by

6 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol yang Aman dan Murah

Makanan untuk menurunkan kolesterol adalah solusi mudah dan murah daripada harus berobat yang sangat mahal. Maka dari itu, kamu harus tahu makanan apa saja tersebut supaya bisa segera mempersiapkannya di rumah.

Nah, terkait dengan alasan di atas, maka tentu berkepentingan untuk menyampaikan makanan-makanan anti kolesterol yang aman, murah dan tentunya banyak dijual di pasar.

Untuk itu, silakan baca artikel ini sampai selesai karena ulasannya seputar makanan yang bagus untuk menurunkan kolesterol. Ini makanan yang dimaksud:

1. Buah Alpukat
Alpukat
istockphoto

Buah alpukat adalah buah yang bagus untuk menaikkan kolesterol baik (HDL), sehingga besar kemungkinan kolesterol jahat (LDL) juga akan menurun karenanya. Untuk konsumsinya sendiri tergantung kamu apakah akan dibuat salad atau langsung dikonsumsi sehabis makan.

Salah satu keunggulan buah alpukat ialah memiliki kandungan fitonutrien yang sangat lengkap. Bukan hanya mengandung serat dan asam lemak tak jenuh, buah berasa unik ini juga mengandung fitosterol dan polifenol yang bagus untuk mengatasi kolesterol berlebihan.

Mari jaga tubuh dengan menghindari penumpukan kolesterol jahat di dalamnya. Kalau ingin yang murah, tentu kamu bisa menggunakan buah alpukat yang harganya sangat terjangkau serta buahnya mudah didapat. Jadi, persiapkan sekarang juga di kulkas rumah, supaya ketika ingin dimakan bisa langsung dipersiapkan.

2. Kacang Almond

kacang almond dikupas dalam mangkuk kaca di atas meja kayu dengan cahaya matahari di pagi hari. - kacang almond potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Tidak semua kacang-kacangan bagus untuk menurunkan kolesterol apalagi kacang tanah, yang dianggap sebagai pencetak kolesterol yang cukup tinggi pada tubuh. Kacang yang terbilang bagus untuk kolesterol adalah kacang almond yang kamu sudah bisa mendapatkannya di Indonesia.

Kacang almond merupakan makanan jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Fitonutrien kacang almond yang paling bagus adalah asam lemak tak jenuh, serat dan omega 3 yang bagus untuk sirkulasi darah dan pencegah hipertensi.

Baca Juga  Inilah Dampak Buruk Begadang Bagi Kesehatan, Bisa Berisiko Kematian!

Jika kamu penyuka ngemil tetapi tidak ingin gemuk, coba makan kacang almond. Kandungan serat di dalamnya akan membantu menjaga pencernaan tetap sehat, sehingga tidak akan ada penumpukan lemak di dalam perut. Ulasan ini merupakan manfaat kacang almond selain untuk menurunkan kolesterol jahat yang disingkat LDL.

3. Gandum Utuh
9 butir roti - gandum potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Makanan untuk menurunkan kolesterol yang juga aman dan mudah dibuat adalah gandum utuh. Menurut ahli kesehatan, gandum utuh yang disebut juga dengan istilah oatmeal bagus untuk menurunkan kolesterol karena mengandung serat larut bersifat anti LDL.

Tak hanya itu, Gandum utuh juga mengandung komposisi nutrisi yang bekerja sebagai pro kardio yang artinya, makanan ini juga bagus untuk mencegah serangan jantung dan jantung koroner. Makanya, semua masyarakat dianjurkan untuk makan gandum minimal setiap sarapan pagi.

Sekalipun gandum utuh tidak termasuk makanan pokok di Indonesia, tetapi makanan ini sudah banyak yang menjualnya. Kamu bisa mencarinya di super market terdekat atau membeli gandum yang sudah berbentuk biskuit rendah lemak dan gula.

4. Sayuran Hijau
makanan sehat mentah bersih makan sayuran sumber protein vegetarian - sayuran hijau potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Jika kamu makan, jangan sampai meninggalkan menu yang terdapat sayuran hijau di dalamnya. Usahakan, makanan ini dipersiapkan sebelumnya karena manfaatnya bagi tubuh sangat besar termasuk bisa menurunkan kolesterol LDL dan diabetes.

Sayuran hijau yang bagus untuk dikonsumsi di antaranya ialah kangkung, bayam, brokoli dan sawi hijau. Namun pastikan, sayur-sayur ini dicuci terlebih dahulu untuk membuang kuman yang ada di dalamnya. Setelah itu, bayam atau kangkung direbus atau ditumis lalu disantap setiap saat.

Sayuran hijau tidak hanya bagus untuk kolesterol tetapi juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Makanya, banyak kaum perempuan menjadikan sayuran hijau sebagai sarana diet ketat, yang menyehatkan dan tidak ada efek samping yang dihasilkan.

Baca Juga  Enak dan Unik, Berikut Ini Jenis-Jenis Sosis yang Ada di Dunia!
5. Buah Jenis Bery
buah dan campuran bery jatuh ke dalam mangkuk dengan susu dan percikan pada latar belakang merah muda. - bery potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Buah yang bagus untuk kesehatan tidak hanya buah buahan lokal tetapi juga yang datang dari luar seperti buah jenis berry. Jenis buah yang dimaksud di antaranya buah strawberry, blueberry dan raspberry. Menurut ahli gizi buah, buah-buahan ini bersifat anti glukosa dan pro HDL.

Sifat buah berry di atas, sejatinya menjadi alasan mengapa buah-buahan ini bisa menurunkan kolesterol LDL dengan menaikkan HDL. Sebab, jika HDL tinggi, tentu secara otomatis LDL atau kolesterol jahat akan menurun. Ini merupakan proses alamiah yang memang nyata terjadi di dalam tubuh manusia.

Selain itu, sifat anti glukosa di dalam buah berry, juga menandakan kalau buah jenis ini bagus sebagai pengontrol kadar gula darah. Makanya, jika kamu rajin mengonsumsi strawberry, potensi untuk diserang diabetes atau kencing manis sangat kecil.

6. Minyak Zaitun
minyak zaitun dan zaitun terisolasi pada latar belakang putih reflektif - minyak zaitun potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Minyak zaitun termasuk makanan untuk menurunkan kolesterol yang bagus untuk dikonsumsi oleh masyarakat termasuk umat Islam. Sebab, minyak zaitun tergolong jenis makanan yang juga dijadikan obat oleh Rosulullah selain habbatus saudah atau jinten hitam.

Kandungan minyak zaitun hampir setara dengan madu, yaitu sama memiliki polifenol dan asam lemak tak jenuh. Dua kandungan fitonutrien inilah yang menjadi alasan mengapa minyak zaitun dianggap bisa menurunkan kolesterol jahat, sekaligus untuk melancarkan sirkulasi darah.

Jika sirkulasi darah lancar, tentu pergerakan metabolisme di dalam tubuh juga lancar. Sebab, kadar darah yang masuk ke dalam organ vital seperti jantung, paru-paru dan ginjal terpenuhi sehingga organ-organ ini bisa bekerja dengan sangat maksimal.

Nah, itulah narasi tentang makanan untuk menurunkan kolesterol yang bisa dipersiapkan di rumah kamu. Jangan lupa, makanan-makanan yang dipilih harus yang steril dan kamu harus mencucinya terlebih dahulu sebelum dimasak sampai matang.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait