by

Punya Penyakit Maag yang Sering Kambuh? Coba 6 Obat Maag Alami Berikut!

Obat maag alami di sekitar kita selalu bisa diandalkan untuk meredakan kambuhnya penyakit maag. Penyakit yang diidap banyak orang ini disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat. Seperti kebiasaan telat makan, terlalu sering makan makanan asam dan pedas, serta kebiasaan minum minuman beralkohol. Selain karena pola hidup yang kurang sehat, maag juga dapat disebabkan oleh adanya infeksi bakteri dalam lambung.

Penyakit maag yang sedang kambuh selalu menimbulkan rasa tidak nyaman di perut para pengidapnya. Para pengidap penyakit ini, harus benar-benar menjaga pola hidup sehat dan pola makan yang baik, jika tidak ingin penyakit ini kambuh lagi.

Selain menjaga pola hidup sehat dan pola makan yang baik, ada beberapa obat alami maag dari bahan-bahan di sekitar kita yang bisa kamu manfaatkan untuk meredakan maag. Yuk simak penjelasan berikut

1. Air Rebusan Kunyit

kunyit dan air, minuman sehat - air kunyit potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Andra ingin sekali ayahnya melongok dari luar jendela sembari mengetuk pintu, seperti biasanya. Sekali saja. Cairan bening meleleh dari matanya, betapa sesaknya hati anak tiga belas tahun itu.

Kunyit merupakan salah satu tanaman, yang termasuk dalam tanaman obat keluarga atau yang sering disebut dengan tanaman toga. Salah satu fungsi dari tanaman ini adalah meredakan penyakit maag. Caranya tidak susah, hanya dengan merebus kunyit kemudian meminum air rebusannya.

Kunyit bisa meredakan penyakit maag karena adanya kandungan curcumin, yang dikenal sebagai anti inflamasi dan antibakteri. Itu sebabnya, kunyit bisa dijadikan sebagai obat pereda maag yang efektif terutama untuk penyakit maag yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

2. Minum Air Kelapa

air kelapa dan buah kelapa hijau diisolasi di latar belakang putih. - air kelapa potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Obat maag alami kedua yang bisa kamu coba adalah air kelapa. Tidak sulit bukan? Hampir sama halnya dengan kunyit, dalam air kelapa juga terdapat kandungan anti inflamasi yang dapat memerangi bakteri jahat dalam tubuh.

Baca Juga  Cara Mengenali Jenis Kulit Wajah Beserta Cara Merawatnya

Air kelapa yang diminum saat maag kambuh dapat memberikan sensasi melegakan. Hal ini dikarenakan air kelapa dapat meredakan rasa panas dalam lambung, yang timbul saat penyakit ini sedang kambuh.

Untuk hasil yang maksimal, kamu disarankan meminum air kelapa setiap hari. Hal ini akan sangat berdampak positif bagi kamu yang punya penyakit maag yang sering kambuh. Jika rutin meminumnya setiap hari, peradangan dalam lambung akan berkurang secara bertahap.

3. Teh Hijau

wanita tangan minum kaca teh hijau panas di pagi hari, konsep gaya hidup makan sehat - teh hijau potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Teh hijau memang dikenal memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Selain berfungsi mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit, teh hijau ini juga dapat menjadi obat alami yang ampuh untuk meredakan penyakit maag.

Teh hijau dapat meredakan penyakit maag karena adanya kandungan antioksidan yang melimpah. Kandungan antioksidan ini berfungsi memberikan perlindungan pada lapisan lambung, sehingga dapat mengurangi gejala-gejala yang timbul karena maag seperti mual dan kehilangan nafsu makan.

Caranya pun tak sulit, hanya dengan menyeduh teh hijau dengan air hangat, lalu meminumnya selagi masih hangat. Jika rutin meminum teh hijau setiap hari, akan sangat membantu dalam penyembuhan maag akut sehingga maag lebih jarang kambuh.

4. Air Campuran Madu dan Lemon

madu dan lemon - madu lemon potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Mungkin kamu akan bertanya-tanya, mengapa lemon? Nah, meskipun lemon memiliki sifat yang asam yang seringkali dihindari oleh penderita maag, ternyata lemon malah memiliki fungsi untuk melindungi lambung loh sobat. Hal ini karena adanya kandungan asam askorbat dan sifat basa pada lemon, yang dapat menetralkan asam lambung saat maag.

Sementara madu, dikenal memiliki kandungan anti bakteri yang dapat membunuh bakteri jahat penyebab maag. Selain itu, madu juga memiliki kandungan anti inflamasi dan antioksidan sama seperti kunyit, air kelapa dan teh hijau.

Baca Juga  Mengapa Harus Berolahraga? Ini Jawabannya

Perpaduan antara madu dan lemon dapat memberikan banyak manfaat positif, untuk mengatasi penyakit maag yang sering kambuh. Kamu bisa meminum air madu dan lemon tiap pagi setelah sarapan untuk memberikan hasil yang lebih maksimal.

5. Jus Air Kentang

jus kentang mentah yang baru ditekan - jus kentang potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Obat maag alami yang bisa kamu coba adalah jus air kentang. Kentang dikenal memiliki kandungan garam alkali, yang dapat memberikan perlindungan untuk lambung saat maag kambuh.

Hal ini dikarenakan kandungan garam alkali dalam air kentang akan bereaksi, menetralkan tingginya kadar asam lambung pada penyakit maag. Selain itu, kandungan garam alkali juga dapat memberikan perlindungan pada lapisan lambung yang dapat mengurangi terjadinya peradangan.

Caranya juga cukup mudah. Cuci bersih sekitar 2 buah kentang kemudian parut dan peras air hasil parutannya. Setelah mendapat air perasan kentang, campurkan dengan air hangat. Waktu terbaik untuk meminumnya adalah kurang lebih 30 menit setelah makan.

6. Sari Lidah Buaya

minuman lidah buaya - aloevera drink potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Tanaman yang satu ini memang dikenal memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Mulai dari menjaga kesehatan rambut, kesehatan kulit, hingga kesehatan lambung kamu.

Hal itu dikarenakan lidah buaya memiliki kandungan yang dapat meringankan iritasi pada lambung akibat penyakit maag. Selain itu, lidah buaya juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit maag, karena adanya kandungan antibakteri di dalamnya.

Caranya pun cukup mudah, kamu dapat memulainya dengan menyiapkan sekitar 2 sdm gel lidah buaya yang diambil dari tanamannya langsung, kemudian campurkan dengan satu gelas air. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kamu bisa meminumnya dengan dosis sekitar dua gelas setiap harinya.

Itulah tadi 6 obat maag alami yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Penyakit maag memanglah penyakit yang amat menghambat dan mengganggu produktivitas kit, karena rasa sakit yang ditimbulkan.

Baca Juga  Mulai Merasa Bosan Kuliah? Ini Tips Semangat Kuliah Untuk Generasi Millenial

Untuk itu, kamu harus lebih berhati-hati lagi dalam memilih makanan yang kamu makan dan selalu menjaga pola hidup yang sehat. Selain itu, bahan-bahan alami di atas juga bisa kamu manfaatkan ketika penyakit ini datang menyerang sobat

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya