by

Beragam Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui!

Pasti kamu sudah sangat mengenal tentang buah tropis yang bernama dragon fruit atau buah naga. Yap, Benar Sekali! Buah ini selalu mudah menarik perhatian dengan kulitnya yang berwarna merah tua, yang begitu indah dan juga terdapat sisik seperti kulit naga pada buahnya.

Lalu, tahukah kamu jika dragon fruit atau buah naga berasal dari tanaman kaktus Hylocereus? Ya, itu juga benar! Jadi, buah naga ini tumbuh di kaktus Hylocereus, yang juga dikenal degan julukan Ratu Honolulu,karena bunganya yang terbuka di malam hari.

Awalnya nih, tanaman ini berasal dari Meksiko Selatan hingga AmerikaTengah, tetapi hebatnya tanaman ini sudah bisa ditanam di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tuntas tentang manfaat buah naga dalam kesehatan, simak lengkapnya di bawah ini. Check it out!

1. Mengandung Prebiotik, yang Baik untuk Kesehatan Usus

Sebenarnya, prebiotik memiliki peran penting pupuk yang memiliki manfaat, untuk perkembangan bakteri baik dalam sistem pencernaan kita. Nah, salah satu varieta buah naga yang sering kita jumpai, yaitu buah naga berdaging merah dengan biji berwarna hitam ini memiliki banyak kandunagn oligosakarida.  

Kandungan tersebut tersedia sangat melimpah sebagai salah satu jenis prebiotik dalam buah naga. Dalam suatu penelitian, mengungkapkan bahwa oligosakarida dalam buah naga ini, dapat memicu pertumbuhan bakteri lactobacilli dan bifidobacteria, yang dikenal sebagai probiotik penting dalam tubuh.

2. Ketahui Bahwa Buah Naga Baik untuk Pencernaan

Yang paling penting nih! Bahwa buah naga adalah buah rendah kalori yang tinggi akan kandungan serat, dimana serat tersebut memiliki peran penting untuk kesehatan pencernaan. Serat-serat tersebut juga dapat mengurangi risiko kanker tertentu, penyakit kardiovaskular dan juga obesitas.

Jadi,ketahui bahwa dengan mengonsumsi satu gelas buah naga yang mengandung tujuh gram serat, akan membantumu memenuhi jumlah kebutuhan serat harian minimum yang direkomendasikan.

3. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daging buah naga memiliki kandungan vitamin juga beberapa mineral yang kaya akan antioksidan. Salah satunya kandungan vitamin C, yang sangat bagus untuk sistem kekebalan tubuh. Selain itu, antioksidan tersebut juga akan membantu tubuh kamu untuk mencegah kerusakan sel dan penyakit degeneratif.

4. Baik untuk Membantu Mencegah dan Melawan Kanker

Buah naga mengandung tiga antioksidan utama, yang salah satunya adalah hydroxycinnamates, dimana kelompok senyawa ini telah menunjukkan aktivitas antikanker, yang dapat mencegah adanya sel kanker dalam tubuh.

Buah naga juga mengandung likopen suatu senyawa kuat yang juga sering ditemukan dalam tomat, dan telah terbukti memiliki manfaat dalam melindungi dari racun kimia secara alami.

5. Membantu Menstabilkan Gula Darah

Serat dalam buah naga tidak hanya bagus untuk kesehatan pencernaan kamu, tetapi juga membantu untuk menjaga keseimbangan gula darah.

Maka, dengan menambahkan buah naga ke dalam makanan, kamu akan dapat membantu menstabilkan gula darah, setelah memakan makanan yang meningkatkan glukosa lainnya.

6. Menyehatkan Jantung Loh!

Buah naga merupakan sumber yang baik dari flavonoid, yang merupakan pigmen antioksidan yang memiliki dampak positif pada kesehatan jantung. Dengan varietas buah naga berdaging merah yang sangat tinggi, akan kandungan betalain yang membantu untuk menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat.

Selain dari daging, bahkan bijinya yang berwarna hitam juga enak dimakan, juga kaya akan kandungan lemak omega-3 dan omega-9 yang baik untuk kesehatan jantung, dan tentunya juga masih memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh.

7. Dapat Meningkatkan Kadar Besi

Tentunya kamu pasti tahu, bahwa zat besi memiliki peran penting untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh hingga mencapai organ. Ini juga diperlukan untuk metabolisme, pertumbuhan, dan perkembangan di antara banyak proses-proses rumit lainnya pada tubuh.

Jadi, jika kamu ingin meningkatkan simpanan zat besi kamu secara alami dalam tubuh, maka pertimbangkan untuk menambahkan buah naga ke dalam konsumsi makanan kamu.

Kandungan vitamin C membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Jadi kamu dapat mengunsumsinya setiap enam ons buah naga cincang karena menyediakan 1,26 mg zat besi.

8. Sehat untuk Kulit Kamu

Ternyata, buah naga yang memiliki banyak kandungan vitamin C tidak hanya untuk meningkatkan kekebalan tubuh saja, tetapi juga dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, sehingga dapat membantu menjaga kulit kamu terlihat sehat dan muda loh!

9. Dapat Membantu Mendukung Tulang yang Sehat

Buah naga mengandung magnesium, suatu mineral penting untuk menjaga sistem kerangka tubuh yang kuat. Jadi, jika kamu ingin meningkatkan kesehatan tulang, maka kamu dapat mengonsumsi satu cangkir buah naga, yang menyediakan hingga 80 mg magnesium, dimana jumlah tersebut adalah seperempat dari total rekomendasi untuk konsumsi harian minimum.

Buah naga merupakan salah satu buah yang mudah untuk disiapkan juga dinikmati, bahkan kamu dapat menikmatinya sendiri atau dengan dipasangkan dengan makanan lain yang menyehatkan. Jadi, secara keseluruhan, buah naga adalah buah yang unik dan enak dikonsumsi untuk menambah variasi pada jumlah makanan.

Meski buah naga terlihat cukup eksotis dengan kulit buahnya yang berwarna merah, tetapi dari segi rasa buah ini mirip dengan buah-buahan lainnya. Untuk lebih mudahnya, rasanya digambarkan sebagai persilangan yang sedikit manis antara kiwi dan pir.

Bagaimana? Bukankah buah naga adalah buah yang padat akan nutrisi? Jadi, sudah siapkah kamu untuk mulai mengonsumsi dan menyukai dragon fruit atau buah naga ini? Selamat Menikmati!

Baca Juga  Pengen Es Cincau Serut Untuk Buka Puasa? Berikut Resepnya

Comment

Artikel Terkait