by

5 Cara Menjaga Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit yang Bisa Dicoba di Rumah

Sejatinya tidak ada satupun orang yang ingin sakit karena sakit sungguh tidak menyenangkan. Maka dari itu, Kamu harus mengetahui cara menjaga tubuh agar tidak mudah sakit supaya Kamu tetap bisa menjalani kehidupan dengan nyaman dan panjang umur.

Ada banyak cara menjaga tubuh supaya tetap bugar dan kebal dari segala macam penyakit. Namun teknik-teknik ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang serius saja demi memiliki tubuh yang sehat bukan orang yang asal kerja. Jika tidak ada keseriusan dalam menjalankan semua cara tentu hasilnya tidak akan maksimal bahkan tubuh akan semakin sakit.

Nah, jika keseriusan ini sudah ada di dalam jiwa maka silakan lakukan cara menjaga tubuh agar terus sehat yang akan dijelaskan di dalam artikel ini. Semoga apa yang akan diuraikan bisa menjadi tambahan semangat bagi Kamu terutama yang ingin hidup dengan nyaman. Ini dia cara-cara yang dimaksud:

1. Menjaga Pola Tidur

Cara menjaga tubuh agar tidak mudah sakit yang pertama ialah menjaga pola tidur agar tetap teratur dan berkualitas. Cara ini perlu dilakukan, karena memang sejatinya tubuh membutuhkan istirahat atau apa yang disebut dengan istilah tubuh perlu rileksasi.

Menjaga pola tidur yang dimaksud adalah membiasakan diri untuk tidur di waktu yang senantiasa tetap atau tidak berubah. Jika biasa tidur malam jam 20.00, maka lakukan pola tersebut terus menerus dan jangan diganti dengan jam tidur yang lain.

Begitu juga jika Kamu terbiasa tidur siang setiap jam 13.00 maka lakukan itu juga di waktu yang tetap setiap hari. Namun pastikan kalau tidur siang durasinya tidak terlalu lama dan yang ideal adalah 10 sampai 15 menit saja. Jika terlalu lama justru bisa mengganggu pola tidur di malam hari karena mata akan kesulitan untuk terpejam.

Baca Juga  11 Rekomendasi Fashion Style Casual Pria yang Bisa Kamu Tiru
2. Rajin Berolahraga di Pagi dan Sore Hari

Berolahraga merupakan aktivitas yang bagus untuk kesehatan karena bisa membuang detok berbahaya dari dalam badan. Semakin berkeringat karena berolahraga berarti lemak dan detok berbahaya, yang dikeluarkan juga semakin banyak yang pastinya badan juga terasa ringan dan segar.

Waktu olahraga yang baik untuk kesehatan adalah berolahraga di pagi dan sore hari. Durasinya jangan terlalu panjang cukup 10 sampai 15 menit saja, dengan model latihan olahraga yang tidak terlalu memforsir tenaga. Kamu bisa melakukan olahraga berjalan kaki, senam, bersepeda, jogging, yoga atau olahraga lain yang ringan.

Agar berolahraga lebih nyaman silakan ajak seluruh anggota keluarga untuk ikut melakukannya. Selain olahraga tidak akan membosankan, kesehatan seluruh keluarga juga terjamin dan keluarga juga tidak akan mudah sakit. Apalagi olahraga yang sudah disebutkan di atas berharga murah dan tidak akan membahayakan bagi badan.

3. Hindari Makan dengan Porsi Berlebihan

Semua yang berlebihan sejatinya tidak bagus bagi manusia baik itu manusia dewasa apalagi anak-anak. Maka dari itu, jika ingin tubuh sehat lebih baik makan dengan porsi ideal dan hindari makan dengan porsi berlebihan.

Jika lambung menampung ampas makanan dengan jumlah tinggi, tentu kinerja lambung untuk mengekstraksi makanan akan berjalan lambat. Sehingga perut terasa tidak nyaman dan akan muncul rasa begah hingga perut melilit. Jika peristiwa ini dibiarkan berlarut-larut, tentu yang datang berikutnya adalah penyakit yang akan menyerang tubuh dan merusak organ di dalamnya.

Makan dengan porsi tidak berlebihan bisa diukur dari rasa yang muncul di perut. Jika merasa sudah tidak ada ruang untuk memasukkan makanan, lebih baik hentikan makan atau bisa juga dengan mengukur rasa kenyang. Paksakan untuk berhenti makan jika dua hal ini sudah dirasakan sekalipun makanan yang ada nikmat dan memancing selera.

Baca Juga  10 Hal yang Bisa Dilakukan Setelah Melihat Pengumuman SBMPTN
4. Menghadapi Masalah dengan Kepala Dingin

Cara menjaga tubuh agar tidak mudah sakit yang keempat, adalah menghadapi masalah dengan kepala dingin atau dengan kondisi tenang. Jika otak dibiasakan berpikir semacam ini tentu otak akan sehat yang efeknya seluruh tubuh juga akan sehat.

Sebaliknya kalau otak dibiarkan berpikir mumet akibat terbiasa menghadapi masalah dengan pikiran panas tentu lama kelamaan otak juga akan stres. Ironinya tubuh juga bisa sakit akibat kejadian ini, serta Kamu tidak boleh lupa kalau pikiran-lah penyakit yang paling berbahaya dibandingkan penyakit yang lain.

Oleh karena itu mari rawat otak dengan senantiasa menggunakannya secara baik, tenang dan nyaman. Ini merupakan organ paling vital, yang tidak akan bisa terbeli jika sudah kadung rusak hanya akibat penyelesaian masalah selalu dengan kepala panas.

5. Makan Makanan Bergizi Seimbang

Makan makanan bergizi seimbang bukan makanan yang lezat dan mahal, tetapi makanan yang dalam satu porsi terdapat banyak nutrisi. Artinya jika Kamu makan lauk dengan jumlah banyak tetapi tidak ada sayur juga tidak bisa disebut makan dengan gizi seimbang, karena yang lebih dominan adalah proteinnya.

Maka dari itu, silakan makan makanan dengan gizi lengkap seperti protein, vitamin, kalsium dan karbohidrat yang kadar antara satu nutrisi dengan yang lain berukuran sama. Artinya Kamu harus makan nasi, sayur, daging, tahu dengan jumlah ideal dan akhiri dengan minum susu.

Makanan-makanan inilah yang menyehatkan daripada makanan-makanan ala kebarat-baratan yang hanya menonjolkan satu nutrisi saja. Memang dari segi rasa lebih nikmat makanan junk food tetapi dari segi faedah bagi badan tentu masih lebih sehat makanan rumahan.

Itulah beberapa cara menjaga tubuh agar tidak mudah sakit yang bisa dicoba di rumah. Jangan lupa untuk menginformasikan keterangan ini kepada seluruh keluarga dan kerabat supaya senantiasa hidup dengan selalu menjaga kesehatan.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait