by

Ini Loh 6 Tips Sehat Saat Pandemi yang Pasti Oke

Ketika pandemi melanda negeri, maka kesehatan manusia menjadi satu keniscayaan. Paling tidak, imun harus benar-benar kuat, supaya penyakit tidak mudah menyerang apalagi sampai membuat diri kolaps. Oleh sebab itu, sangat perlu kiranya dijelaskan tips sehat saat pandemi, supaya imunitas dan antibodi manusia tetap terjaga.

Nah, terkait dengan hal tersebut, maka di artikel kesehatan berikut ini, akan dijabarkan tentang tips apa saja yang bisa digunakan demi memiliki tubuh yang sehat. Sepertinya, tips ini sangat penting mengingat di saat ini, penyakit benar-benar menyerang laksana bah. Jadi silakan disimak tips berikut ini.

1. Makan Makanan Bergizi
Tips sehat saat pandemi
Ilustrasi (istockphoto)

Makan makanan bergizi merupakan ikhtiar manusia supaya tubuh tetap sehat. Ini merupakan jenis usaha harian yang paling standar, karena bisa dipastikan tidak ada satu manusia pun di dunia ini yang tidak membutuhkan makanan.

Maka dari itu, kalau ingin sehat di musim pandemi, masyarakat harus lebih bersemangat lagi untuk menyantap makanan yang bergizi. Seperti makan sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin C. Makanan semacam ini yang bisa membentuk imunitas dan antibodi diri sehingga mampu melawan virus.

Penekanan di sini bukan terletak pada makanannya tetapi pada nutrisinya. Sekalipun makan setiap hari tetapi makanan yang dikonsumsi justru mengandung purin tinggi atau kolesterol, tentu itu juga tidak menyehatkan. Maka, yang dimaksud makanan bergizi adalah makanan yang nutrisinya berimbang.

2. Rajin Berolahraga
ibu dan anak melakukan yoga bersama - sporty potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Isoman atau isolasi mandiri bukan berarti masyarakat harus berdiam diri di dalam rumah dengan kondisi pintu dan jendela tertutup rapat. Mereka dilarang untuk beraktivitas di luar rumah sekalipun hanya berolahraga di halaman.

Bukan ini yang dimaksud dengan isoman, melainkan hanya membatasi pergerakan dengan tidak pergi ke lokasi yang jauh dari rumah. Maka dari itu, isi isoman apalagi PPKM ini dengan rajin berolahraga sekalipun hanya sebatas stretching atau pemanasan barang beberapa menit saja.

Baca Juga  Cara Meredakan Nervous di Segala Situasi

Olahraga ini diperlukan untuk membantu proses pembakaran tubuh. Jika proses ini berjalan maksimal, tentu secara otomatis nutrisi dari makanan yang dikonsumsi setiap hari akan terpencar menjadi imun dan anti bodi. Makanya, kalau tubuh sedang berkeringat, pasti tubuh juga merasa ringan dan enteng.

3. Istirahat dengan Teratur
relaksasi gaya hidup sederhana dengan wanita bisnis kerja asia gaya hidup sehat memudahkan beristirahat di hotel yang nyaman atau ruang tamu rumah memiliki waktu luang dengan ketenangan pikiran dan keseimbangan kesehatan diri - break potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Tips sehat saat pandemi yang ketiga ialah istirahat dengan teratur. Terapkan waktu istirahat yang dianjurkan yaitu delapan jam perhari dan kurangi waktu bergadang sampai tengah malam apalagi sampai dini hari.

Bisa dipastikan, orang yang kurang tidur akan berefek pada kondisi tubuh. Selain mata mudah mengantuk, kondisi tubuh juga lemah dan lelah. Nah, kalau kondisi semacam ini tetap dipelihara, tentu di masa pandemi semacam ini, tubuh akan mudah sakit.

Untuk mencegah hal ini, tentu masyarakat harus menjaga waktu tidur. Usahakan setelah jam 22.00 malam, tidak ada lagi aktifitas dan usahakan untuk segera naik ke pembaringan. Bangunnya pun jangan sampai kesiangan karena yang bagus adalah jam 4-5 subuh.

4. Tidak Stres atau Depresi
hubungan dengan alam - no stress potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Semua orang terimbas pandemi covid 19. Oleh sebab itu, masyarakat jangan sampai takut berlebihan apalagi sampai terpikirkan di dalam otak. Lebih baik, hilangkan rasa was-was dengan melakukan ikhtiar kewaspadaan seperti menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

Berpikir yang over atas sebuah penyakit bukan merangsang munculnya imun tetapi justru membuat pikiran menjadi stres. Efeknya adalah tubuh juga merespon pikiran tersebut dengan abnormalitas. Makanya dikatakan kalau pikiran terlalu tertekan, resikonya badan kurus kering bahkan bisa membuat orang kehilangan nyawa.

Jadi, di masa pandemi semacam ini, hilangkan rasa takut agar pikiran tidak stres. Lakukan saja apa yang ingin dilakukan selama itu tetap berpegang teguh pada protokol kesehatan. Setelah itu, pasrahkan kepada Allah karena dia-lah yang menyembuhkan manusia bukan yang lain.

Baca Juga  Cepat Mahir Dalam Berenang, Inilah Tips Belajar Berenang Bagi Pemula
5. Perbanyak Meminum Air Putih
gadis kecil menawarkan air mineral bersih untuk penyegaran tubuh - drink water potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Air putih adalah mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Sedangkan fungsinya ialah untuk melakukan mineralisasi terhadap organ tubuh supaya bisa bekerja sesuai fungsinya. Jika diibaratkan tubuh manusia adalah kendaraan, maka air putih adalah oli yang mencegah mesin mengalami aus.

Silakan minum air putih dengan banyak ketika sedang pandemi. Ini juga sebagai perangsang munculnya imun serta untuk mengatasi dehidrasi. Yang umum adalah meminum air sebanyak 18 gelas perhari. Namun untuk kondisi semacam ini apalagi di musim kemarau yang panas, masyarakat bisa meminum 20 sampai 25 gelas perhari.

Masyarakat juga harus memperhatikan kualitas dari air minum yang akan diminumnya. Usahakan minum air yang dimasak terlebih dahulu untuk mencegah adanya bakteri jahat di dalam air. Air mineral kemasan juga bisa diminum asalkan tidak ada kandungan senyawa jahat di dalam komposisi.

6. Berdoa
pandangan belakang pria muslim asia berdiri sambil mengangkat tangan dan berdoa - pray potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Jika ingin tubuh sehat di masa pandemi, silakan panjatkan doa yang terbaik. Sebab, hanya Allah lah yang mendatangkan penyakit dan Allah juga yang telah menurunkan obatnya. Dari segala tips yang ada, ini merupakan langkah terpenting yang harus dilakukan dan jangan sekali-kali ditinggalkan.

Doa juga bisa menjadi spirit dan semangat diri untuk terus hidup. Sebab, di dalam doa ada pengharapan yang tidak mungkin ditolak oleh Allah. Bahkan dalam kemahakuasaannya, Dia tidak akan membiarkan umatnya mendapatkan kesusahan kecuali pahala yang besar telah menanti asalkan manusia ikhlas menjalani.

Itulah beberapa tips sehat saat pandemi. Silakan dijalankan jika memang ingin memiliki imunitas tinggi dan spirit hidup yang besar. Selamat menjalankan dan semoga ada manfaatnya.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait