by

Buah Sejuta Manfaat, Berikut Jenis-jenis Jeruk dan Manfaatnya

Jeruk merupakan buah yang kaya akan manfaat untuk kesehatan, khususnya untuk memperkuat sistem imunitas tubuh supaya tidak rentan terserang penyakit. Hal ini dikarenakan jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Jeruk memiliki kandungan senyawa zeaxanthin, yaitu kandungan antioksidan yang bersifat anti inflamasi.

Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai jenis jeruk. Namun, apakah semua jenis jeruk memiliki manfaat yang sama? Di artikel ini akan dibahas mengenai jenis-jenis jeruk dan manfaatnya yang perlu kamu tahu. Yuk simak penjelasannya berikut ini!

1. Jeruk Nipis

lemon di latar belakang kayu - jeruk nipis potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jenis jeruk dan manfaatnya yang pertama adalah jeruk nipis. Jeruk nipis merupakan salah satu jenis jeruk yang paling sering dikonsumsi, dan dimanfaatkan serta sangat mudah untuk didapatkan.

Selain itu, jeruk nipis juga mudah untuk dibudidayakan. Sama halnya dengan jenis jeruk yang lain, jeruk nipis ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga bisa mencegah dari terjangkit beberapa macam penyakit ringan seperti flu.

Selain itu, jeruk nipis ini juga biasa dimanfaatkan sebagai pelengkap masakan. Biasanya, jeruk nipis disajikan bersama dengan soto untuk menambah cita rasa.

Selain sebagai pelengkap masakan, jeruk nipis biasanya juga diandalkan dan digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Jika ingin mendapatkan kebaikan vitamin C dari jeruk nipis ini, kamu bisa menjadikannya minuman dengan cara memeras jeruk nipis kemudian mencampurkannya dengan air dan madu.

2. Jeruk Limau

nasnaran mandarin di tangan - jeruk purut kecil potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jenis jeruk dan manfaatnya yang kedua adalah jeruk limau. Jeruk yang satu ini dikenal sejak dulu sebagai pelengkap masakan. Selain sebagai pelengkap masakan, jeruk limau juga memberi sejumlah manfaat lain jika dikonsumsi.

Baca Juga  4 Tips Mempertahankan Gaya Hidup Sehat

Misalnya saja, dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menyehatkan kulit, membantu penyerapan zat besi, mencegah penyakit gagal ginjal, hingga mengurangi risiko terserang penyakit jantung.

Namun secara fisik, jeruk limau ini berbeda dengan jeruk nipis. Tekstur kulitnya lebih menyerupai jeruk purut karena kulitnya berkerut-kerut. Hanya saja, ukuran jeruk limau jauh lebih kecil daripada jeruk purut.

Jeruk limau biasa dimanfaatkan sebagai pelengkap citarasa masakan misalnya dipakai pada sambal, kuah baso aci ataupun bumbu kacang pada siomay.

3. Jeruk Purut

iris buah bergamot atau jeruk nipis kaffir - jeruk purut  potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jenis jeruk dan manfaatnya yang selanjutnya adaalah jeruk purut. Jeruk yang memiliki tekstur kulit berkerut-kerut ini berasal dari Asia Tenggara dan bagian selatan Tiongkok.

Selain kulitnya, yang menjadikan jeruk ini khas adalah duri-duri yang terdapat pada batang pohonnya serta daunnya, yang juga bisa dimanfaatkan untuk pelangkap bumbu masakan. Hal ini dikarenakan daun jeruk purut memiliki aroma wangi yang khas, yang dapat menambah citarasa masakan.

Selain itu, air jeruk purut ini memiliki rasa yang sangat asam dan wangi, sehingga bisa juga dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Selain itu, jeruk purut ini juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Di antaranya adalah tinggi akan kandungan antioksidan dan antiinflamasi, yang dapat membantu menjaga tingkat kekebalan tubuh, meningkatkan penyerapan zat besi, menekan pertumbuhan sel kanker, serta menjaga kesehatan kulit.

4. Jeruk Lemon

kelompok lemon - jeruk lemon  potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jenis jeruk dan manfaatnya yang keempat adalah jeruk lemon. Jeruk jenis ini merupakan jeruk yang paling laris di pasaran karena dikenal memiliki sejuta manfaat, yaitu untuk kesehatan dan pelengkap masakan. Jeruk lemon ini sangat mudah dijumpai di mana-mana serta banyak dimanfaatkan untuk minuman, makanan, serta dessert.

Jeruk lemon ini memiliki kandungan asam sitrat yang lebih tinggi dibandingkan jeruk nipis sehingga terasa lebih masam. Sama halnya dengan jeruk nipis, jeruk lemon ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis pada ikan.

Baca Juga  Ini Ternyata 6 Rekomendasi Minuman Sehat saat Pandemi

Tak hanya airnya, kulit dari jeruk lemon ini juga bisa dimanfaatkan loh sobat. Biasanya kulit dari lemon diparut untuk memberikan aroma wangi yang khas pada kue atau masakan.

Selain itu, lemon juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Di antaranya adalah dapat membantu menurunkan berata badan karena kandungan polifenol di dalamnya, mencegah penyakit kardiovaskuler, serta membantu menjaga sistem kekebalan tubuh supaya tidak rentan terserang penyakit.

5. Jeruk Mandarin

jeruk mandarin matang dengan daun hijau dalam mangkuk kayu. - jeruk mandarin  potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jenis jeruk dan manfaatnya yang selanjutnya adalah jeruk mandarin. Jeruk yang kulitnya berwarna oranye ini kaya akan kadungan vitamin C ,serta sangat mudah dijumpai baik di pasar maupun di supermarket. Vitamin C yang terkandung dalam jeruk yang bisa langsung dikonsumsi ini adalah sebesar 26% dari kebutuhan harian tubuh.

Selain itu, jeruk mandarin juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan. Di antaranya adalah dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh, meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh, mengurangi risiko terserang penyakit gagal ginjal dan penyakit jantung, melancarkan sistem pencernaan, serta menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

6. Jeruk Bali

tahun baru cina - situasi pasar pagi - jeruk bali potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Berbeda dari jeruk-jeruk sebelumnya yang memiliki ukuran relatif kecil, jeruk yang satu ini memiliki ukuran yang lebih besar. Ya, jeruk ini adalah jeruk bali. Jeruk bali memiliki ciri khas yang membedakannya dengan jeruk lainnya, yaitu kulitnya yang tebal dan bertekstur halus serta daging buahnya yang berwarna merah muda.

Jeruk bali ini bisa dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan serat harian. Hal ini dikarenakan dalam satu buah jeruk bali terdapat kadnungan serat sebanyak 6 gram. Umumnya, manusia membutuhkan 25 gram serat untuk konsumsi harian, jadi, konsumsi jeruk bali ini bisa membantu memenuhi kebutuhan serat harian, yang tentu saja akan sangat bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan.

Baca Juga  Menderita Insomnia? Ini 5 Makanan Yang Bisa Bikin Tidur Nyenyak

Itulah 6 jenis-jenis jeruk beserta manfaatnya yang harus kamu ketahui. Pada umumnya, jeruk memiliki manfaat yang sama yaitu tinggi akan kandungan vitamin C, yang dapat membantu menjaga ketahanan tubuh serta membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya