by

5 Masalah Kesehatan di Musim Penghujan yang Cukup Membahayakan

Jika musim hujan telah datang, udara memang terasa lebih sejuk dan teduh. Akan tetapi, ada satu perihal negatif yang juga sering terjadi bersamaan dengan musim penghujan yaitu munculnya berbagai jenis penyakit.

Oleh sebab itu, kiranya sangat perlu untuk dijelaskan terkait masalah kesehatan di musim penghujan, supaya Anda bisa mendapatkan informasi yang penting darinya.

Masalah Kesehatan di Musim Penghujan

Dengan adanya masalah kesehatan yang dimaksud, maka seharusnya Anda tetap waspada manakala musim penghujan telah tiba.

Usahakan imunitas harus tetap dijaga dengan cara rajin berolahraga dan memakan makanan yang bergizi. Nah, kalau Anda ingin tahu masalah kesehatan seperti apa yang harus dihindari, maka silakan baca di sini:

1. Flu atau Pilek

It's the season of sneezes Cropped shot of a young man suffering with flu while sitting wrapped in a blanket on the sofa at home flu stock pictures, royalty-free photos & images

Penyakit yang sering terjadi pada saat musim penghujan adalah flu atau pilek. Gangguan kesehatan ini disebabkan oleh virus influenza yang menyerang saluran pernafasan dan sistem pencernaan. Sedangkan ciri-ciri dari gangguannya ialah Anda akan mengalami hidung tersumbat, bersin-bersin hingga demam yang tinggi.

Flu yang terjadi di musim penghujan, memiliki progresifitas lebih tinggi daripada penyakit flu yang terjadi di saat musim kemarau. Pasalnya, virus ini lebih cepat berkembang biak ketika suhu di sekitar sangat dingin.

Oleh sebab itu, kalau Anda sedang flu diharuskan untuk selalu menghangatkan badan serta tidak dianjurkan menggunakan kipas angin ketika beristirahat.

Flu karena influenza tergolong penyakit kategori ringan. Anda cukup beristirahat minimal 3-5 hari saja dan flu akan segera sembuh. Yang terpenting, pantangan penyakit flu harus dihindari seperti mandi saat senja serta meminum minuman bersoda dan minuman dingin. Usahakan juga Anda tidak melakukan olahraga berat saat terserang flu, karena hal tersebut justru membuat badan terasa linu dan lemas.

Baca Juga  Cermati Apa Itu Gaya Hidup Sedentary, Supaya Nggak Mager!
2. Demam

Asian Chinese young girl sick lying on the bed with thermometer in her mouth.  flu stock pictures, royalty-free photos & images

Masalah kesehatan di musim penghujan yang berikutnya adalah munculnya demam tubuh yang sangat tinggi. Ini sering terjadi di musim penghujan dikarenakan saat itu cuaca kadang tidak menentu. Di malam hari, terkadang cuaca sangat panas, namun di siang hari cuaca bisa sangat dingin. Sehingga anomali ini berefek terhadap kondisi panas dingin tubuh, apalagi jika imunitas memang sedang tidak baik.

Oleh sebab itu, kalau musim penghujan sudah tiba, Anda harus benar-benar menjaga kesehatan dengan baik dan serius. Seperti tidak bergadang di malam hari atau mandi hujan saat cuaca lingkungan sedang panas. Dua hal inilah yang menjadi pemicu utama terjadinya demam pada tubuh.

Jika demam sedang melanda tubuh, Anda harus memperbanyak mengonsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi. Anda juga tidak boleh terlalu sering beraktivitas di luar ruangan, terutama saat cuaca panas dan saat hujan rintik-rintik. Ini penting untuk diperhatikan karena jika demam sudah kadung menyerang, Anda pasti malas untuk beraktivitas dikarenakan badan terasa tidak nyaman.

3. Penyakit Rematik

taste "A male person, having gout related pain in his metatarsophalangeal joint. XXL size image." sick foot stock pictures, royalty-free photos & images

Sejatinya, penyakit rematik bisa muncul di musim apapun baik di musim kemarau maupun di musim penghujan. Akan tetapi, ketika musim penghujan telah datang, progresifitas penyakit ini akan semakin bertambah. Bahkan rasa sakitnya akan semakin menjadi-jadi sampai membuat si pasien akan kesulitan untuk bergerak.

