by

Makanan Sehat untuk Redakan Flu dan Salesma

Musim pandemi seperti saat ini, masyarakat harus benar-benar menjaga kesehatan. Termasuk, menghindari virus influenza dengan cara memakan makanan sehat untuk redakan flu secara rutin dan berkelanjutan. Jika tidak, penyakit akan terus bersarang, bahkan kamu bisa reaktif covid 19.

Nah, untuk itu, artikel kali ini sengaja akan mengupas beberapa makanan yang bagus untuk meredakan penyakit flu. Paling tidak, kalau makanan ini dikonsumsi, influenza akan pergi dan hidung yang mampat akan lancar kembali. Ini dia makanan-makanan yang dimaksud:

1. Buah Buahan
camilan buah-buahan campuran - fruits potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Makanan sehat untuk redakan flu yang pertama adalah buah buahan. Namun, bukan sembarang buah melainkan buah-buahan yang berwarna orange seperti jeruk, pepaya dan mangga. Menurut ahli kesehatan, buah-buahan yang disebutkan di awal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Vitamin C yang dikandung buah jeruk, pepaya dan mangga bagus untuk imunitas tubuh. Bahkan salah satu fungsinya adalah antioksidan yang berperan aktif melakukan detoksifikasi atau pembuangan racun detok penyebab penyakit. Makanya, kalau ingin kekebalan tubuh meningkat harus banyak mengkonsumsi buah-buahan ini.

Buah jeruk, pepaya dan mangga bagus untuk tubuh jika sebelum dikonsumsi harus dicuci terlebih dahulu. Sebab dikhawatirkan terdapat zat kimia yang masih tersisa di dalamnya seperti pestisida dan insektisida. Kamu juga harus membeli buah yang masih segar dan bersih.

2. Soto Ayam Hangat
soto ayam - soto potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Orang yang mengalami flu atau salesma harus menghindari makanan yang bersuhu dingin. Sebab, hawa dingin yang masuk ke dalam tubuh akan semakin membuat virus merajalela bahkan akan memperbanyak jumlah perkembangbiakannya.

Maka dari itu, jika flu menyerang, makan saja makanan yang hangat salah satunya adalah soto ayam. Sebelum dikonsumsi, kamu bisa menghirup uapnya terlebih dahulu supaya hidung yang mampat lekas lancar, dan virus yang bertahan di dalam hidung bisa segera dimatikan.

Baca Juga  Ragam Penyakit Jamur Kulit Beserta Cara Mengobatinya

Menurut saya, soto ayam yang masih hangat adalah makanan pencegah flu yang murah meriah. Bahkan proses pembuatannya juga sangat mudah dan hampir seluruh masyarakat Indonesia bisa membuatnya. Makanya, daripada membeli obat salesma yang mahal, mending makan makanan ini saja bukan.

3. Bubur Ayam tanpa Santan

Makanan sehat untuk redakan flu yang paling banyak disukai oleh masyarakat Indonesia adalah bubur ayam. Namun, bukan bubur biasa melainkan bubur ayam yang di dalam proses pembuatannya tidak ditambahkan santan sedikitpun.

Sebab, santan kental yang masuk ke dalam tenggorokan, justru akan membuat tenggorokan semakin kering. Belum lagi efek samping kesehatan lain seperti bisa memicu kolesterol dan penyebab munculnya gangguan hipertensi.

Oleh sebab itu, jika flu sedang menyerang, coba atasi dengan makan bubur ayam tanpa santan di pagi hari. Memang rasanya tidak begitu nyaman dan tidak mengenyangkan daripada makan nasi pecel. Tetapi atas nama kesehatan, tetap makanan ini yang terbaik apalagi harganya murah meriah.

4. Madu Asli

Terkadang penyakit flu disebabkan oleh suhu tubuh yang terlalu dingin. Nah, jika masalah ini yang terjadi, maka obat yang terbaik dari segi makanan adalah madu namun madu yang murni. Sebab, madu yang sudah melalui proses pengolahan biasanya sudah dicampur dengan gula.

Madu murni mengandung fitonutrien yang bagus untuk tubuh. Termasuk untuk meningkatkan kekebalan sekaligus untuk menimbulkan efek rasa kenyang yang lebih lama. Artinya, terbiasa makan sedikit madu setiap hari, bisa meningkatkan imunitas dari serangan influenza.

Namun, jika flu disertai dengan panas tinggi, tentu madu tidak lagi cocok untuk dijadikan obat. Sebab, madu bisa menimbulkan efek panas bagi tubuh. Sedangkan kalau sedang meriang dan kamu makan madu, tentu efek rasa panasnya akan bertambah beberapa kali lipat.

Baca Juga  Tips Memilih Rental Mobil yang Tidak Mengecewakan
5. Wortel dan Tomat
tangan memegang parutan penuh sayuran segar - carrots and tomatoes potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Makanan yang bagus untuk kesehatan tidak hanya sayuran hijau tetapi sayur orange yang di antaranya adalah wortel dan tomat. Bahkan dua sayuran ini bagus untuk meredakan penyakit flu sehingga bisa dijadikan solusi di jaman pandemi seperti saat ini.

Memang keduanya memiliki rasa yang tidak enak. Tetapi daripada diri sakit dan sukar sembuh, apalagi kalau dinyatakan reaktif corona, tentu lebih baik yang tidak enak tetap dipaksa untuk dimakan. Rasa nikmat sebuah makanan tentu tidak sebanding dengan kesehatan tubuh yang akan diterima.

Atas dasar hal tersebut, silakan persiapkan sayur wortel dan tomat di lemari pendingin. Untuk pembuatannya terserah, apakah dimakan langsung atau dijadikan sayur kuah bening dengan kadar penyedap rasa yang tidak terlalu berlebihan. Bahkan kamu bisa mengolah menjadi jus dengan kadar gula yang ideal.

6. Sayuran Hijau

Makanan terbaik yang harus dikonsumsi ketika sedang flu adalah sayuran hijau. Kandungan serat dan Vitamin B di dalamnya bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh termasuk untuk melancarkan sistem pencernaan. Sayuran hijau yang direkomendasikan salah satunya adalah bayam, kangkung dan sawi hijau.

Sayuran hijau tidak hanya bagus untuk kesehatan tetapi juga berharga murah. Bahkan, saat ini sudah banyak masyarakat yang membudidayakan sendiri di rumah supaya ketika ingin memasak sayur, tidak perlu pergi ke pasar untuk membeli.

Namun, sama dengan masakan yang lain, sayuran hijau harus dicuci terlebih dahulu sampai bersih setelah itu baru direbus. Jika ingin hasil yang maksimal, silakan rebus sayuran hijau tetapi cukup setengah matang saja. Menurut ahli kesehatan suhu panas pada sebuah makanan justru akan membuat fitonutrien di dalamnya akan memuai.

Baca Juga  Anemia: Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya, Girls Wajib Tahu!

Itulah beberapa makanan sehat untuk redakan flu yang aman dikonsumsi oleh semua kalangan. Jangankan orang dewasa, anak-anak pun pasti menyukai asalkan terus dimotivasi yang tinggi. Terkadang ketidaksukaan mereka karena memang belum pernah mencicipi rasa makanannya.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait