by

Begini Cara Mencegah Jentik Nyamuk yang Paling Tepat dan Tentunya Aman

Jentik nyamuk merupakan sejenis makhluk yang sangat membahayakan hidup manusia. Bahkan, penyakit demam berdarah yang dibawanya tergolong penyakit mematikan yang bisa menyerang siapa saja termasuk anak kecil. Untuk itu, mari belajar cara mencegah jentik nyamuk untuk menghindari masalah ini terjadi.

Ada beberapa cara untuk mencegah jentik nyamuk masuk ke dalam rumah. Silakan pakai cara-cara ini, jika memang ingin menghapus kekhawatiran kalau anggota keluarga akan diserang penyakit demam berdarah. Jadi yuk kita simak ulasan berikut ini.

1. Menutup Bak Mandi

Cara mencegah jentik nyamuk yang pertama ialah menutup bak mandi supaya jentik nyamuk tidak masuk dan bertelur di sana. Hal ini perlu dilakukan karena bak mandi tidak setiap hari dikuras. Makanya untuk meminimalisir masuknya jentik, bak mandi harus ditutup terutama di malam hari atau ketika tidak sedang digunakan.

Nyamuk sendiri memang suka bertelur lalu ditempatkannya di air yang tergenang atau diam. Makanya, bak mandi bisa menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang sangat efektif. Jadi, sangat wajar kalau kondisi kamar mandi yang gelap, pasti banyak nyamuk mengitari bak mandi karena memang di sana tempat hewan ini beranak pinak.

Untuk itu, jangan biarkan bak mandi terbuka dalam waktu lama. Apalagi jika air di dalamnya tidak pernah dikuras dalam waktu lama. Dijamin, pasti ada jentik nyamuk di sana yang siap tumbuh menjadi nyamuk dewasa yang mematikan. Kalau sudah ini yang terjadi, maka terlambat sudah apalagi jika keluarga tidak begitu mementingkan pola hidup yang sehat.

2. Jangan Biarkan ada Air Menggenang Sedikitpun

Sudah saya jelaskan di muka, kalau nyamuk akan meletakkan telurnya di air yang tidak bergerak atau air yang menggenang. Kalau ini dibiarkan, lama kelamaan telur akan menetas lalu jadilah jentik nyamuk dan akan terus berkembang menjadi nyamuk dewasa.

Baca Juga  7 Tips Sederhana Agar Tidak Mudah lelah

Maka dari itu, tutup akses perkembangbiakan nyamuk dengan cara tidak membiarkan air menggenang sedikitpun di rumah. Buang segera jika menemukannya sebelum nyamuk berhasil bertelur di dalamnya. Terutama di musim penghujan, yang mana air menggenang di mana-mana.

Ya, memang musim penghujan yang perlu diwaspadai karena ruang nyamuk untuk bertelur sangat besar. Jika bukan diri sendiri yang membuang air menggenang tersebut, tentu penyebaran penyakit demam berdarah akan semakin spartan. Risikonya adalah keluarga sendiri bisa terancam dengan kondisi semacam itu.

3. Menaburkan Obat Anti Jentik ke Bak Mandi

Jika dengan menutup bak mandi, tidak cukup untuk membunuh jentik nyamuk yang kadung masuk ke dalamnya, maka silakan taburkan obat anti jentik ke dalam bak mandi. Namun pastikan kadarnya tidak terlalu berlebihan, karena bisa mengubah air itu sendiri sehingga tidak bisa digunakan untuk mandi dan selainnya.

Selain itu, silakan gunakan obat anti jentik nyamuk yang benar-benar aman dan tidak membahayakan. Paling tidak obat tersebut memang sudah dianggap layak pakai oleh BPOM, dan dinyatakan memang tidak akan menimbulkan efek samping bagi manusia.

Sejatinya pemakaian obat anti jentik nyamuk cukup untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk demam berdarah. Apalagi jika air di bak mandi dikuras setiap saat dan selalu ditutup ketika sudah tidak digunakan. Ini yang terkadang menjadi solusi pencegahan sebelum benar-benar melakukan pengobatan penyakit.

4. Memelihara Ikan Predator Kecil

Jentik nyamuk adalah makhluk yang berbahaya dan jangan sampai tumbuh menjadi nyamuk dewasa. Apalagi saat ini, demam berdarah masih menjadi pembunuh nomor satu untuk anak-anak di Indonesia. Memang harus sebisa mungkin mencari solusi agar jentik ini tidak masuk ke dalam rumah.

Baca Juga  Waspada Masker Medis Palsu! Jangan Khawatir Begini Cara Mudah Membedakannya

Nah, salah satu cara untuk mencegah masuknya jentik adalah dengan memelihara ikan predator kecil di dalam bak mandi. Nantinya ikan ini akan memakan habis jentik yang ada di dalam bak mandi sampai habis tidak tersisa. Anda juga tidak perlu khawatir, nyamuk akan terus bertelur di sana karena ikan ini juga akan terus memakannya.

Ikan predator kecil ini banyak dijual di pinggir jalan. Harganya juga murah bahkan Anda bisa langsung memancing sendiri di sungai. Biasanya, ikan jenis air tawar yang berukuran kecil juga suka memangsa jentik nyamuk. Maka dari itu, mari beli atau pancing sekarang juga lalu letakkan di bak mandi.

5. Buat Air yang Mengalir

Sebisa mungkin untuk menghindari perkembangbiakan nyamuk, Anda harus membuat bak mandi dengan sistem air mengalir. Pasalnya, nyamuk tidak suka bertelur di air dengan kondisi semacam ini, sehingga potensi jentik berkembang menjadi nyamuk dewasa tidak akan pernah terjadi.

Jika pun tidak bisa menerapkan sistem ini, Anda harus mengganti air setiap waktu minimal dua atau tiga kali sehari. Memang ini berkesan sangat merepotkan tetapi tidak mengapa toh demi keselamatan seluruh anggota keluarga. Nantinya juga tidak akan sebanding dengan biaya perawatan jika demam berdarah kadung menyerang.

Membuat kamar mandi tanpa bak sesungguhnya juga solusi yang sangat cerdas. Anda cukup menggunakan shower saja yang meminimalisir terjadinya genangan air di dalam kamar mandi. Anda juga tidak perlu menutup bak mandi untuk mencegah jentik masuk ke dalamnya.

Nah, itulah beberapa cara mencegah jentik nyamuk yang harus dilakukan jika ingin terbebas dari penyakit demam berdarah. Mari jaga seluruh keluarga dari penyakit ini jika ingin berkumpul dengan mereka dalam waktu yang lama. Ingat penyakit demam berdarah masih menjadi penyakit pembunuh manusia yang nomor satu terutama di Indonesia.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait