by

Ingin Tahu Tentang Vitamin untuk Insomnia? di sini Jawabannya

Insomnia merupakan masalah kesehatan yang harus segera diatasi sejak dini. Jika tidak, gangguan penyakit yang lebih parah akan datang dan yang pasti tubuh akan kurus kering serta tidak akan lagi menarik. Untung saat ini ada vitamin untuk insomnia yang bisa dijadikan sebagai sarana pencegahan.

Insomnia sendiri merupakan gangguan tidur yang sangat ekstrem. Biasanya, gejala dari gangguan ini ialah, mata sulit terpejam sekalipun badan sudah rebahan di tempat tidur. Justru pikiran terus berputar tanpa disadari yang akhirnya waktu tidur benar-benar berkurang.

Oleh sebab itu, siapapun yang ingin terhindar dari insomnia, silakan konsumsi vitamin yang tepat. Di bawah ini terdapat beberapa vitamin untuk insomnia yang aman untuk dikonsumsi dan ini vitamin-vitaminnya:

1. Vitamin B
bermacam-macam sumber vitamin b tinggi - vitamin b potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Vitamin yang bagus untuk insomnia adalah vitamin B. Salah satu fungsinya ialah mengembalikan fungsi otak supaya bisa bekerja dengan maksimal. Istilahnya dengan vitamin ini, otak kembali dirangsang untuk melakukan relaksasi dan netralisasi yang tepat.

Jika rajin mengkonsumsi Vitamin B, energi yang masuk ke dalam otak juga jauh lebih besar. Sebab, vitamin ini juga bersifat pro energi yang akan terus memberikan penjagaan ketat kepada neuron. Tentunya jika neuron bagus, kinerja otak juga lebih bagus.

Kandungan melatonin di dalam Vitamin B complex juga bagus untuk memberikan efek ngantuk. Makanya, jika vitamin ini dikonsumsi kesempatan untuk tidur dengan nyenyak sangat besar. Bangunnya juga lebih berenergi dan bersemangat untuk beraktivitas.

2. Vitamin D
makanan sehat yang mengandung vitamin d - vitamin d potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Vitamin D ternyata tidak hanya bagus untuk tulang. Tetapi lebih jauh dari itu, vitamin yang bisa didapatkan dari sinar matahari ini juga bagus untuk otak sekaligus untuk mengatasi insomnia. Jika kadar vitamin D di dalam tubuh bagus, maka kualitas tidur manusia juga akan semakin ideal.

Baca Juga  Gimana Sih Pakai Outfit yang Keren Bagi Hijabers?

Sejatinya vitamin D bisa didapatkan langsung dari sinar matahari. Yang mana, dari sinar tersebut akan tercipta hormon terlebih dahulu di dalam tubuh. Baru setelah itu ada stimulus metabolisme untuk melahirkan vitamin D yang ideal.

Walaupun demikian ternyata vitamin D juga bisa didapatkan dari mengkonsumsi makanan tertentu. Termasuk sering memakan makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur, ikan salmon dan ikan tuna. Namun pastikan makanan semacam ini tidak dikonsumsi berlebihan karena bisa menimbulkan gangguan kolesterol jahat.

Jika ingin yang lebih simpel, rajinlah berolahraga setiap hari dan utamakan di luar ruangan. Sinar matahari yang masuk ke dalam tubuh akan menciptakan vitamin D yang jumlahnya lebih aman. Semakin berkeringat saat berolahraga, berarti pembakaran detok dan percepatan pembentukan vitamin D juga semakin lancar.

3. Vitamin E
bermacam-macam sumber makanan vitamin e - vitamin e potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Vitamin untuk insomnia yang juga bagus untuk dicoba adalah Vitamin E yang sering disebut dengan Vit E. Tak hanya untuk insomnia, vitamin ini juga bagus untuk kulit karena memiliki kandungan collagen yang cukup tinggi dan ideal.

Kalau mengkonsumsi vitamin E secara teratur, kecenderungan untuk mengeluarkan keringat dingin di malam hari tidak akan terjadi. Biasanya, perilaku ini menimpa perempuan yang sudah dewasa yang efeknya, tidur di malam hari juga bisa terganggu.

Nah, untuk mendapatkan pasokan vitamin E atau Vit E yang cukup, silakan makan makanan jenis nabati seperti sayuran dan kacang-kacangan. Jika memilih sayuran maka silakan makan sayuran berwarna hijau seperti bayam dan brokoli karena sayuran ini kandungan Vitamin E di dalamnya cukup ideal.

4. Kalsium
makanan tinggi kalsium - kalsium potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Sudah banyak yang mengatakan kalau kalsium juga termasuk fitonutrien untuk mengatasi masalah dengan insomnia. Ini pula yang menjadi alasan mengapa banyak ahli kesehatan menganjurkan untuk meminum segelas susu sebelum tidur di malam hari supaya tidurnya lekas nyenyak.

Baca Juga  Atasi Masalah Imsomnia Dengan 5 Tips Agar Cepat Tidur Ini

Kalsium di dalam otak akan melakukan berbagai stimulus atau rangsangan dalam melahirkan senyawa-senyawa tertentu. Salah satunya adalah merangsang munculnya melatonin. Ini merupakan sejenis hormon yang akan membantu melakukan relaksasi dan netralisasi pada otak. Semakin banyak melatonin di dalam otak, efek nyenyak dalam tidur akan semakin cepat.

Jika Anda bukan penyuka susu, mungkin bisa diganti dengan makan sayuran. Salah satu sayur yang memiliki kalsium tinggi di antaranya adalah bayam, kangkung dan lobak. Jadi, usahakan ketika sedang makan, sayuran-sayuran ini harus ada di dalam menu.

5. Magnesium
produk yang mengandung magnesium - magnesium potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Terkadang terjadinya insomnia di akibatkan oleh adanya ketegangan pada otot-otot otak. Nah, magnesium bisa dijadikan sebagai solusi untuk melepaskan ketegangan-ketegangan tersebut, sehingga Anda bisa kembali menemukan pola tidur yang baik.

Magnesium sendiri bisa didapatkan dari aneka jenis buah-buahan. Seperti buah alpukat dan buah pisang yang segar dan dicuci terlebih dahulu. Jika tidak mendapatkannya, Anda bisa mengganti dengan kacang-kacangan seperti kacang almond dan kenari.

Sejatinya magnesium di dalam kacang mete sangat tinggi. Namun, jika terbiasa memakan kacang mete yang digoreng, tentu itu justru tidak bagus bagi kesehatan. Sebab, kacang mete mengandung kolesterol LDL yang besar sehingga kalau memakannya secara berlebihan efeknya, hipertensi hingga kanker akan menyerang.

Itulah beberapa vitamin untuk insomnia atau gangguan tidur yang harus dicukupi. Jika vitamin ini tidak tercukupi, tentu gangguan tidur akan terus berlanjut selamanya. Risikonya ialah, badan mudah lunglai, kurus kering, kurang semangat bahkan bisa memicu kematian. Ini yang harus dihindari tentunya jika ingin hidup di bumi lebih lama.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait