by

Manfaat Petai Bagi Kesehatan Tubuh, Ternyata Sangat Berguna!

Siapa di sini yang kerap sekali tak tahan dengan bau menyengat? Mungkin dengan begini kamu tidak akan suka dengan masakan yang berasal dari petai. Bukan tanpa alasan, petai merupakan sejenis makanan berupa biji-bijian yang memiliki warna dominan hijau. Di kalangan pedesaan banyak sekali orang yang tertarik mengonsumsinya, pasalnya petai mudah ditemukan dan lezat dijadikan pelengkap lauk.

Ingat, hanya sebagai pelengkap lauk saja. Jika kamu mencobanya sebagai lauk dengan nasi dan tidak terdapat lauk lain maka petai akan terasa petar alias hambar. Dari sinilah orang beranggapan bahwa petai memiliki rasa yang tidak enak dan berbau menyengat, padahal tak semuanya itu benar. Malahan petai memiliki banyak manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh, mau tahu apa saja manfaat tersebut? Berikut ulasannya!

Kandungan Dalam Petai

Pernahkah kamu memakan makanan yang berasa Petar dan hambar seperti petai? Atau jangan-jangan kamu takut bau mulut yang menyengat? Hal itu memang benar namun tak selamanya petai menjadi makanan yang terasingkan serta sepi peminat. Nyatanya makanan bernama latin parkia speciosa ini, memiliki segudang kandungan yang masing-masing bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Memang banyak orang yang sering kali merasa risih ketika kehadiran seseorang lain, yang memiliki kebiasaan memakan petai mentah sekalipun. Tapi itu hanya bagian luarnya, banyak kandungan kesehatan yang dapat kamu temukan di dalamnya.

Konsumsi petai dalam waktu yang sering juga akan menambah kerja beberapa kandungan tersebut di dalam tubuh, namun bukan berarti harus memakannya, tentunya terdapat batasan juga.

Dalam seonggok petai mengandung antara lain, air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, natrium dan kalium. Dari berbagai jenis kandungan tersebut, terdapat zat yang paling mendominasi, yakni energi dengan kisaran persentasi 92 kalori per 100 gram petai. Selain itu, juga terdapat zat yang paling rendah tingkat kandungannya yakni kalsium dengan persentase 14 miligram per 100 gram petai.

Baca Juga  5 Alasan Pentingnya Membersikan Lingkungan Sekitar

Ketika proses pembangunan zat-zat kesehatan tubuh dimulai, beberapa kandungan tersebut saling menghasilkan inti dari sebuah zat lainnya yang memiliki fungsi masing-masing. Semisal karbohidrat sebagai penambah energi dan fosfor dengan beberapa zat bagian di dalamnya, yang berfungsi menjadi penguat tulang dan gigi. Melihat kandungannya yang banyak serta bervariasi, akankah kamu merasa masih tidak suka dengan makanan berwarna hijau ini?

Manfaat Petai bagi Kesehatan

Nah, setelah kamu mengetahui apa saja kandungan yang terdapat dalam per 100 gram petai, untuk saat ini akankah kamu mulai tertarik untuk mengkonsumsi makanan hijau ini? Jika belum berminat mungkin daftar manfaat petai di bawah ini, dapat berperan sebagai referensi kamu di bidang kesehatan. Langsung saja berikut manfaat petai bagi kesehatan:

1. Sumber Antioksidan yang Paling Efektif

Memiliki masalah di bidang daya tahan tubuh, baik itu sering sekali merasa lemah dan sakit-sakitan? Petai di sini sebagai solusi terbaik yang kamu butuhkan. Mengapa harus petai? Hal ini karena di dalam kandungan yang disebutkan di atas tadi terdapat salah satu turunan kandungan bernama flavonoid. Apa itu flavonoid dan fungsinya bagi kesehatan?

Jadi flavonoid ialah sebuah zat yang berperan sebagai antioksidan di dalam sebuah saripati makanan. Salah satu makanan yang memiliki antioksidan paling tinggi ialah petai sendiri, yang mana dalam seonggok petai hampir di dominasi oleh kandungan flavonoid. Tentu saja hal ini merupakan kabar gembira bagi para penderita penyakit kanker dan diabetes.

Pasalnya dengan memakai kandungan flavonoid beberapa penyakit diatas akan terjamin tidak ada alias hilang. Hal ini terjadi karena fungsi antioksidan sendiri sebagai zat anti radikal bebas. Dalam artian anti zat berbahaya dan juga berperan sebagai pelindung organ tubuh dari toksifikasi zat lain. Sangat ampuh bukan?

Baca Juga  9 Wisata di Bekasi yang Bisa Kamu Jadikan Referensi Travelling
2. Antibakteri yang Baik

Selain mampu melawan zat berbahaya bagi tubuh, petai juga sudah terbukti melawan bakteri di dalam tubuh. Sebuah percobaan berulang kali dilakukan di institut luar negeri yang hasilnya berakhir sama, mereka menemukan bahwa dalam petai terdapat sebuah kandungan bernama thritiolane. Kemampuan zat ini sendiri ialah menghilangkan sekaligus mencegah adanya bakteri lain di dalam tubuh.

Kandungan-kandungan tersebut sangat efektif digunakan untuk melawan bakteri jahat semisal salmonella, Escherichia dan chlamnyda. Ketiga jenis bakteri ini memiliki daya rusak yang lumayan mengganggu aktivitas tubuh, bahkan tak jarang menimbulkan penyakit parah. Untuk itulah akhirnya para ahli melakukan research kepada sejenis makanan lain seperti petai, misalnya petai cina.

3. Menstabilkan Aliran Darah

Masih ingat dengan kandungan petai di atas? Ya, itulah kalium sebuah kandungan yang bernilai sangat penting bagi organ jantung. Mengapa? Karena dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa ketika seseorang memakan petai yang dimana terdapat banyak zat kalium di sana, maka zat tersebut secara langsung akan membantu proses pemompaan darah.

Manfaat lain yang terdapat dalam makanan hijau ini, ialah mampu mengatur kondisi pembuluh darah sesuai dengan bagaimana darah yang akan melalui jalur tersebut. Dengan kata lain manfaat dari kalium dalam petai sendiri dirasa mampu mengurangi tingkat terjadinya tekanan darah tinggi. Jadi jangan khawatir lagi jika kamu atau kerabat kamu memiliki penyakit tersebut.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat dari petai yang diyakini berkhasiat bagi tubuh. Untuk cara konsumsinya kamu bisa ikuti resep olahan petai ini atau bisa dikunyah secara mentah jika kamu suka. Kira-kira setelah melihat manfaatnya akankah kamu tertarik ingin mengonsumsinya?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya