by

Kreatif! Ini 10 Kerajinan Dari Bambu yang Bisa Anda Coba

Tak banyak yang mengetahui bahwa selain dijadikan bahan tambahan dalam membuat rumah, bambu juga bisa lho dijadikan sebuah kerajinan. Untuk membuatnya pun juga sangat mudah, tidak diperlukan peralatan mahal untuk menciptakan sebuah kerajinan dari bambu.

Selain mudah untuk dibuat, kerajinan bambu sendiri dapat dengan mudah dicari, apalagi di Indonesia yang notabene banyak tersebar jenis bambu yang beragam.

Salah satu alasan menggunakan bahan bambu sebagai kerajinan adalah, karena bambu mempunyai batang yang lentur sehingga mudah dibentuk. Berikut macam-macam kerajinan bambu yang bisa Anda coba di rumah.

1. Lampu Hias
Foto: pinterest.com

Untuk kerajinan pertama yang berbahan dari bambu adalah lampu hias, yang bisa Anda gunakan sebagai hiasan untuk mempercantik ruangan dalam rumah Anda. Selain sebagai dekorasi yang menambah nilai estetik dalam ruangan, tentu fungsi utama sebagai lampu penerangan tidak bisa dipisahkan.

2. Lonceng
Foto: pinterest.com

Pernahkan Anda menemui sebuah hiasan lonceng yang terdapat di depan rumah pada daerah pedesaan? Selain bertujuan untuk keindahan, pembuatan hiasan lonceng angin dari bambu ini, berfungsi sebagai media untuk menenangkan pikiran akibat kesibukan sehari-hari.

3. Vas Bunga
Foto: .pinterest.com

Untuk kerajinan berikutnya adalah vas bunga dari bambu yang bisa dijadikan hiasan indoor maupun outdoor. Selain itu, untuk menaruhnya bisa diletakkan di atas meja ataupun di gantung pada dinding di dalam ruangan ruangan atau luar rumah Anda.

4. Figura atau Bingkai Foto
Foto: pinterest.com

Figura menjadi hal sudah tidak asing lagi, banyak figura yang terbuat dari bahan bermacam-macam. Tapi untuk kali ini akan membahas figura yang terbuat dari bambu. Selain mempunyai nilai ekonomis, figura dari bambu juga tidak kalah dengan hiasan figura dari bahan lainnya.

Baca Juga  Berbagai Manfaat Mengonsumsi Ikan Laut Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Tahu!
5. Kotak Pensil
Foto: pinterest.com

Kerajinan kotak pensil ini bisa digunakan jika Anda mengalami kebosanan dengan kotak pensil sebelumnya. Karena mempunyai nilai unik tersendiri, kotak pensil dari bambu ini sangat cocok untuk Anda gunakan dan tentunya dapat menjadikan meja Anda sedikit menarik.

6. Gelas
Foto: pinterest.com

Selain kotak pensil, Anda juga bisa menjadikan bambu sebagai kerajinan berupa gelas yang bisa digunakan sehari-hari. Jadi akan membuat koleksi barang pecah belah Anda, semakin unik dan menarik serta mempunyai nilai ekonomis dan estetik.

7. Meja
Foto: pinterest.com

Kerajinan berikutnya yang berbahan dari bambu adalah meja. Cara membuatnya pun tergolong mudah tidak serumit kerajinan lainnya. Hanya memerlukan alat sederhana dan beberapa bahan tambahan, Anda sudah bisa berkreasi sesuai keinginan Anda ingin membuat meja yang seperti apa.

8. Pancuran Air
Foto: pinterest.com

Pancuran air dari bambu ini sering ditemukan pada rumah-rumah yang berada pada wilayah pedesaan. Selain sebagai hiasan yang menambah keindahan rumah, hiasan pancuran dari bambu ini juga mempunyai manfaat psikologis, yaitu dapat menenangkan jiwa dan pikiran bagi siapa pun yang melihatnya.

9. Seruling
Foto: pinterest.com

Tentu sudah banyak yang mengenal barang yang satu ini, walaupun saat ini sudah banyak yang dibuat dengan bahan selain bambu yaitu plastik. Namun ada beberapa perajin yang masih membuat seruling dari bahan bambu, karena lebih mempunyai keunikan tersendiri.

10. Tangga
Maravillosa arquitectura hecha con un sorprendente material sustentable
Foto: pinterest.com

Untuk kerajinan yang terakhir dengan bahan bambu adalah tangga. Peralatan ini biasanya sangat mudah ditemui di pedesaan, karena sering digunakan sebagai alat untuk pembantu dalam kegiatan sehari misalnya, membangun rumah, memangkas pohon, dan lain sebagainya.

Demikian mengenai jenis-jenis kerajinan dari bambu yang bisa Anda coba buat di rumah. Selain dijadikan sebagai hiasan kerajinan dari bambu, juga dapat digunakan sebagai sarana untuk menambah pundi-pundi rupiah, karena mempunyai daya jual yang tinggi sebab mempunyai keunikan tersendiri dibanding dengan kerajinan dari bahan lainnya selain bambu.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait