by

Perlu Dibiasakan Sejak Dini! Inilah Tips Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan tulang sangatlah penting dilakukan, karena tulang sendiri merupakan bagian terpenting dan utama dalam sistem rangka manusia.

Maka dari itu perlu dilakukan sebuah perawatan yang harus dibiasakan setiap hari, salah satunya adalah dengan mengatur pola makan, dan juga terus berusaha untuk selalu menjalani hidup yang sehat.

Demi menjaga tulang agar tetap terus berfungsi dengan baik, maka diperlukan sebuah cara untuk merawatnya. Jika Anda ingin tahu lebih jauh mengenai bagaimana menjaga serta merawat kesehatan tulang yang baik dan benar, simaklah rangkuman di bawah ini.

1. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Cara yang pertama untuk menjaga kesehatan tulang yaitu selalu menerapkan gaya hidup sehat setiap harinya. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, maka dapat dipastikan bahwa kesehatan tulang pun akan ikut terjaga.

Bayangkan saja jika Anda dalam sehari-hari tidak memberlakukan hidup yang sehat, baik itu dari segi asupan makanan maupun tempat tingkat tinggal, maka tidak hanya berdampak pada kesehatan tulang, tetapi juga mempunyai efek buruk pada kesehatan tubuh Anda.

2. Rajin Berolahraga

Biasakan untuk selalu aktif bergerak, walaupun hanya melakukan olahraga kecil-kecilan seperti jalan-jalan, atau bahkan Anda bisa selalu melakukan jogging setiap hari. Hal itu dilakukan agar tulang dapat terlatih dan terbiasa serta bisa meningkatkan kekuatan otot dan tulang Anda.

Menurut sebuah penelitian dikatakan bahwa, jika ada seseorang yang tidak pernah melakukan gerakan aktif atau tidak pernah melakukan olahraga, maka tulang akan rawan terkena masalah, sebagai contoh misalnya mudah terkena osteoporosis.

Jadi mulai sekarang lakukan olahraga secara rutin, agar dapat menjaga kepadatan dan kekuatan tulang Anda.

3. Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Juga Bergizi

Tips yang selanjutnya adalah dengan selalu memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Dengan begitu, maka tubuh Anda akan memperoleh nutrisi serta energi yang sangat dibutuhkan untuk menjalani aktifitas.

Baca Juga  6 Tips Gaya Berpakaian Selama Rapat Online agar Berkesan Baik dan Profesional

Nah, untuk konsumsi makanan yang dapat menjaga kesehatan tulang, pilihlah yang mempunyai kandungan vitamin Ddan kalsium.

Susu, yogurt, sereal, serta kacang kedelai merupakan makanan dengan sumber kalsium sangat tinggi. Kemudian untuk vitamin D, Anda bisa mendapatkannya dari mengkonsumsi telur maupun minyak ikan. Selain itu Anda juga harus menyeimbangkan pola makan, caranya dengan menambahkan konsumsi buah-buahan dan sayuran.

4. Mengkonsumsi Vitamin Tambahan Berupa Suplemen

Tentu tidak hanya melakukan olahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi saja. Pemenuhan kebutuhan kalsium serta vitamin D ,dapat Anda peroleh dari mengkonsumsi suplemen secara teratur, agar kesehatan tubuh dan juga tulang dapat terus terjaga.

Cara mengkonsumsi suplemen tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, harus sesuai aturan dan takaran dosis yang telah ditentukan. Untuk lebih jelasnya Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter spesialis ahli gizi, mengenai aturan yang tepat mengkonsumsi suplemen.

5. Berjemur di Pagi Hari

Untuk tips untuk menjaga kesehatan tulang yang terakhir adalah, dengan melakukan kegiatan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Karena sinar matahari saat masih pagi dapat dijadikan sumber vitamin D yang sangat bermanfaat, untuk tubuh dalam membantu proses penyerapan kalsium.

Vitamin D ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang agar tidak mudah keropos, untuk itu mulai sekarang biasakanlah untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi minimal 3 kali dalam seminggu, dan untuk waktunya Anda bisa melakukannya pada jam 8 pagi dan untuk lamanya berjemur, yaitu sekitar 10-15 menit.

Selain menerapkan beberapa tips menjaga kesehatan tulang di atas, alangkah lebih baiknya jika Anda selalu melakukan pemeriksaan rutin atau berkala ke dokter spesialis, hal ini sangat dianjurkan karena dengan saran dan pemeriksaan lanjutan, yang dilakukan dokter akan sangat membantu dalam mengetahui bagaimana keadaan atau kondisi dari tulang Anda.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait