by

Baik untuk Kesehatan, Berikut Manfaat Telur yang Harus Diketahui

Telur merupakan salah satu bahan pangan yang tidak boleh ditinggalkan, dalam pemenuhan kebutuhan terkait asupan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Sumber gizi yang ada di dalam telur yaitu protein, merupakan salah satu kandungan penting yang sangat baik untuk tubuh. Jadi sangat wajar, jika Anda atau mayoritas orang sering mengkonsumsi telur dalam setiap harinya.

Selain digunakan sebagai lauk pauk dalam sehari-hari atau sebagai menu pelengkap, telur seringkali digunakan untuk bahan campuran dalam pembuatan bermacam-macam camilan, terutama roti dan kue-kue kering.

Jika Anda memutuskan untuk mengkonsumsi telur dalam setia hari, buatlah kreasi telur sebanyak mungkin agar tidak mudah bosan. Berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai manfaat telur, chek this out!

1. Merupakan Bahan Makanan Dengan Kandungan Gizi Tertinggi

Manfaat pertama dari konsumsi telur adalah sumber gizi bagi tubuh, karana telur sendiri merupakan salah satu bahan makanan yang mempunyai gizi tinggi.

Dalam segi kandungan setiap satu butir telur mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin A, folat, vitamin B5, vitamin B12, hingga fosfor. Selain itu juga ada kandungan baik lainnya seperti lemak sehat dan protein.

Jadi bisa disimpulkan bahwa terdapat banyak kandungan pada telur sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat. Dari dulu hingga sekarang, sudah tidak asing lagi jika telur tetap menjadi bahan yang paling penting untuk pemenuhan gizi.

Bahkan menjadi salah satu menu sempurna untuk tubuh di samping susu, sayuran, dan juga daging. Jadi mulai sekarang konsumsilah telur secara rutin.

2. Dapat Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Jantung

Selain mempunyai peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan gizi serta asupan protein pada tubuh, telur dipercaya dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

Baca Juga  5 Alasan Pentingnya Membersikan Lingkungan Sekitar

Pada dasarnya kolesterol low-density lipoprotein (LDL), merupakan salah satu kandungan kolesterol yang buruk dan jahat bagi tubuh. Alasannya karena kolesterol LDL mengangkut molekul lemak masuk ke dalam dinding arteri.

Meskipun demikian, tidak semua kandungan pada kolesterol LDL mempunyai ukuran yang sama, melainkan ada beberapa jenis berbeda sesuai dengan ukurannya.

Ada beberapa penelitian mengenai kolesterol LDL yang mempunyai partikel kecil dan lebih padat, yang sangat berdampak lebih buruk daripada LDL dengan partikel yang besar, karena LDL kecil mempunyai resiko lebih tinggi.

3. Dipercaya Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak

Manfaat berikutnya yang bisa Anda ketahui dengan rutin mengkonsumsi telur dalam setiapa hari, yaitu mampu meningkatkan kecerdasan otak.

Hal itu berasal dari sebuah kandungan nutrisi kolin yang mempunyai efek baik bagi kesehatan otak. Sehingga banyak sekali para orang tua yang ingin anaknya cerdas, selalu memenuhi kebutuhan nutrisi lewat konsumsi telur.

Secara umum kandungan nutrisi kolin adalah sebuah komponen terpenting dari membran sel, yang sangat dibutuhkan untuk mensintesis asetilkolin.

Ada sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurangnya asupan kandungan kolin, kerap dikaitkan dengan masalah seperti gangguan saraf serta penurunan fungsi kognitif, sehingga akan berakibat buruk bagi otak.

4. Sangat Baik Bagi Kesehatan Mata

Selain mempunyai efek baik bagi otak dalam meningkatkan kecerdasan, telur juga mempunyai manfaat baik bagi kesehatan mata.

Hal ini dikarenakan adanya 2 kandungan antioksidan dalam telur seperti zeaxanthin serta lutein, yang mampu menutrisi mata dengan baik. Sehingga kesehatan mata Anda pun semakin terjaga sesuai dengan kerutinan dalam mengkonsumsi telur.

Selain itu, antioksidan dalam telur juga dapat mengurangi resiko degenerasi katarak dan manula, dimana 2 kondisi tersebut, merupakan masalah yang kerap diidap pada orang tua dan menyebabkan gangguan penglihatan.

Baca Juga  Semakin Sehat dan Awet Muda, Berikut Manfaat Berjalan Kaki Secara Rutin yang Bisa Kamu Dapat

Ada sebuah studi membuktikan, bahwa dengan mengkonsumsi kuning telur secara rutin setiap hari dalam jumlah cukup, akan meningkatkan zeaxanthin.

5. Dapat Mengontrol Nafsu Makan dan Juga Menurunkan Berat Badan

Manfaat selanjutnya dari konsumsi telur yang harus dan wajib Anda ketahui, yaitu dapat mengontrol nafsu makan dan juga bisa menurunkan berat badan.

Dalam mengontrol nafsu makan kandungan pada telur yaitu makronutrein, mampu memberikan efek kenyang yang panjang atau awet. Sehingga Anda tidak kerap mengalami kondisi lapar yang sering jika mengkonsumsi telur dengan teratur.

Selain hal tersebut, telur juga dapat menurunkan berat badan, karena kondisi yang selalu kenyang, sehingga berat badan pun akan turun secara signifikan dan drastis.

Jadi tidak heran jika banyak orang yang ingin menurunkan berat badan lewat diet, selalu mengkonsumsi telur untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi pada tubuh.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bagi Anda yang sering mengalami masalah sering sakit-sakitan atau bahasa mudahnya sering terkena penyakit, Anda bisa mengonsumsi telur secara teratur mulai dari sekarang.

Telah dipercaya bahwa telur dapat meningkatkan daya imunitas pada tubuh, hal itu diperkuat karena adanya kandungan selenium pada telur yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, telur juga dapat mengatur hormon tiroid. Jadi, banyak dari para orang tua yang ingin anaknya sehat dan juga baik-baik saja, lebih baik anjurkan dalam setiap hari untuk selalu mengkonsumsi telur.

Tidak hanya bagi anak kecil saja, tetapi bagi remaja atau orang dewasa harus memenuhi kebutuhan asupan selenium, yang berperan penting dalam menjaga imunitas tubuh.

7. Dapat Menguragi dan Mencegah Stres Berlebih

Manfaat terakhir dari konsumsi telur secara rutin adalah mampu mengurangi dan mencegah gejala stres. Jika Anda sedang dalam kondisi tertekan secara mental, akibat pekerjaan atau masalah dalam kehidupan, mulai sekarang sering-seringlah untuk mengkonsumsi telur.

Baca Juga  7 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan, Bisa Bikin Awet Muda Juga Loh!

Hal ini diperkuat dengan adanya sebuah penelitian, yang menjelaskan bahwa untuk mengurangi tingkat kecemasan yang berlebih, diperlukan sebuah cara guna melengkapi diet populasi dengan lisin secara signifikan.

Demikian pembahasan mengenai beberapa manfaat telur yang bisa membuat tubuh menjadi baik dan sehat. Semoga dapat membantu Anda dalam segi wawasan, serta mampu menjadi sebuah referensi untuk hidup sehat dalam kedepannya. Tapi tetap harus seimbang dalam pemenuhan protein dalam tubu, agar kesehatan tetap terjaga dan terkontrol secara baik.

Comment

Artikel Terkait