Sebisa mungkin, orang yang memiliki riwayat rematik tidak mandi manakala suhu lingkungan sedang dingin. Sebab, efek dingin pada tubuh akan memicu otot semakin nyeri dan perih. Termasuk jangan pernah mandi air hujan karena hal tersebut sangat membahayakan bahkan bisa mengancam nyawa.

Mandi yang bagus untuk pasien rematik di musim penghujan adalah di pagi hari dan siang hari. Sedangkan sore ke belakang sudah tidak cocok karena suhu air dan lingkungan di saat itu begitu dingin.

Baca Juga  Madu Asli Dari Hutan Aceh Yang Sudah Teruji Kasiatnya

Anda juga harus memperhitungkan kondisi dengan cerdas. Jika memang sedang terjadi hujan, usahakan tidak mandi sekalipun siang hari. Lebih baik diusapkan air hangat saja ke seluruh badan lalu keringkan menggunakan handuk.

4. Sakit Kepala

Young Asian woman with hand on forehead lying in bed and feeling sick  headache stock pictures, royalty-free photos & images

Sakit kepala merupakan gangguan kesehatan yang lumrah terjadi di segala macam musim. Dan pening yang terjadi di musim penghujan, biasanya disebabkan oleh kepala yang kehujanan tetapi Anda tidak langsung membilasnya dengan menggunakan air hangat. Akibatnya, kepala terasa pusing dengan volume yang cukup mengganggu.

Kalau Anda kehujanan, segera pulang ke rumah lalu mandi menggunakan air hangat yang diguyur dari atas kepala. Jangan lupa untuk menggunakan shampo supaya kepala yang terasa berat menjadi sedikit ringan. Kalau ini tidak dilakukan tentu Anda akan merasa pusing. Sebab saat kehujanan, sejatinya hanya kepala Anda yang dingin karena tersiram air hujan, sedangkan di waktu tersebut tubuh secara keseluruhan justru sedang dalam keadaan panas.

Nah, karena tubuh yang sedang hangat mendapatkan hawa dingin secara mendadak, tentunya akan terjadi perubahan metabolisme yang cukup cepat. Efeknya bagi tubuh adalah kepala terasa pusing yang terkadang disertai dengan demam. Sejatinya, air hujan tidak akan menimbulkan penyakit. Namun kondisi tubuh Andalah yang sejatinya tidak siap untuk bersentuhan dengan air hujan.

5. Demam Berdarah

tiger mosquito tiger mosquito on skin. proboscis inserted and feeding. belly full with blood. dengue fever stock pictures, royalty-free photos & images

Penyakit yang harus diwaspadai saat musim penghujan adalah demam berdarah. Sebab, penyakit yang cukup berbahaya ini lebih sering terjadi di musim tersebut daripada di musim kemarau. Ironisnya, penyakit demam berdarah mudah menyerang siapa saja, terutama anak-anak sekalipun tidak dimungkiri ada juga orang dewasa yang mengalaminya.

Penyakit demam berdarah disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes. Nah, nyamuk dengan ciri-ciri bintik putih ini akan cepat berkembang biak saat musim penghujan datang. Sebab, di lingkungan banyak ditemukan genangan air yang bisa ditempati oleh jentik nyamuk sekaligus jentik akan menetas di sana.

Baca Juga  Agar Tak Stres, Ikuti 8 Tips Melewati Hari-Hari Selama Isolasi Mandiri di Rumah

Maka dari itu, jika musim penghujan sudah datang, segera bersihkan rumah Anda. Buang semua genangan air serta tutup semua wadah yang bisa dijadikan tempat berkembangnya jentik nyamuk demam berdarah. Ingat, kalau demam berdarah sudah kadung menyerang, nyawa Anda bisa terancam.

Sekarang sudah waktunya masuk musim penghujan. Itu, artinya Anda harus mencegah terjadinya masalah kesehatan di musim penghujan yang sebagian telah dijelaskan di atas. Mari mencegah daripada mengobati karena sehat itu mahal dan vital.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait