by

Sering Mabuk Perjalanan? Pakai 5 Obat Alternatif Ini Untuk Mencegahnya!

Pernahkah kamu mengalami mabuk perjalanan saat menaiki kendaraan? Terlihat sangat menggangu bagi para penderitanya. Mabuk perjalanan sendiri ialah kondisi dimana tubuh kita tidak enak badan dengan ditandai mual, pusing dan lemas. Keadaan seperti ini sungguh tidak mengenakkan, apabila dibarengi dengan rute perjalanan yang sangat jauh, bisa-bisa penderitanya akan merasa tersiksa.

Hal tersebut berkemungkinan menjadikan para penderitanya susah untuk menerima tawaran pergi jauh menaiki mobil. Mereka trauma akan merasakan hal yang sama seperti kemarin dan ingin tersiksa lagi. Tetapi apakah penyakit mabuk perjalanan ini dapat dihindari atau setidaknya diatasi? Jawabannya ialah bisa. Berikut cara mencegah mabuk perjalanan!

Penyebab Terjadinya Mabuk Perjalanan

Sebelum masuk ke pembahasan utama, mungkin ada beberapa di antara kamu yang bertanya bagaimana sih mabuk perjalanan dapat terjadi? Merupakan hal yang menarik untuk dibahas, mabuk perjalanan terjadi saat ketidaksinkronan indera tubuh yang satu dengan yang lain. Jadinya hal tersebut mempengaruhi komposisi indera dan mengakibatkan mabuk.

Contohnya sendiri dapat kita lihat dengan seseorang yang menaiki sebuah mobil, ia merasa bahwa mobil tersebut melaju dengan sangat kencang. Namun di sisi lain indera seperti telinga akan menangkap bahwa mereka hanya diam saja. Pertentangan persepsi inilah yang akan membuat tubuh merasa tidak enak dan muncullah mabuk perjalanan.

Faktor lain yang mengakibatkan mabuk yakni kurangnya kadar oksigen sehat. Jika kamu pernah menaiki mobil pasti kamu akan melihat banyak pengharum ruangan yang terdapat di sana, ditambah lagi dengan jendela kaca mobil yang tertutup rapat, sudah dipastikan menjadi penjara kurungan bagi penderita mabuk. Rasa pengap inilah yang membuat tubuh menolak reaksi udara dan memunculkan rasa mual.

Baca Juga  Baju Tidak Terpakai? Jangan dibuang! Inilah Manfaat Baju yang Sudah Tidak Terpakai Lagi

Jika sudah seperti ini maka solusi yang tepat adalah tidur ataupun berusaha menyibukkan diri, dengan mainan ataupun berbicara dengan orang disampingnya. Tetapi buat kamu yang masih saja teler saat perjalanan, kamu dapat mencoba 5 obat alternatif pencegah mabuk. Apa sajakah itu? Berikut daftar lengkapnya!

1. Jahe

infus teh buatan sendiri jahe di papan kayu dengan lemon - air jahe potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Salah satu obat dari zaman tradisional ini terbukti manjur dalam mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan kesehatan. Jahe merupakan warisan nenek moyang yang efektif sekali untuk berbagai pengobatan, baik itu luka eksternal maupun sakit internal dari tubuh. Ada dua cara metode pencegahan mabuk dengan jahe.

Cara yang pertama ialah dengan meminum air rebusannya, cara ini terbilang sangat direkomendasikan untuk penderita mabuk. Jahe pertama-tama direbus terlebih dahulu lalu diambil airnya saja. Untuk rasa yang lebih manis dapat diberi gula, tetapi usahakan jangan terlalu banyak.

Cara yang kedua ialah dengan menghirupnya. Banyak yang tak tahu bahwa cara ini merupakan alternatif kedua setelah mengambil rebusan jahe. Caranya cukup mudah, potong jahe dan letakkan di dalam tisu. Kamu dapat mencium baunya yang membuat relaksasi pernapasan, dengan cara ini dipastikan kamu tidak akan mabuk perjalanan lagi.

2. Mint

merapatkan kaca mojito dengan irisan lemon kabur di belakang - mint potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Setelah jahe ada Mint, sebuah obat berkhasiat yang berupa daun kecil hijau. Walaupun tampak seperti daun biasa yang tidak mempunyai khasiat apapun, nyatanya mint mampu menyumbang fungsi penguatan kekebalan daya tahan tubuh selama ini. Di dalamnya terdapat khasiat vitamin C, vitamin D, vitamin A dan Vitamin E.

Lalu bagaimana cara yang dapat digunakan untuk mengatasi mabuk perjalanan? Jadi bukan dengan memakan daunnya secara langsung tetapi lewat permen mint yang beredar di toko-toko. Biasanya terdapat permen dengan rasa mint di dalamnya, dengan mengunyah permen mint ini, tubuh akan merasa lebih baik dan terasa hangat.

Baca Juga  5 Cara Membersihkan Karpet Berbulu dengan Mudah

Atau dengan cara lain seperti, mengusap minyak sari mint ke dalam tangan dan dihirup beberapa kali sampai tubuh merasa rileks kembali. Cara ini dapat digunakan untuk kamu yang tidak suka mengunyah mint. Obat alami pencegah mabuk ini dapat dijadikan solusi kedua setelah jahe jika tidak ada.

3. Minyak Kayu Putih

esensi herbal. pengobatan alternatif. minyak esensial turun dari pipet ke botol - minyak kayu putih potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kalau yang satu ini sudah pasti menjadi andalan utama untuk kaum pemabuk perjalanan yang setiap berkendara pasti teler. Namun pemakaiannya bukan diminum lho, tetapi dioleskan ke tangan perut ataupun dihirup secara semestinya. Biasanya untuk minyak kayu putih sendiri memiliki rasa yang panas dan hangat jika dioleskan ke tubuh.

Namun rasa panas itu malah membuat nyeri dan mual akan hilang dengan sendirinya. Hal ini karena dalam kandungan minyak kayu putih memang terdapat pereda mual dan nyeri berlebih. Biasanya obat yang satu ini akan membuat kantuk, tetapi jangan khawatir justru itulah hal yang dibutuhkan untuk meredakan mabuk perjalanan.

4. Teh Hangat

cangkir teh di piring, dengan teh yang dituangkan, - teh hangat potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Ternyata minuman yang sering dianggap sepele ini dapat menjadi obat yang ampuh sebagai pereda mabuk perjalanan. Dengan kandungan yang terdapat di dalamnya, teh mampu mengubah posisi menjadi obat yang diperlukan saat mabuk terjadi. Karena di dalamnya terdapat kandungan anti oksidan dan pelancar peredaran darah yang sangat berguna.

Untuk rekomendasi pemakaian, teh yang diminumkan sebaiknya dalam keadaan hangat dan agak manis. Akan lebih baik jika juga dicampuri mint. Obat pencegah mabuk ini sangat efektif digunakan ketika obat diatas sulit ditemukan.

5. Apel Hijau

apel sehat organik hijau dalam mangkuk di papan kayu - apel hijau potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Selain obat berkhasiat yang kebanyakan berasal dari tetumbuhan, rupanya buah satu ini cukup untuk mengatasi permasalahan mabuk kendaraan. Dengan kandungannya yakni pektin yang mampu menetralisir asam lambung, apel hijau cocok untuk pereda rasa mual yang ada dalam tubuh.

Baca Juga  Penulis Wajib Tahu! 8 Kiat Mengatasi Kantuk saat Mengetik yang Paling Manjur

Untuk cara penggunaannya sendiri adalah dengan memakannnya sekitar 2-3 potong saja. Atau untuk lebih simpelnya kamu bisa merubahnya menjadi jus apel dan membawanya. Sari pektin tersebut akan bekerja secara maksimal dan menetralkan asam lambung, yang tidak terkontrol akibat medan perjalanan.

Dengan rekomendasi obat pencegah mabuk diatas, kamu sekarang tidak perlu takut lagi dengan mabuk perjalanan karena semua bisa dicegah dengan obat tersebut. Ingin melakukan perjalanan yang jauh? Mungkin akan lebih baik jika kamu menyiapkan salah satu dari rekomendasi diatas. Selamat mencoba

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya