by

5 Manfaat Minum Teh di Pagi Hari, Ternyata Baik Bagi Kesehatan!

Teh merupakan salah satu minuman yang paling populer di dunia selain kopi dan juga susu, hal ini turut diakui oleh sebuah fakta bahwa dalam teh sendiri terkandung berbagai kandungan bermanfaat yang baik untuk tubuh. Namun tahukah kamu bahwa kebiasaan meminum teh memiliki waktu tersendiri? Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Teh umumnya dikonsumsi untuk orang-orang yang tidak suka kopi maupun susu, waktu konsumsi teh yang baik ialah saat pagi hari menjelang siang. Banyak orang yang tidak tahu akan hal ini, mereka biasanya meminum teh di jam istirahat atau senggang.

Namun tahukah kamu bahwa terdapat manfaat minum teh jika dilakukan pada waktu pagi hari? Lalu apa saja manfaat tersebut dari segi kesehatan? Berikut informasinya!

Kandungan Teh

teh hijau - teh potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kamu pernah pergi jalan-jalan ke gunung ataupun bukit di dataran tinggi? Mungkin ketika sedang perjalanan kamu akan melihat berbagai tumbuhan berdaun mini terhampar dimana-mana. Itulah cikal bakal dari minuman yang akan kita kenal sebagai teh ini, minuman yang akrab disajikan sebagai teman makan ini terbuat dari saripati daun teh yang sudah dikeringkan terlebih dahulu.

Bernama lain Tea dalam bahasa latin, jenis minuman yang berwarna coklat keemasan ini ternyata berasal dari daerah Tiongkok kuno. Negeri pendekar ini merupakan penghasil teh terbesar di masa lalu, bahkan mereka yang juga mempopulerkan jenis flora ini ke dunia luar.

Seiring perkembangan zaman, teh akhirnya tersebar di seluruh dunia dan mampu tumbuh dengan baik di kawasan khatulistiwa, salah satunya Indonesia.

Di dalam daun teh sendiri terdapat beraneka macam kandungan yang menguntungkan bagi tubuh manusia. Beberapa kandungan tersebut antara lain zat polifenol, asam amino, karbohidrat, protein, klorofil, senyawa organik, mineral dan beragam vitamin. Dari kesemuanya ini kandungan yang paling berfungsi penting ialah mineral dan juga aneka kandungan kimia.

Baca Juga  Beragam Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui!

Zat mineral berfungsi untuk menyeimbangkan aktivitas tubuh, sedangkan untuk zat kimia semacam kafein, theobromin, theofolin, kalium, fluor, natrium serta katekin berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Yang mana dalam perannya hal ini dapat membantu aktivitas tubuh dan sebagai perlindungan atas zat berbahaya di dalam sel. Beberapa kandungan tersebut merupakan salah satu manfaat minum teh yang dilakukan secara rutin.

Manfaat Minum Teh di Pagi Hari

menyegarkan secangkir kopi panas di kafe - morning tea potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Setelah kamu mengetahui apa saja kandungan yang terdapat di dalam saripati daun teh, ada baiknya kamu juga mengetahui apa saja manfaat yang dihasilkan dari minum teh. Terlebih lagi jika kamu mengonsumsinya di waktu pagi hari, lalu apa saja manfaat minum teh bagi kesehatan tubuh? Berikut daftarnya!

1. Mencegah Radikal Bebas dalam Tubuh

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan dari meminum teh di pagi hari, ialah membantu mencegah adanya radikal bebas di dalam tubuh. Hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya zat kimia seperti yang sudah dipaparkan diatas.

Zat tersebut ialah katekin, sebuah zat antioksidan yang ampuh mencegah radikal bebas di dalam tubuh.  Ketika bahan makanan memiliki antioksidan dalam kandungannya, maka dipastikan zat-zat berbahaya akan sulit berkembang.

Tentu saja kandungan ini sangat penting bagi kamu yang khawatir terkena diabetes, karena serat katekin dalam teh sangat manjur untuk mengatasi molekul penyebab diabetes. Sangat bermanfaat bukan?

2. Sebagai Asupan Energi di Pagi Hari

Siapa sangka bahwa manfaat minum teh di pagi hari ternyata dapat membantu memulihkan energi yang telh hilang di hari sebelumnya. Hal ini terjadi karena peran zat kafein yang terletak dalam saripati daun teh.

Zat ini yang kemudian merangsang otak dan menghasilkan zat dopamin, serta mengakibatkan penembakan neuron dalam tubuh. Dengan begini maka tingkat kesenangan seseorang akan meninggi disertai dengan energinya.

Baca Juga  Paket Wifi Murah yang Bisa Anda Jadikan Pilihan Utama untuk Pemenuhan Kebutuhan Internet
3. Membantu Menghilangkan Rasa Stress

Manfaat ketiga dari konsumsi teh di pagi hari ialah melancarkan otak, sehingga menghilangkan rasa stress berat yang ada dalam tubuh. Hal ini terjadi karena adanya kandungan asam amino dalam saripati daun teh. Zat ini yang kemudian berfungsi sebagai zat penenang yang kemudian mengakibatkan hilangnya rasa stress.

Selain sebagai obat penenang ketika stres, kandungan kafein yang terdapat dalam the berfungsi sebagai pencegah rasa kantuk yang berlebihan. Hal ini sangat cocok untuk yang suka tidur di pagi hari.

4. Peningkatan Fungsi Otak

Pernahkah saat pagi-pagi sekali tubuh mengalami keambiguan dalam bertindak, semisal lupa akan sesuatu dan kurang fokus terhadap hal-hal penting? Hal ini disebabkan karena kurangnya zat dopamin dalam tubuh, sehingga rasa tidak bahagia menimbulkan gairah yang kurang dalam beraktivitas.

Zat dopamin sendiri berfungsi sebagai penghasil rasa nyaman dan bahagia, selain itu zat ini mampu mendobrak fungsi kerja otak sehingga akan lebih fokus terhadap hal yang seharusnya dilakukan.

5. Mencegah Kanker

Manfaat minum teh yang terakhir sekaligus yang paling fenomenal ialah teh mampu mencegah terjadinya kanker. Mengapa bisa begitu? Hal ini lagi-lagi disebabkan oleh adanya zat antioksidan yang mampu menangkis serangan radikal bebas dalam tubuh. Untuk jenis teh yang paling mujarab dalam melawan kanker ialah teh hitam. Karena dalam teh jenis ini terdapat zat polifenol dan juga antioksidan yang sangat kuat.

Selain teh hitam, teh hijau ternyata memiliki kelebihan di bidang penyembuhan terhadap penyakit tumor. Hal ini karena zat dalam teh hijau sendiri dirasa mampu menghambat pertumbuhan zat pembentuk tumor.

Nah itulah tadi manfaat minum teh di pagi hari yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan sehari-hari. Ternyata minuman asal tiongkok ini mampu mengatasi penyakit besar semisal kanker, tentu saja hal ini sangat bermanfaat di bidang medis. Mau mencobanya?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya