by

Wow! Ini Dia 8 Manfaat Bangun Pagi untuk Tubuh dan Mental yang Bisa Kamu Rasakan

Bukan rahasia lagi jika bangun pagi memiliki banyak sekali manfaat. Bukan hanya manfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi bangun pagi juga memberi manfaat untuk kesehatan mental loh sob. Mulai dari bisa menerima udara yang lebih berkualitas, bangun pagi juga terbukti bisa meningkatkan mood kita untuk beraktivitas.

Namun, seringkali rasa malas bangun pagi tiba-tiba muncul lagi di masa-masa liburan. Nah untuk itu, yuk simak 8 manfaat bangun pagi berikut ini yang pasti membuat kamu lebih bersemangat bangun pagi.

1. Mendapatkan Kualitas Oksigen yang Baik

pria afrika membentang setelah bangun berdiri di jendela dan melihat ke kejauhan - wake up early potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Manfaat bangun pagi yang pertama adalah kita bisa mendapatkan kualitas oksigen terbaik sobat. Seperti kita ketahui bersama, saat malam hari pohon-pohon akan melepaskan karbondioksida. Sementara saat pagi hari, oksigen baru yang lebih segat diproduksi oleh pohon dan semua tumbuhan hijau.

Oksigen pagi hari tentu saja memiliki kualitas yang lebih baik dibanding oksigen siang hari, sore hari, terlebih malam hari. Oksigen pagi menjadi amat berkualitas dan berharga juga, karena masih minimnya aktivitas kendaraan bermotor dan industri pabrik di pagi hari. Jadi, sudah pasti oksigen pagi hari lebih bersih dan minim tercampur dengan pencemar udara yang menyebabkan polusi udara.

2. Melancarkan Peredaran Darah

wanita asia dia di tempat tidur dan bangun di pagi hari. dia merasa sangat segar. - wake up early potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Manfaat bangun pagi yang kedua adalah dapat melancarkan peredaran darah. Banyak di antara kita yang ternyata belum tahu kalau bangun pagi bisa membuat peredaran darah lebih lancar. Segarnya udara pagi ternyata disebabkan karena kualitas oksigennya yang masih bagus sob. Belum banyak bercampur dengan polusi udara yang berasal dari asap kendaraan dan aktivitas industri.

Akibatnya, peredaran darah akan mengalir dengan lebih lancar, karena sel darah merah memerlukan oksigen untuk mengikat hemoglobin yang dialirkan ke seluruh tubuh. Semakin baik kualitas oksigen yang dibawa oleh aliran darah, sudah pasti membuat aliran darah di tubuh menjadi lebih lancar dan sehat.

Baca Juga  Ini Dia 5 Kesalahan Penulis ketika Menulis yang Harus Dihindari
3. Membuat Tubuh Terasa Lebih Fresh

menarik wanita jepang di tempat tidur - wake up early potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Manfaat bangun pagi ketiga yang bisa kamu rasakan adalah tubuh akan terasa lebih fresh dan lebih siap untuk beraktifitas. Oksigen pagi yang lebih bersih dan lebih berkualitas membuat udara terasa lebih segar. Akibatnya, udara segar yang masuk ke dalam tubuh ini membuat tubuh menjadi lebih fresh juga.

4. Meningkatkan Mood untuk Beraktivitas

wanita bersiap-siap untuk berolahraga - wake up early potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Nah seperti halnya yang telah dibahas dalam uraian di atas jika udara pagi membuat tubuh merasa lebih fresh, akan berakibat pada peningkatan mood kita loh sobat. Tubuh yang terasa segar akan merangsang timbulnya mood positif. Mood positif ini tentu saja akan meningkatkan semangat kita untuk beraktivitas dong sob!

Untuk memulai aktivitas, tentu kita amat memerlukan mood positif yang dapat menunjang lancarnya aktivitas kita dalam satu hari. Jadi, udara segar yang kita hirup dengan bangun pagi akan membuat kita lebih bersemangat untuk melakukan kegiatan.

5. Menumbuhkan Mental yang Positif 

wanita damai melihat melalui jendela kamar tidurnya di pagi hari - wake up early potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Manfaat bangun pagi bagi mental yang bisa kita terima selain meningkatkan mood untuk beraktivitas, adalah menumbuhkan mental yang lebih positif sob. Tubuh yang terasa lebih segar, membuat mood menjadi lebih baik dan menumbuhkan mental yang positif dan lebih lebih sehat.

Tanpa kita sadari, mood yang positif itu membuat kita lebih baik lagi dalam mengolah emosi. Emosi yang diolah dengan baik membuat mental kita akan menghindari emosi negatif dan menumbuhkan mental yang lebih positif. Mental yang positif ini juga membuat kita tidak mudah marah dan cenderung ceria sepanjang hari loh!

6. Membuat Tubuh Tidak Cepat Lelah

wanita pengantin yang khawatir dengan jam besar. - wake up early ilustrasi stok

Pernahkah kamu merasakan badan sakit dan pegal-pegal jika tidur sampai siang sob? Nah, berbanding terbalik dengan itu, jika bangun pagi saat keadaan udara masih lebih segar tubuh kita akan merasa lebih sehat dan siap untuk menjalankan aktivitas. Bukankah begitu sob?

Baca Juga  Aktivitas Pengantar Tidur yang Pasti Bikin Mengantuk

Bangun lebih pagi saat kondisi udara masih berkualitas terbukti efektif meningkatkan kebugaran jasmani. Apalagi kalau bangun pagi dilengkapi dengan melakukan olahraga ringan. Sudah bisa dibayangkan bukan akan seperti apa dampaknya bagi tubuh? Tentu saja tubuh akan terasa lebih bugar dan lebih kuat, tidak mudah merasa Lelah saat harus banyak berkegiatan dan bekerja.

7. Kesehatan Tubuh Terjaga

membangun kehidupan yang tidak sabar untuk bangun - wake up early potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Untuk menjaga tubuh tetap sehat, kita memerlukan suplai oksigen dengan kualitas udara yang baik yang akan diedarkan ke seluruh anggota tubuh kan sob? Nah, dengan bangun lebih pagi, kita bisa mendapatkan oksigen yang lebih berkualitas. Oksigen yang lebih berkualitas ini, secara tidak langsung akan membantu organ-organ tubuh kita lebih terjaga kesehatannya dan dapat menjalankan perannya untuk tubuh dengan baik.

8. Lebih Siap Beraktivitas

karyawan wanita menyeruput kopi dan melihat ke luar jendela di mejanya. - work early potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Manfaat bangun pagi yang terakhir adalah membuat kita lebih siap untuk beraktivitas. Seperti halnya uraian di atas, kesiapan beraktifitas dapat ditingkatkan jika kita memiliki mood yang lebih positif dan tubuh yang lebih fresh. Kedua hal tersebut bisa kita dapatkan jika kita bangun lebih pagi.

Selain itu, dengan bangun lebih pagi, kita jadi punya lebih banyak waktu untuk mengatur jadwal kita dalam satu hari ke depan. Kita dapat merencanakan hal-hal yang akan kita lakukan dalam satu hari ke depan dengan perencanaan yang lebih matang. Hal sederhana semacam ini membuat aktivitas kita lebih terstruktur dan bermanfaat.

Nah, itu dia 8 manfaat bangun pagi yang bisa kamu dapatkan dan rasakan sendiri. Tidak ada salahnya bangun lebih pagi bahkan saat matahari belum menampakkan dirinya. Bahkan ketika sedang libur, saat kita ingin bermalas-malasan sepanjang hari dan tidur hingga matahari tepat berada di atas kepala, dengan mengetahui banyaknya manfaat bangun pagi kita akan dengan mudah mengurungkan niat untuk bermalas-malasan tersebut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya