by

7 Manfaat Air Jeruk Nipis untuk Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

Jeruk nipis merupakan buah yang memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Khususnya, buah yang satu ini sejak dulu diandalkan sebagai booster alami untuk memperkuat imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dalam jeruk nipis yang sangat tinggi. Selain itu, masih banyak sekali manfaat lain dari jeruk nipis. Meskipun rasanya kecut, manfaat air jeruk nipis untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. 

Cara menikmati jeruk nipis pun bisa membuat lebih nikmat ketika dinikmati. Yuk simak manfaat jeruk nipis untuk kesehatan berikut ini beserta cara menikmatinya.

1. Meningkatkan Sistem Imunitas atau Kekebalan Tubuh

Manfaat air jeruk nipis yang pertama adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan atau kekebalan tubuh. Sejak dulu, kandungan vitamin C dalam jeruk nipis memang telah dikenal dan dapat diandalkan untuk menjadi booster alami bagi tubuh.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah jeruk nipis membuat dapat meningkatkan kekebalan tubuh, cocok dikonsumsi di masa-masa pandemi seperti ini. 

Selain itu, buah jeruk nipis ini juga sangat mudah didapatkan. Mulai dari karena pohonnya ada di sekitar kita, membeli di pasar tradisional, atau membeli di tukang sasyur keliling.

Cara mengonsumsinya pun sangat mudah. Cara paling nikmat untuk mendapatkan manfaat dari jeruk ini adalah dengan cara sebagai campuran membuat teh. Cukup dengan membuat teh seperti biasanya dan tambahkan sedikit perasan jeruk nipis. Selain kaya akan vitamin C, menambahkan perasan air jeruk nipis ke dalam teh juga dapat membuat teh menjadi terasa lebih nikmat loh.

2. Dapat Membakar Lemak di Dalam Tubuh, Baik untuk Diet

Manfaat air jeruk nipis yang selanjutnya adalah dapat membakar lemak dalam tubuh, sehingga bagus untuk kalian yang sedang mencoba melakukan diet. Hal ini dikarenakan jeruk nipis memiliki kandungan bernama asam sitrat, yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Jika metabolisme tubuh meningkat, akan lebih banyak lagi kalori yang terbakar dan tubuh kita akan menyimpan lebih sedikit lemak. 

Baca Juga  Tips Pola Hidup Sehat Saat Ramadan: Gimana ya Caranya Biar Saat Puasa Bisa Tetap Bugar?

Cara mengonsumsinya pun cukup mudah. Kamu bisa mencampurkan perasan air jeruk dengan air hangat lalu langsung meminumnya, atau dengan mencampurkan sedikit madu sebagai perasa. Atau bisa juga dengan cara menjadikan jeruk nipis ini sebagai infused water. Masukkan sari jeruk nipis ke dalam botol berisi udara sehingga bisa diminum setiap saat. 

Kamu bisa mendapatkan manfaat ganda sobat. Mengapa? Karena selain dapat membakar lemak, kamu juga akan mendapatkan manfaat bermanfaat vitamin C dalam jeruk nipis yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Meningkatkan Kualitas Sistem Pencernaan

Selanjutnya, manfaat air jeruk nipis adalah untuk meningkatkan kualitas pencernaan atau memperlancar proses mengatur makanan. Hal ini disebabkan karena sifat asam dari air jeruk nipis yang dapat membantu liur memecah makanan. Jika proses pemecahan makanan yang masuk ke dalam mulut berjalan dengan lebih baik, sudah pasti pencernaan dapat menjadi lebih baik.

Selain itu, air jeruk nipis juga diperkaya dengan kandungan flavonoid yang dapat menyebabkan sekresi cairan tubuh. Sifat asam dari jeruk nipis juga dapat membersihkan sistem ekskresi dan mengaktifkan usus, sehingga air jeruk nipis ini juga ampuh untuk mengatasi.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat jeruk nipis yang keempat adalah dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini disebabkan karena jeruk nipis kaya akan kandungan magnesium dan potasium, sehingga sangat baik untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung. 

Selain itu, di dalam jeruk nipis juga terdapat kandungan kalium. Kandungan kalium ini dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan atau memperlancar sirkulasi darah.

Jika tekanan darah tidak terkendali dalam jumlah yang stabil serta tekanan darah lancer, tentu saja kesehatan jantung dapat lebih terjaga. Penyakit-penyakit yang cukup berbahaya seperti stroke dan serangan jantung, pun dapat terhindarkan dan lebih kecil kemungkinannya. 

Baca Juga  Berguna Bagi Kesehatan, Inilah 5 Manfaat Daun Kelor yang Jarang Diketahui!
5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat air jeruk nipis yang kelima adalah dapat menurunkan gula darah. Hal ini dikarenakan buah jeruk nipis hanya mengandung sedikit indeks glikemiks. Indeks glikemiks yang rendah dapat membuat tubuh menyerap gula ke dalam aliran darah. 

Cara menikmatinya juga tidak susah. lakukan seperti cara-cara di atas sesuai dengan yang kamu suka. 

6. Mengurangi Terjadinya Peradangan Sendi

Manfaat air jeruk nipis yang selanjutnya adalah dapat mengurangi terjadinya peradangan sendi. Peradangan sendi tersebut disebabkan karena banyak sekali hal. Salah satu cara yang efektif untuk mencegah dan mengurangi terjadinya peradangan sendi adalah dengan mengonsumsi air jeruk nipis. 

Kandungan vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis, dipercaya dapat meredakan gejala nyeri Sendi dan beberapa kondisi lain yang menyebabkan nyeri sendi terasa. Selain itu, jika kamu memiliki permasalahan dengan asam urat yang tinggi, air jeruk nipis ini dapat diandalkan untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. 

Itulah beberapa manfaat air jeruk nipis untuk kesehatan beserta cara menikmatinya. Jeruk nipis memang dikenal memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Cara mendapatkan jeruk nipis yang menjadi mudah, juga menjadi sangat layak untuk melengkapi minuman sehari-hari sesuai dengan bagaimana kebutuhan tubuh kamu. 

Namun yang perlu diingat, tetap  hati-hati adalah kandungan vitamin C dalam jeruk nipis yang sangat tinggi dan bersifat asam. Kandungan jeruk nipis yang asam ini tentu saja tidak baik, untuk kamu yang punya permasalahan dengan penyakit maag dan asam lambung.

Bagi Anda pengidap penyakit maag dan asam lambung tersebut, tidak disarankan untuk terlalu sering mengonsumsi air jeruk nipis. Hal ini dikarenakan sifat asam dari jeruk dapat membuat penyakit maag kambuh, dan meningkatkan produksi asam lambung dalam lambung yang dapat memicu terjadinya maag. 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya