by

Ragam Penyakit Jamur Kulit Beserta Cara Mengobatinya

Penyakit kulit merupakan salah satu dari banyak penyakit yang sudah umum terjadi. Jadi singkatnya bisa dikatakan bahwa penyakit ini sangat mudah sekali menyerang.

Nah, jika Anda ingin terhindar dari serangan penyakit kulit ini, maka harus menjaga kebersihan sebaik mungkin. Entah itu kebersihan diri ataupun pakaian dan juga tempat tinggal.

Mengapa demikian? Kerena pada dasarnya penyakit jamur kulit ini bisa tumbuh hanya karena seseorang itu kurang dalam masalah kebersihan. Selain itu, jamur kulit ini mudah sekali tumbuh dibagian tubuh manusia atau bagian kulit yang lembab. Inilah penjelasan tentang jamur kulit beserta cara mengobatinya.

Jenis-jenis Jamur Kulit

Setelah mengetahui sedikit tentang penyebab kenapa jamur kulit bisa tumbuh dan juga berkembang, maka tahap selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah jenis atau macam-macam jamur kulit yang biasanya menyerang kulit seseorang.

Nah, dengan begitu maka Anda bisa mencari obat atau cara mengatasinya. berikut jenis-jenis dari jamur kulit, antara lain adalah:

1. Panu

Jenis penyakit kulit pertama yang sering menyerang mayoritas orang adalah panu. Penyakit kulit ini memanglah sangat mengganggu dan juga meresahkan, selain itu juga bisa membuat orang yang diserang panu berkurang tingkat kepedeannya.

Penyakit kulit panu ini disebabkan oleh jamur bernama Malassezia pada permukaan kulit, dan untuk pertumbuhannya sendiri juga sangat cepat.

Ada beberapa alasan mengapa jamur kulit ini bisa tumbuh dari kulit yaitu dari faktor kelembaan kulit, kebersihan kulit, keringat dan masih banyak yang lainnya.

2. Kurap

Jenis penyakit kulit kedua yang juga tidak kalah mengganggu yaitu kurap. Penyakit kulit dengan nama kurap ini bisa terjadi karena adanya jamur berjenis Dermatophyta, yang menempel pada permukaan kulit. Sebenarnya jamur ini merupakan jamur yang tumbuh alami pada kulit, jadi secara umum jamur ini tidak berbahaya.

Baca Juga  Bahasan Seputar Esai Hingga Cara Penulisannya yang Mudah!

Tetapi perlu Anda ingat lagi, meskipun tumbuhnya jamur ini sangatlah umum pada permukaan kulit, tapi jika dibiarkan tumbuh dengan cepat dan pesat malah akan mendatangkan masalah. Apalagi jika tingkat kelembapan pada kulit tinggi, maka akan membuat kulit menjadi terinfeksi kurap.

3. Kandidiasis

Jenis penyakit kulit ketiga yang juga tidak kalah membuat resah bagi mayoritas orang yang diserangnya adalah kandidiasis. Sama seperti jamur, penyebab kurap bahwa jamur penyebab penyakit kulit ini juga merupakan salah satu jamur yang tumbuh alami pada kulit manusia.

Untuk terjadinya infeksi penyakit kulit kandidiasis juga sama dengan kurap, yaitu ketika jamur Candida ini terlalu cepat berkembang dan tumbuh maka akan menyebabkan gejala infeksi kadidiasis pada kulit.

Untuk beberapa faktor yang bisa membuat jamur ini tumbuh secara pesat, yaitu disebabkan oleh berbagai hal seperti cuaca panas, kondisi kulit yang lembab dan masih banyak yang lainnya.

4. Jamur Kuku

Untuk jenis penyakit kulit nomor empat yang jika dilihat dari penyebab infeksinya yaitu jamur Dermatophyta, tentu sama dengan kurap.

Namun untuk penyebab detailnya tidak sama, dimana untuk kurap disebabkan oleh tumbuhnya jenis jamur tersebut secara pesat, tapi untuk jamur kuku ini disebabkan oleh beberapa peralatan yang tidak steril di tempat salon atau tempat cukur.

Sehingga jamur kuku pun akan tumbuh dan berkembang secara perlahan dan dengan sendirinya. Tapi ada bebarapa hal yang harus Anda ketahui lebih dalam mengenai faktor, yang bisa membuat jamur ini tumbuh pada kulit antara lain, yaitu karena menurunnya sistem kekebalan tubuh, kondisi lembab yang berkepanjangan pada kulit dan lain sebagainya.

5. Ruam Popok

Nah untuk jenis penyakit kulit yang terakhir ini sering ditemui pada bayi, dimana infeksi ruam popok ini terjadi karena jamur bernama Candida albicans. Untuk tumbuh kembang dari jamur yang satu ini sering ditemui dibagian lembab, umumnya ditemui pada bayi yang sudah lama popoknya tidak diganti.

Baca Juga  Simak Yuk! 10 Cara Melestarikan Lingkungan Alam Sekitar

Untuk karakteristik dari infeksi ruam popok ini biasanya seperti lecet pada kulit bayi. Selain itu, ada faktor lain yaitu seperti terkena detergen dapat membuat kulit menjadi terkena ruam popok ini.

Cara Mengobati Jamur Kulit

Setelah Mengetahui jenis dan juga macam dari jamur kulit itu sendiri, maka Anda bisa mencari tahu tentang berbagai informasi penanganannya.

Hal ini memang terlihat sangat mudah, namun pada praktikknya akan sedikit sulit karena dalam pencegahan atau pengobatan jamur kulit diperlukan konsistensi dan juga ketelatenan. Inilah beberapa penjelasan singkatnya:

1. Cara Mengatasi Atau Pencegahan Panu

Untuk cara mengobati panu ini bisa dibilang susah dan juga mudah, karena diperlukan ketelatenan dalam pengobatannya. Jika Anda sudah terserang panu maka segeralah berobat dengan menggunakan lotion atau salep yang mengandung sulfide.

2. Cara Mengatasi Atau Pencegahan Kurap

Sama halnya dengan panu, untuk mengatasi penyebaran kurap Anda harus ruti menjaga kebersihan badan. Jika yang terinfeksi kurap pada bagian kaki, maka Anda harus mencuci kaki dan juga sela-sela jari dengan bersih menggunakan sabun.

3. Cara Mengatasi Atau Pencegahan Kandidiasis

Masih sama dengan kurap, untuk mencegah terjadinya infeksi kadidiasis ini Anda harus menerapkan pola hidup bersih dan sehat, Sebagai salah satu contoh jika Anda ingin terhindar dari kadidiasis mulut, maka Anda harus secara teratur menjaga kesehatan mulut seperti sikat gigi dan juga rajin berkumur.

4. Cara Mengatasi atau Pencegahan Jamur Kuku

Berbeda dengan cara pencegahab jenis infeksi kulit yang lainnya, untuk menghindarkan Anda dari dari serangan jamur kuku ini cukup menjaga kuku Anda dalam keadaan pendek. Selain itu, juga hindari beberapa hal temasuk manikur dan penggunaan kuku palsu agar tidak terinfeksi jamur kuku.

Baca Juga  Lakukan 5 Olahraga di Rumah untuk Jaga Kebugaran Tubuh
5. Cara Mengatasi atau Pencegahan Ruam Popok

Untuk terhindar dari ruam popok ini cara termudah yang bisa Anda lakukan, adalah untuk tidak memasang popok pada bayi terlalu erat. Selain itu juga sering-seringlah mengecek dan mengganti popok bayi.

Nah, setelah melihat dan menyimat artikel di atas tentang penyakit jamur kulit beserta cara mengobatinya, tentu akan mempermudah Anda dalam menjaga kesehatan dan kebersihan kulit. Sehingga kemungkinan untuk terkena penyakt jamur kulit akan semakin menurun, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda!

Comment

Artikel Terkait