by

Mengenal Manajemen Waktu Lebih Jauh!

Apakah kamu sudah mengenal manajemen waktu? Istilah kata ini mungkin sudah tidak asing lagi didengar, bukan? Pasalnya, kamu pasti sering mendengar bahwa manajemen waktu yang baik akan memberikan dampak yang baik pula. Bahkan dapat mempengaruhi masa depan.

Hal tersebut tentu bukan isapan jempol belaka, karena hal tersebut memang benar adanya. Seseorang yang memiliki karir atau hal apapun yang sukses, pasti orang tersebut memiliki manajemen waktu yang baik pula.

Pengertian Manajemen Waktu

Manajemen waktu merupakan sebuah proses dalam rencana maupun kendali yang dilakukan secara sadar pada waktu untuk sebuah aktivitas tertentu. Khususnya, dengan tujuan tingkatkan efisiensi, produktivitas maupun efektivitas.  Cara ini dinilai efektif sehingga dapat memaksimalkan waktu dengan baik.

Dengan begitu, waktu bersama keluarga, karir, diri sendiri, teman dan lain sebagianya dapat dikelola dengan baik. Cara ini pun tidak akan membuat kamu ngerasa keteteran karena akan fokus pada apa yang harus dikerjakan atau dilakukan pada saat itu saja. Pekerjaan maupun hal lainnya, tentu akan lebih maksimal hasilnya. Selain itu, kamu pun memiliki kekuasaan atas waktu yang dimiliki.

Hal ini pun memungkinkan belajar skill baru sehingga kemampuan kamu pun meningkat. Tentu manajemen waktu ini sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Meskipun pada awalnya istilahnya hanya digunakan untuk dunia kerja saja. Namun, pemaknaannya digunakan untuk semua kegiatan yang dilakukan dalam sehari-hari.

Manfaat Manajemen Waktu

konsep bisnis dengan pebisnis memegang jam di laptop komputer. untuk analisis investasi, menunggu keberhasilan - waktu potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jika dilihat dari pengertiannya, manajemen waktu memiliki banyak manfaat yang bermanfaat untuk kehidupan. Baik untuk karir, pekerjaan rumah, dan lain sebagainya. Lalu apa saja manfaat dari manajemen waktu tersebut?

1. Produktivitas dan efisiensi pada pekerjaan meningkat

Seperti yang sudah dibahas di awal, bahwa manajemen waktu dapat meningkat fokus. Sehingga hal tersebut berdampak pada produktivitas maupun efisiensi sebuah pekerjaan. Wajar, apabila manajemen waktu dapat meningkatkan hal tersebut.

Baca Juga  Kamu Lelah? Coba Seruput 6 Minuman Pereda Stres dan Suntuk Berikut Ini
2. Kepuasan dalam bekerja dan tingkatkan peluang dalam karir

Selain membantu kamu untuk fokus, manajemen waktu yang baik pun dapat meningkatkan kepuasan kerja. Pasalnya, setiap job desk yang dikerjakan merupakan tanggung jawab. Sehingga, ketika tanggung jawab ini diselesaikan dengan baik pasti akan membuat hati tenang dan puas.

Pekerjaan yang dapat diselesaikan dan memberikan hasil yang maksimal. Tentu itu memberikan peluang naiknya karir yang kamu miliki. Sangat menguntungkan, bukan?

3. Dapat mengurangi Stress pada diri

Seperti yang diketahui bahwa pekerjaan merupakan tanggungjawab tentu hal tersebut sering dianggap sebuah beban, bukan? Jika hal tersebut menjadi beban, maka itu akan meningkatkan stress apabila tidak diselesaikan. Sehingga, manajemen waktu yang baik dapat membantu kamu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien. Jika seperti ini, stress pun dapat menurun, bukan?

4. Membantu mencapai tujuan atau target

Manajemen waktu mampu membantumu untuk bekerja secara efektif dan efisien. Tentu dengan waktu atau deadline yang sudah ditentukan sebelumnya.  Dengan begitu, kamu akan terhindar dari sikap menumpuk pekerjaan hingga untuk mencapai tujuan atau target menjadi molor.

Urgensi Kemampuan Manajemen Waktu

pebisnis yang bekerja di kantor. - waktu potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Dalam manajemen waktu kamu secara tidak langsung akan belajar bahkan menguasai beberapa kemampuan atau keterampilan. Tentu hal tersebut, sangat berguna untuk kamu. Baik untuk kehidupan dalam bekerja maupun untuk kehidupan sehari-hari. Inilah beberapa manajemen waktu yang akan kamu kuasi apabila mempraktikan manajemen waktu yang baik!

1. Terorganisir

Kemampuan pertama yang akan kamu kuasi adalah pengorganisiran. Secara tidak langsung ketika kamu dapat mengatur waktu dengan baik. Maka, kemampuan kamu ini akan terasah bahkan meningkat. Dapat membuat semua terorganisir atau tertata, tentu pekerjaan akan lebih cepat selesai.

Baca Juga  Perlengkapan yang Harus Dipersiapkan Menjelang Lebaran

Ini pun akan mempengaruhi kehidupanmu secara pribadi. Kemampuan ini membantu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan rapi dan lebih detail lagi dalam hal apapun. Sehingga, tidak ada yang terlewat.

2. Menemukan prioritas

Ketika tugas atau pekerjaan numpuk, tentu hal tersebut membuat  bingung, bukan? Mana yang terlebih dahulu akan diselesaikan. Dengan terbiasa mengatur waktu atau manajemen waktu, kamu akan terbiasa untuk mengatur atau mengerjakan terlebih dahulu apa saja.

Biasanya orang yang sudah terbiasa dengan hal tersebut, mampu mengklasifikasikan apa saja yang urgent sampai yang tidak begitu urgent. Hal tersebut dilihat dari deadline atau hal-hal lainnya. Sehingga akan menyelesaikan terlebih dahulu pekerjaan atau tugas yang sudah deadline atau urgent.

3. Mampu menemukan tujuan

Sebenarnya hal ini berkaitan erat dengan prioritas. Pasalnya, tujuan dapat tercapai ketika dapat menemukan prioritas. Hal tersebut sangat penting ketika tujuan dapat ditemukan, tentu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan atau permasalahan pun dapat lebih efisien dan efektif.

Mengapa manajemen dapat membantu menemukan tujuan? Karena ketika kamu mengatur waktu, kamu harus tahu terlebih dahulu, tujuan dari job desk maupun permasalahan yang akan kamu tangani. Sehingga setelah mengetahui tujuan, ini dapat membantumu menemukan solusi terhadap masalah yang dihadapi.

4. Meningkatkan kemampuan komunikasi

Manajemen waktu, tentu tidak bisa dilakukan sendiri apabila kamu bekerja secara tim. Kamu perlu mengkomunikasikan dengan jelas mengenai job desk masing-masing. Bahkan, jika kamu adalah anggota kamu bisa mengkomunikasi dengan jelas pada pemimpin maupun rekan kerjamu mengenai masalah maupun berdiskusi mengenai target. Ini tentu tidak bisa dicapai, tanpa komunikasi yang baik, bukan?

Mengenal Manajemen waktu lebih dalam, memang tidak bisa dilakukan secara singkat. Pasalnya, hal tersebut bukan hanya dibaca saja. Melainkan kamu perlu mempraktekannya juga. Sehingga hal tersebut memiliki dampak baik pada kehidupan.

Comment

Artikel Terkait