by

Ini Ternyata 6 Rekomendasi Minuman Sehat saat Pandemi

Di musim pandemi seperti saat ini, masyarakat harus benar-benar menjaga mineral tubuh dengan cara mengetahui rekomendasi minuman sehat saat pandemi, supaya tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Namun sayangnya, tidak semua minuman bisa menjadi mineralisasi yang baik, yang ada justru bisa mempercepat masuknya virus ke dalam tubuh.

Nah, atas dasar hal tersebut, maka di bawah ini akan dijelaskan tentang minuman apa saja yang bagus diminum di masa pandemi covid 12. Ulasannya sederhana namun detail, supaya pembaca benar-benar memahami serta tertarik untuk mempersiapkannya. Ini dia minuman-minuman yang dimaksud:

1. Susu Murni
Susu murni
istockphoto

Pada saat pandemi melanda, tubuh manusia benar-benar rentan terhadap serangan virus baik influenza biasa hingga covid 19. Nah, salah satu fitonutrien yang bisa mencegah masuknya virus adalah protein dan kalsium yang keduanya ada di dalam susu.

Walaupun demikian bukan berarti semua susu bisa diminum dengan sembarangan. Susu yang dimaksud adalah susu murni yang tidak dicampur dengan bahan-bahan yang lain. Apalagi susu yang sudah difragmentasi yang tentu efek negatifnya jauh lebih banyak daripada sisi positifnya.

Susu terbaik yang bisa dikonsumsi di masa pandemi adalah susu yang langsung dibeli di peternakan. Biasanya, susu yang dijual masih steril dari senyawa apapun sehingga kadar kalsium dan proteinnya masih ideal. Susu inilah yang bisa dikonsumsi setiap hari untuk membantu memproduksi imunitas tubuh.

2. Air Putih
wanita muda asia sporty minum air setelah jogging - water potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Saat wabah sedang melanda, tubuh manusia tidak boleh sampai mengalami dehidrasi. Sebab, jika virus sudah kadung masuk ke dalam tubuh yang kering, ia akan mudah menempel dan sulit untuk dibersihkan. Akhirnya, virus leluasa untuk merusak organ-organ penting seperti paru-paru dan jantung.

Nah, untuk menghindari dehidrasi, tentu masyarakat harus banyak meminum air putih. Alasannya karena air putih mengandung senyawa mineral yang akan membuat tubuh tetap basah. Kondisi ini yang sejatinya akan membuat virus tidak mudah melekat di dalam organ vital.

Baca Juga  10 Dampak yang Akan Ditimbulkan Jika Kamu Tidak Mengonsumsi Sayuran

Silakan minum air putih minimal 18 gelas untuk satu hari. Ini batas minimal, sedangkan kalau jumlahnya lebih banyak tentu itu lebih dianjurkan. Namun, pastikan tidak mengonsumsi semua air putih melainkan air yang sudah direbus sampai matang terlebih dahulu.

3. Jus Buah
gelas dengan jus sayuran dan buah organik segar - fruit juice potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Rekomendasi minuman sehat saat pandemi yang juga dianjurkan diminum, adalah jus buah terutama jus buah yang mengandung vitamin C. Hal ini dikarenakan oleh sifat nutrisi ini yang bisa menjadi antioksidan bagus untuk imunitas atau kekebalan tubuh.

Sedangkan di musim pandemi seperti saat ini, tentu imunitas atau kekebalan tubuh sangat dibutuhkan. Penyakit apapun  tidak akan mundah menyerang jika imunitas ini sudah bagus. Maka wajar kalau pemerintah menggalakkan banyak mengonsumsi buah.

Coba makan buah minimal satu kali satu hari. Terutama buah yang berwarna kuning atau oranye, karena buah semacam ini memiliki kandungan vitamin c yang lebih banyak dibandingkan buah yang lain. Selain itu, harganya juga murah dan mudah didapat seperti buah jeruk, pepaya dan tomat.

4. Air Kelapa Muda
wanita muda asia menikmati air kelapa di restoran - coconut water potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Tidak benar jika ada orang yang mengatakan air kelapa muda bisa menyembuhkan covid 19. Yang benar, adalah air kelapa muda bagus untuk imunitas dan antibodi sehingga minuman ini bagus dikonsumsi untuk mencegah serangan covid 19. Ini dua hal yang berbeda yang satu menyembuhkan sedangkan yang satu mencegah.

Nah, jika ingin sehat di musim wabah, tentu minum air kelapa muda sangat dianjurkan asalkan tidak berlebihan. Apabila terlalu over, yang ada tubuh menjadi lemas bahkan tekanan darah bisa turun dengan sangat cepat. Yang bagus adalah minum air kelapa muda maksimal satu minggu satu kali saja.

Baca Juga  Sebagai Hiasan Hingga Bermanfaat untuk Kesehatan: Yuk Lebih Mengenal Daun Ivy!

Usahakan air kelapa muda yang akan diminum adalah air kelapa muda yang masih murni. Maksudnya yang tidak dicampur dengan bahan lain apalagi yang telah ditambahkan minuman bersoda. Ini sangat tidak bagus karena justru bisa membuat perut kembung dan begah.

5. Air Rendaman Jeruk
 orange water potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Rekomendasi minuman sehat saat pandemi yang paling bagus berikutnya ialah air rendaman buah jeruk. Silakan pilih jeruk biasa ataupun jeruk lemon karena semuanya memiliki kandungan vitamin C yang sama-sama tinggi.

Minuman semacam ini sudah viral dan banyak diminum oleh masyarakat. Cara pembuatannya juga mudah, karena tinggal memotong buah jeruk menjadi dua bagian, lalu masukkan ke dalam botol yang telah berisi air di dalamnya. Diamkan beberapa menit lalu diminum secara teratur.

Minuman ini tidak hanya enak ketika diminum tetapi juga mudah dibawa kemanapun pergi. Apalagi saat ini sudah ada botol kemasan berukuran mini, yang bisa dimasukkan ke dalam tas atau ditenteng. Jadi silakan buat air rendaman jeruk lalu masukkan ke botol untuk diminum demi meningkatkan imunitas diri.

6. Madu
secangkir teh dengan menuangkan madu dan lemon. latar belakang abu-abu. - honey potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Minuman yang terakhir adalah madu yang dianggap bisa mengatasi masuknya covid ke dalam tubuh. Madu adalah makanan yang berasa manis yang akan larut jika dimasukkan ke dalam cairan. Nah salah satu fungsi dari minuman ini adalah untuk menghangatkan badan.

Terkadang influenza disebabkan oleh tubuh yang terlalu dingin. Sehingga penghangatan dengan cara berolahraga atau berjemur di pagi hari sampai berkeringat sangat dianjurkan. Lain daripada itu, ternyata meminum madu juga bisa dijadikan sarana untuk menghangatkan badan dan mencegah flu.

Oleh karena alasan di atas, maka di zaman pandemi sekarang ini, madu juga perlu diminum. Namun tidak setiap hari dan tidak dalam kondisi demam. Sebab, jika kondisi tubuh sedang meriang lalu minum madu, tentu tensi panasnya akan semakin tinggi.

Baca Juga  Jarang Anda Ketahui, Daun Beluntas Ternyata Memiliki Banyak Manfaat yang Baik untuk Kesehatan

Itulah beberapa rekomendasi minuman sehat saat pandemi yang perlu dipersiapkan oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Sebab, pandemi di RI sudah semakin merajalela dan telah banyak memakan korban. Jadi, mari menjaga diri dan awali dengan rutin meminum minuman yang sehat dan menyehatkan.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait