by

Manfaat Berpuasa Sosmed: Cocok Buat Kamu yang Ketergantungan dengan Sosmed nih

Salah satu hal yang dapat dijadikan pelarian kala suntuk menyerang ialah dengan bermain sosmed.

Dengan bermain sosmed, kamu bisa terhubung langsung dengan orang-orang yang berjauhan dengan kamu, kamu bisa menonton banyak hal yang mungkin menurutmu bagus atau lucu, tetapi sayangnya apabila sudah kecanduan sosmed, kamu malah bisa membuang-buang waktu kamu untuk hal yang tidak bermanfaat.

Waktu yang seharusnya kamu gunakan untuk belajar atau mengerjakan sesuatu, malah terbuang sia-sia karena bermain sosmed.

Oleh karena itu, kamu harus bisa memanagemen atau berpuasa sosmed untuk menghilangkan ketergantungan itu. Manfaat dari berpuasa sosmed ini sangatlah banyak. Berikut ulasannya untuk kamu.

1. Pekerjaan Banyak yang Terselesaikan dengan Cepat

Contoh nyata dari manfaat berpuasa sosmed ini ialah semua pekerjaan banyak yang bisa diselesaikan dengan cepat. American Psychological Association, memperkirakan bahwa dengan bermain sosmed bisa mengurangi waktu produktif sampai 40 persen.

Maka, tidak heran jika dengan lepas dari sosmed bisa membuat produktivitas menjadi tinggi, sebab waktu yang digunakan untuk bermain sosmed tadi digunakan untuk mengerjakan hal-hal yang bermanfaat. Kamu boleh-boleh saja bermain sosmed, asal semua pekerjaanmu sudah selesai semuanya.

2. Bisa Memunculkan Banyak Ide Kreatif

Salah satu hal yang bisa menghambat kreativitas ialah karena terlalu banyak bermain sosmed. Sebab, ketika kamu bermain sosmed, kamu akan terlalu fokus dengan apa yang tengah kamu kerjakan tersebut, sehingga bisa menghambat kreatifitas kamu.

Oleh karena itu, berpuasalah sejenak dari sosmed, kemudian kamu bisa mulai mengembangkan kreativitas kamu. Apabila kamu sudah selesai dengan mengembangkan kreativitas ini baru kamu bisa bermain sosmed secukupnya.

3. Bisa Membantu Menurunkan Stress

Dengan terus-terusan mengakses sosial media, bisa membuat kamu menjadi terus ingin memeriksanya setiap saat karena tidak ingin ketinggalan informasi, padahal menurut Greenfield, dorongan untuk terus menerus memeriksa apa yang terjadi di dunia maya bisa membuat hormon stres atau kortisol menjadi meningkat.

Baca Juga  Yuk Lebih Tahu Dengan Ragam Manfaat Daun Seribu Pada Bidang Kesehatan

Meningkatnya kortisol ini menyebabkan efek yang buruk pada otak, seperti memori menjadi berkurang dan kemungkinan bisa meningkatkan depresi. Oleh karena itu, dengan menjauh sejenak dari sosmed ini bisa membuat kamu menjadi fokus dan lebih tenang.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Tidak semua orang memiliki rasa percaya diri yang tinggi, apalagi di media sosial, kebanyakan orang-orang membagikan momen-momen yang membahagiakan dan menyenangkannya pada orang lain. Sehingga, hal itu tak jarang membuat orang yang melihatnya menjadi membandingkan dirinya sendiri dengan orang lain.

Bahkan beberapa orang menjadi kurang percaya diri, sebab merasa hidupnya tidak ada apa-apanya dan tidak bahagia seperti orang lain. Belum lagi jika rasa membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain muncul, pasti akan semakin susah untuk menjadi lebih bersyukur.

5. Waktu untuk Tidur Menjadi Lebih Panjang

Banyak orang yang tahan bermain sosmed sampai berjam-jam hanya untuk menghilangkan rasa bosan, sehingga hal ini bisa mengganggu waktu tidur, yang awalnya seharusnya panjang menjadi pendek karena keasyikan bermain sosmed.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu mulai belajar untuk mengurangi penggunaan sosmed, agar waktu tidurmu menjadi lebih banyak dan tubuh kamu menjadi lebih segar.

6. Menjadi Lebih Banyak Beraktivitas

Duduk dalam waktu yang lama saat bermain sosmed tidak baik untuk kesehatan. Untuk itu, kamu bisa menjauh dari medsos untuk sementara guna memberikan waktu yang banyak beraktivitas, untuk membuat tubuh menjadi sehat. Tetapi jangan gunakan waktu beraktivitasmu untuk bermain game atau menonton film, sebaiknya gunakanlah untuk berolahraga.

7. Bisa Belajar Lebih Banyak Memahami Diri Sendiri

Dengan berhenti bermain sosmed, secara tidak langsung kamu berhenti mencari tahu opini orang lain tentang dirimu. Dengan kamu berpuasa sosmed ini, kamu akan kehilangan keinginan untuk mendapatkan perhatian atau pujian dari orang lain karena mengunggah suatu hal.

Baca Juga  Tidak Hanya Selalu Jaga Kebersihan, Ini Tips Biar Tetap Fit di Musim Hujan

Oleh sebab itu, dengan berpuasa sosmed kamu bisa mendorong dirimu sendiri untuk lebih mengenal diri sendiri dan melihat segala sesuatu yang bisa memotivasi.

8. Terhindar dari Hal-Hal Negatif

Medsos menjadi tempatnya orang-orang untuk berekspresi dengan mengunggah apapun yang mereka sukai, tanpa ada batasan apapun, sehingga sewaktu-waktu kamu bisa menemukan postingan yang berbau hal negatif, contohnya seperti gambar atau video porno, ujaran kebencian dan lain sebagainya.

Bahkan, kamu juga bisa menemukan postingan memalukan yang akan merusak mood kamu, terutama jika menyangkut orang terdekat kamu. Oleh karena itu, dengan puasa sosmed ini kamu bisa menjadi kekurangan informasi mengenai orang lain dan kamu bisa membantu hatimu menjadi lebih tenang.

9. Lebih Bersyukur dan Bisa Menikmati Hal-Hal yang Ada Didekatmu

Terlalu fokus pada sosmed bisa membuat kamu menjadi lupa dengan segala sesuatu yang ada di lingkungan kamu, sehingga kamu akan menjadi lebih fokus dengan segala sesuatu yang jauh dari pandangan kamu.

Dengan kamu berpuasa sosmed, kamu bisa menjadi lebih memperhatikan segala sesuatu yang ada di lingkungan kamu tersebut. Yuk coba lebih peka dengan lingkungan sekitar! Mungkin ada tetangga kamu yang baru saja merenovasi rumah, memiliki anak, dan lain sebagainya.

10. Menjadi Lebih Dekat dengan Orang-Orang Sekitar

Salah satu hal yang paling menyebalkan saat berkumpul bersama teman-teman, ialah saat semuanya sibuk sendiri dengan ponselnya. Pertemuan yang seharusnya digunakan untuk saling temu kangen dan menanyai kabar, malah tidak terasa apa-apanya karena terlalu sibuk sendiri.

Oleh karena itu, cobalah untuk sejenak berpuasa sosmed, meninggalkan dunia maya demi apa yang ada di depan mata, cobalah untuk saling menanyai kabar, bercanda dan berkeluh kesah dengan cerita masing-masing.

Baca Juga  5 Penyebab Munculnya Jerawat Membandel di Wajah

Itu tadi manfaat berpuasa sosmed. Tidak ada salahnya untuk sejenak saja meninggalkan sosmed, sebab dengan berpuasa sosmed ini kamu mendapatkan manfaat yang begitu banyak.

Comment

Artikel Terkait