by

Ingin Sehat? Mari Menjaga Kesehatan Tulang dengan Ini!

Tulang merupakan organ manusia yang harus dijaga kesehatan dan keberadaannya. Termasuk harus terhindar dari pengeroposan yang disebut osteoporosis. Dan perlu diketahui, tulang keropos tidak hanya menyerang orang yang lanjut usia saja, anak usia sekolah dan remaja pun juga banyak yang mengalaminya.

Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan tata cara menjaga tulang agar tidak keropos. Sehingga organ ini masih bisa berfungsi dengan baik membantu manusia supaya bisa bergerak dan beraktivitas sehari-hari. Jadi silakan dibaca ini penjelasan-penjelasan selengkapnya:

1. Berjemur di Bawah Terik Matahari

wanita muda berjemur di pantai - berjemur potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Cara yang paling ampuh untuk menjaga kesehatan tulang ialah berjemur di bawah terik matahari. Terutama di pagi hari dari jam 07.00 sampai jam 09.00 pagi. Sedangkan selepas jam tersebut, maka sinar matahari sudah sangat panas dan kurang bagus kalau Anda berada di luar rumah.

Anda juga bisa memilih siang hari jam 14.00. Karena di jam tersebut, sinar matahari mulai menurun dalam artian suhu di kala itu sudah sedikit sejuk karena sudah mau menjelang sore. Nah, silakan berjemur di waktu-waktu tersebut maksimal 25 menit agar tulang bisa mendapatkan Vitamin D dengan jumlah yang banyak.

2. Jangan Berhenti Berolahraga

orang-orang melakukan latihan peregangan konsep cinta transgender festival kebanggaan parade lgbt - olahraga ilustrasi stok

Kalau Anda ingin memiliki tulang yang sehat maka rajinlah berolahraga. Dan tidak harus pergi ke gerai fitnes yang mahal, lari kecil memutari komplek setiap pagi sudah cukup untuk membuat tulang lebih bagus. Bahkan Anda juga bisa tercegah dari osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Nah, olahraga ini harus dilakukan oleh siapapun tanpa memandang usia. Baik ia anak kecil maupun lansia, harus tetap berolahraga dengan bentuk olahraga sesuai usianya. Artinya, jika sudah di atas 50 tahun tentunya sudah tidak layak berolahraga yang berat seperti maraton apalagi sepak bola.

Baca Juga  Sangat Baik Dikonsumsi, Inilah Manfaat Sayur dan Buah Bagi Tubuh

Karena olahraga ini, di usia yang tidak ideal justru akan menimbulkan masalah baru. Salah satunya bisa membuat serangan jantung mendadak hingga masalah dengan hernia. Maka dari itu, cerdaslah ketika memilih olahraga yang akan dilakukan. Pilihlah yang sekiranya tidak akan menimbulkan penyakit baru yang lebih berbahaya.

3. Jangan Lupa Menu dengan Nutrisi Kalsium

makanan tinggi kalsium - kalsium potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Setiap orang yang ingin sehat, maka harus makan makanan yang bernutrisi. Nah, makanan yang untuk menyehatkan tulang adalah makanan yang dipenuhi kalsium di dalamnya. Seperti tempe, tahu, susu, ikan salmon dan sayuran hijau. Makanan-makanan inilah yang harus ada setiap hari.

Sekalipun demikian bukan berarti harus makanan itu saja yang dimakan melainkan diimbangi dengan nutrisi yang lain. Seperti buah yang mengandung vitamin C, daging yang sarat dengan protein dan selainnya. Nah, kalau makanan ini dimakan setiap hari tentu tulang, gigi dan kulit akan lebih sehat.

4. Minum Suplemen Tulang

tulang - suplemen tulang potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Cara menjaga kesehatan tulang yang berikutnya ialah minum suplemen tulang. Akan tetapi, Anda harus memastikan kalau suplemen tersebut bebas dari efek samping. Kalau sekiranya membahayakan lebih baik tinggalkan dan pilih cara yang alami namun aman saja. Apalagi kalau suplemen tersebut berbahan kimia.

Suplemen tulang banyak dijual di apotik dan gerai fitnes. Anda tinggal memilih saja yang mana yang diinginkan. Harganya cukup mahal dibandingkan suplemen yang lain. Jadi, silakan pikir secara matang apakah tetap menggunakannya atau tidak. Dan pilihan seluruhnya ada di tangan Anda.

5. Cegah Badan Mengalami Obesitas

makan sehat dan kontrol tekanan darah - diet potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kalau Anda ingin memiliki tulang yang sehat maka cegahlah badan Anda untuk mengalami obesitas atau berat badan yang berlebihan. Karena ternyata, OB membuat kualitas tulang manusia terus menyusut yang membuatnya rentan mengalami osteoporosis. Bahkan, orang yang gemuk lebih mudah mengalami kram dan cedera otot dibandingkan badannya yang ideal.

Baca Juga  9 Manfaat Jogging untuk Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui

Nah, banyak cara untuk mencegah obesitas. Di antaranya menghindari makanan yang mengandung kalori cukup tinggi, rajin berolahraga di pagi hari, tidak suka bergadang sampai larut malam dan selainnya. Anda juga harus menghentikan kebiasaan makan makanan siap saji atau Junk Food.

6. Perhatikan Asupan Garam bagi Tubuh

close up wanita kaukasia menambahkan garam di sisi cerah telur sambil berdiri di dapur di samping kompor. - garam diet potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Selain mengandung manfaat, ternyata garam juga mengandung bahaya bagi tubuh terutama yang mengonsumsinya dengan kadar berlebihan. Garam ternyata bisa mempercepat pengeroposan pada tulang. Sebab, penyedap rasa ini bersifat penghalang bagi tulang untuk menyerap kalsium. Padahal nutrisi ini dibutuhkan untuk menjaga tulang tetap sehat.

Untuk itu, silakan makan makanan asin tetapi yang tidak berlebihan. Apalagi juga ada penelitian yang menyatakan kalau makanan semacam ini juga menjadi penyebab hipertensi atau gangguan darah tinggi. Tentunya ini juga menjadi bahaya yang luar biasa karena masih menjadi penyebab nomor satu munculnya penyakit berbahaya bagi tubuh.

7. Hindari Minuman Beralkohol

konsumsi alkohol yang tidak terkontrol - drunk potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Minuman beralkohol selain menjadi pemicu kejahatan, juga bisa menimbulkan masalah kesehatan. Salah satunya bisa mempercepat tulang mengalami keropos. Secara masuk akal, minuman beralkohol memiliki sifat panas yang dipaksakan masuk ke dalam tubuh manusia. Maka bukan hal yang mustahil, kalau tulang menjadi rusak karenanya.

Untuk itu, bagi yang suka meminum minuman keras, maka hentikan kebiasaan tersebut. Jagalah tulang dan jangan menunggu tua untuk berubah. Dan ingat, jika tulang sudah mengalami masalah, maka Anda tidak akan bisa melakukan aktivitas dengan nyaman. Bahkan bergerak sedikit saja sudah kesakitan.

Menjaga kesehatan tulang tidak harus dilakukan satu dua hari saja. Tetapi harus dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan. Tata caranya sudah dijelaskan di atas, jadi silakan dikerjakan dan apa yang menjadi larangannya segera ditinggalkan. Jadi, mari jaga kesehatan tulang mulai saat ini juga.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya