by

5 Manfaat Sayuran Seledri yang Jarang Sekali Diketahui!

Pernahkah kamu membuat makanan atau lauk yang gurih dan nikmat? Pastinya di dalamnya terdapat seledri bukan? Bukan tanpa alasan, seledri merupakan bahan rempah yang sangat dibutuhkan oleh suatu masakan agar terasa nikmat dan gurih. Contohnya saja, tahu lontong, perkedel, soto dan rujak.

Terlepas dari fungsi seledri sebagai penyedap rasa dalam makanan, ternyata daun mungil satu ini bisa dijadikan sebagai bahan kesehatan loh! Karena hampir semua sayuran memiliki fungsi dan manfaatnya sendiri, termasuk juga seledri ini. Mau tahu apa saja manfaat seledri dalam dunia kesehatan? Cek penjelasannya berikut ini!

Kandungan Seledri

Membahas mengenai seledri tentunya kamu pasti pernah tahu rempah yang biasa digunakan ibu-ibu dapur untuk penyedap rasa bukan? Sayur berukuran kecil ini nyatanya sangat laku untuk rempah masak. Selain karena rasanya juga dikarenakan manfaat yang dapat kamu peroleh darinya.

Sebut saja sayuran ini apium graveolens (latin), merupakan sayuran dengan kingdom plantae dan memiliki klad angiospermae. Tumbuhan ini memiliki daun berbentuk gemuk agak menjari dengan ketinggian umum mencapai maksimal 1 meter. Rupanya daun seledri sudah eksis sejak ditemukannya beberapa ratus abad yang lalu sebagai obat kesehatan.

Seiring berkembangnya waktu penggunaan seledri tak hanya terbatas pada khasiatnya tetapi juga rasa. Namun kebanyakan orang di masa kini tak terlalu mengerti manfaat seledri. Dengan alasan berguna bagi kesehatan, tentu saja seledri memiliki kandungan yang berbeda dengan sayuran lainnya.

Kandungan yang terdapat pada tumbuhan apium ini seperti, kalori, lemak, sodium, karbohidrat, serat, gula dan protein. Dari ketujuhnya ini masih terbagi menjadi zat kecil lain yang berfungsi membangun kesehatan tubuh. Untuk kandungan paling dominan dipegang oleh kalori dengan persentase 5,6 kalori per 40 gramnya. Sedangkan kandungan terendah ialah protein dengan 0,3 protein per 40 gram.

Baca Juga  9 Manfaat Kembang Pacar Air untuk Kesehatan
Manfaat Seledri bagi Kesehatan

Melihat kandungan seledri yang bermacam-macam, tentu saja hal ini sebanding dengan manfaat yang diperoleh ketika mengonsumsinya. Penasaran dengan beragam manfaatnya? Berikut daftarnya!

Mencegah Kanker

Siapa sangka sayuran hijau mungil ini dapat mencegah resiko penyakit sekelas kanker? Bukan tanpa alasan, pasalnya di dalam seledri sendiri terdapat turunan zat dari kandungan di atas. Tiada lain ialah antioksidan dan juga apigenin sebagai flavonoid. Kedua zat ini merupakan pencegah terjadinya kerusakan serius dalam organ dalam.

Fungsi dari antioksidan sendiri ialah mengurangi risiko zat yang berbahaya dalam tubuh seperti proses toksifikasi racun. Adapun untuk apigenin yang berperan sebagai flavonoid, mempunyai fungsi memperkuat kekebalan tubuh dan melindungi dari kerusakan dengan membunuh sel penyebab kanker.

Terlepas dari 2 zat di atas, seledri masih memiliki zat lain bernama polycetylenes, yakni sebuah zat yang berperan sebagai pengurang aksi toksifikasi sama seperti antioksidan. Dengan bantuan ketiga zat di atas, maka tubuh akan terlindungi dari zat berbahaya sekaligus memperkuat daya imun tubuh terhadap zat toxic.

2. Penurun Berat Badan

Siapa sih di sini yang suka diet tetapi tidak kesampaian? Mungkin kamu mengonsumsi makanan yang masih memiliki banyak kalori ataupun memang tidak niat secara fisik. Tetapi jangan khawatir, untuk kamu yang sampai saat ini belum menyerah untuk diet masih ada program diet terbaru. Salah satunya ialah mengkonsumsi jus seledri.

Jus seledri? Mungkin belum semua orang pernah mencicipi atau melihatnya. Tetapi hal ini memang fakta manfaat terbaiknya bagi tubuh. Jadi sesuai pernyataan di atas mengenai kandungan seledri, sayuran ini memiliki sedikit kalori per gramnya, jadi sangat cocok jika digunakan sebagai program diet.

Baca Juga  Rekomendasi Tempat Wisata di Surabaya Selain Mall yang Wajib Kamu Kunjungi

Caranya kamu hanya tinggal memetik seledri sekitar 4-5 batang seledri, lalu cuci sampai bersih dan masukkan ke dalam blender. Supaya tidak hambar berilah gula secukupnya, jika telah selesai diblender minumlah jus ini sesudah sarapan dan malam sebelum tidur.

3. Menyembuhkan Sembelit

Sering kesulitan saat buang air besar? Mungkin kamu memiliki kadar serat rendah. Penyakit sembelit biasanya terjadi karena tubuh mengalami kekurangan serat dengan sangat ekstrim. Adapun bahan obat yang pantas digunakan untuk mengatasi hal ini ialah jambu dan seledri. Mengingat kedua makanan ini penuh dengan serat dan mudah kenyang jika memakannya.

Kamu bisa membuat seledri menjadi jus atau dimakan secara mentah. Untuk lebih baiknya kamu bisa mencampurnya ke dalam makanan sop. Dijamin berhasil!

4. Mengurangi Peradangan

Dalam dunia kesehatan, peradangan disebabkan karena stress oksidatif karena radikal bebas yang menumpuk terlalu banyak dalam tubuh. Zat berbahaya ini akhirnya memicu aktivitas peradangan, tetapi jangan khawatir seledri mempunyai penangkal untuk semua itu., ialah zat phyonutriens sebuah kandungan yang mampu menurunkan kadar zat bahaya.

Zat phyonutriens memiliki fungsi sebagai antioksidan tubuh dan bertugas mengurangi frekuensi zat berbahaya di atas. Jadi tak heran jika seledri mampu berperan dengan baik dalam mengatasi masalah peradangan.

5. Mencegah Batu ginjal

Manfaat seledri yang terakhir ialah pencegah resiko batu ginjal. Hal ini dikarenakan kandungan zat kalium dan juga mineral yang tinggi. Dengan ini, maka cukup menjadi alasan mengapa seledri mampu mencegah batu ginjal, karena ketinggian mineral akan lebih mudah melarutkan zat berbahaya dan mencegah pengendapan di saluran kemih.

Dengan tidak adanya zat berbahaya yang mengendap di saluran kemih, maka dalam memproses urine ginjal akan bekerja secara optimal dan tidak terjangkit penyakit kembali.

Baca Juga  6 Rekomendasi Destinasi Wisata di Sumatera

Nah, itulah 5 manfaat seledri bagi kesehatan manusia, jika kamu mengalami ataupun mempunyai sanak yang berpenyakit seperti di atas tidak ada salahnya untuk membuktikannya, bukan?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya