by

Jarang Diketahui, Ternyata Inilah Manfaat Wortel Selain untuk Kesehatan Mata!

Kesehatan adalah anugrah terbaik bagi sang pencipta untuk manusia. Dengan diberikannya kesehatan, manusia dapat mengerjakan kesehariannya dengan baik. Berbicara mengenai kesehatan, semua manusia pasti ingin diri mereka selalu fit dalam melakukan sebuah aktivitas.

Salah satu kesehatan yang terpenting ialah kesehatan jasmani, yakni kesehatan badan dan juga organ-organnya. Salah satu pendorong kesehatan tak lain ialah sayur-sayuran seperti halnya wortel. Perlu diketahui bahwa selain sehat bagi tubuh, sayuran memiliki beragam manfaat. Lalu apa saja manfaat wortel untuk kesehatan? Berikut pembahasannya!

Kandungan Wortel

Sayuran berwarna jingga ini merupakan salah satu anggota kingdom plantae dan memiliki genus daucus. Sayuran jenis wortel ialah bagian dari tumbuhan yang mempunyai umbi dan akar. Tumbuhan yang bersiklus tanam sekitar 2-2,5 bulan ini memiliki predikat sebagai sayuran dengan banyak nutrisi dan kandungan yang terdapat di dalamnya.

Salah satu kandungan yang paling dominan dalam sayur wortel ialah vitamin. Dalam hal ini vitamin yang memiliki peranan tinggi ialah vitamin A, sedangkan untuk kandungan vitamin lainnya seperti vitamin B1, B2, B3, B6, B9 dan vitamin C ialah seri non dominasi dari wortel. Selain kandungan vitamin, wortel masih memiliki kalsium, zat besi, magnesium dan fosfor.

Seperti yang kita tahu dari manfaat wortel sendiri yakni ampuh menyehatkan mata, ternyata bukan hanya itu saja loh manfaatnya bagi kesehatan. Mengingat banyaknya zat lain yang juga turut mendorong kesehatan tubuh yang lain. Sayuran bernama latin daucus ini bisa dibilang memiliki sejuta manfaat dibanding sayur lainnya.

Manfaat Wortel

Berdasar pernyataan di atas bahwa wortel memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat, tentunya juga membuat tanaman jingga satu ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Mau tahu apa saja manfaat wortel bagi kesehatan? Berikut ulasan lengkapnya!

Baca Juga  Banyak Khasiat! Ini 5 Tanaman Obat yang Mudah Ditanam di Rumah

1. Pencegah Kanker

Baru pertama kalinya mendengar bahwa wortel dapat mencegah kanker? Tentu saja ini bukan angan-angan saja melainkan fakta. Memang benar wortel dapat mengatasi kanker dengan kandungan yang dimilikinya yakni betakaroten. Merupakan kandungan yang memiliki dominasi kedua setelah vitamin A.

Dalam beberapa eksperimen yang dilakukan di beberapa studi penelitian termasuk juga state university america, mereka mengatakan bahwa kekurangan zat betakaroten, akan membuat tubuh seseorang berisiko terkena kanker terutama kanker paru-paru. Hal ini tentu saja sangat penting untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Merokok yang berlebihan akan menimbulkan penyakit kanker paru-paru, di sinilah peran dari senyawa betakaroten yang memiliki fungsi antioksidan. Untuk memaksimalkan jumlah karoten yang terdapat di dalamnya, proses pemasakan akan meninggikan kadarnya sebesar 3-6 kali lipat.

2. Menurunkan Kolesterol

Pernah merasa bagian dada yang sakit? Mungkin itu akibat kolesterol yang terlalu tinggi. Kandungan yang memiliki banyak lemak ini bisa jadi pemicu bagi beberapa penyakit untuk bersarang di tubuh. Contoh saja stroke, serangan jantung dan komplikasi, beberapa penyakit ini tak lain disebabkan oleh penumpukan kadar lemak kolesterol di pembuluh darah.

Jika sudah begini maka berkemungkinan besar dalam sebuah aliran darah tersebut akan terhambat karena plak dari lemak yang tinggi. Hal inilah yang kemudian berakibat terganggunya siklus peredaran darah. Untuk mengatasi hal itu, wortel memiliki kandungan yang bernama calcium pectate sejenis dengan serat yang larut.

Kali ini manfaat wortel benar-benar sangat berguna untuk meredakan penyakit berbahaya sekelas stroke dan jantung. Cara penggunaannya sendiri cukup mudah, kita hanya tinggal mengonsumsi wortel secara mentah dalam 5 hari – 3 minggu, dalam waktu yang cukup lama tersebut dipastikan 10-11% kadar kolesterol akan turun.

Baca Juga  Berbagai Manfaat Makan Buah Bagi Kesehatan! Salah Satunya Untuk Mencegah Diabetes
3. Mencegah Hipertensi

Siapa sangka sayuran yang bernama wortel ini dapat mencegah penyakit serius seperti hipertensi? Tentu saja hal ini dikarenakan kandungan serat pottasium yang tak kalah penting dari vitamin maupun karoten. Dalam pottasium sendiri terdapat manfaat seperti melemaskan pembuluh darah.

Hal ini sangat berguna mengingat terjadinya tekanan darah tinggi karena kurang stabilnya pembuluh darah. Dengan memiliki aliran pembuluh darah yang stabil dan normal, maka dipastikan penyakit hipertensi tidak akan mengambil bagian dalam tubuh kita. Benar-benar manfaat wortel yang paling mengagumkan bukan?

4. Meredakan Sembelit

Sebagian orang mungkin pernah mengalami bagaimana rasanya sembelit dan susah buang air besar. Hal ini karena kurangnya kadar serat dalam tubuh, sehingga mengakibatkan feses menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan. Dengan adanya zat berupa serat, maka bukan tidak mungkin sseorang akan kembali lancara dalam buang air besar.

Salah satu zat serat yang terpercaya ialah wortel, selain mengandung vitamin, antioksidan, kalsium dan pottasium, wortel juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Untuk cara pemakaian dalam mengatasi sembelit cukup mudah, kita hanya perlu membuatnya menjadi jus atau sayuran sop untuk dimakan.

5. Meningkatkan Sistem Ketahanan Tubuh

Manfaat wortel yang terakhir ialah memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena kadar vitamin C yang terdapat di dalamnya. Dalam hal memperkuat imun, vitamin C memiliki manfaat antibodi yang cukup besar sehingga cukup membuatnya untuk mengatasi berbagai infeksi dalam tubuh.

Selain itu fungsi dari vitamin C yang lain ialah mempermudah penyerapa zat besi ke dalam tubuh. Dengan begitu, sistem imun tubuh akan dapat bekerja dengan baik tanpa takut terserang oleh beberapa zat berbahaya.

Nah, itulah 5 manfaat wortel selain untuk kesehatan mata, selain daya manfaatnya yang besar makanan berjenis sayur ini juga memiliki citarasa yang enak ketika diolah. Walau begitu tetap tidak akan mengurangi kadar yang terdapat di dalamnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya