca dahulu, agar dapat memperoleh gambaran mengenai sesuatu yang akan kamu tulis. Dengan membaca tadi pula kamu akan mendapatkan ilmu, yang mungkin bahkan sebelumnya kamu belum pernah mempelajari ilmu tersebut.

5. Dapat Berbagi Pemikiran Dengan Orang Lain

Menulis menjadi salah satu jalan untuk dapat berbagi pemikiran dengan orang lain, serta mungkin dapat membantu menyelesaikan permasalahan orang lain.

Baca Juga  Buat Halaman Rumah Menjadi Lebih Indah, Inilah 5 Tanaman Outdoor yang Bikin Segar

Itulah alasan dari mengapa harus menulis. Selain itu, dengan berbagi pemikiran dengan orang lain, pemikiran yang muncul dari penulis itu dapat bertahan lama dan tidak sirna secara sia-sia.

6. Sebagai Sarana Untuk Berkomunikasi Dengan Orang Lain

Menulis menjadi salah satu sarana untuk berkomunikasi, sebab tidak semua orang bisa dengan mudah dan lancar, dalam menyampaikan apa yang ingin dikatakan kepada orang lain secara langsung.

Oleh karena itu dengan menulis kamu dapat menyampaikan apa yang ingin kamu katakan, apalagi ditambah dengan penggunaan kata serta kalimat yang indah.

7. Salah Satu Cara Untuk Menghasilkan Uang

Sudah menjadi rahasia umum jika menulis menjadi salah satu pekerjaan yang menguntungkan jika ditekuni. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan menulis sehingga dapat menghasilkan pundi-pundi uang, seperti menulis artikel di blog, mengirimkan naskah novel untuk diterbitkan, mengirim esai atau karya tulis untuk dilombakan, dan lain-lain.

8. Menjadi Seseorang yang Terkenal

Tidak harus menjadi seorang artis atau penyanyi untuk bisa terkenal, menjadi seorang penulis pun juga bisa terkenal. Apalagi jika tulisan yang kamu terbitkan berisi tulisan yang berbobot, menarik, dan dapat memberikan pengaruh yang baik untuk orang lain.

9. Menambah Banyak Kosakata

Sebelum kamu menulis kamu pasti terlebih dahulu membuka internet atau buku, untuk mencari bahan atau kalimat yang akan kamu pakai dalam menulis.

Melalui kegiatan itu pula nantinya kamu akan mendapat banyak kosakata baru, yang mungkin sebelumnya belum pernah kamu ketahui. Kosakata ini pula yang dapat membantu kamu dalam pemilihan kosakata untuk berbicara dengan orang lain.

Itu tadi beberapa alasan mengapa harus menulis. Kamu bisa menulis di sela-sela waktu luangmu loh, Sobat! Agar kamu mendapatkan banyak manfaat dari menulis.

Baca Juga  Stop Overthinking! Lakukan Hal-Hal Ini

Buat kamu yang ingin mulai menulis, suka menulis ataupun ingin mengasah skill menulis kamu, kamu bisa mulai aktif dari sekarang, membagikan tulisan kamu di media sosial ataupun platform menulis online, seperti lintashaba.com.

Mau tulisanmu terbit dan dibaca khalayak seperti penulis pilihan lainnya? Langsung saja submit tulisanmu di lintashaba.

Nantinya tulisan kamu akan dimoderasi dan dipublikasikan oleh editor. Perlu diingat, tulisan yang kamu submit dan berhasil dipublikasikan adalah sepenuhnya tanggung jawabmu. Platform tidak bertanggung jawab bila terdapat masalah seperti masalah plagiasi dan ketentuan hukum lainnya.

Pastikan bahwa tulisan kamu merupakan karya asli dan tidak melanggar ketentuan lainnya. Pertanyaan terkait bisa follow page lintashaba.com di Facebook. Klik disini.

Jangan lupakan bahwa menulis menjadi sesuatu yang tidak bisa terpisahkan dari hidup manusia, sebab menulis terbukti dapat membantu manusia dalam banyak hal.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait