by

Tips Memilih Skincare yang Aman Untuk Perawatan Tubuh

Wajib Kamu Simak nih! Tips Memilih Skincare yang Aman.

Salah satu cara untuk melakukan perawatan tubuh, khususnya kulit, ialah dengan menggunakan skincare. Skincare sendiri bermacam-macam jenisnya, hal itu tergantung fungsi skincare tersebut.

Banyak hal yang harus kamu ketahui sebelum memakai skincare, salah satunya kamu harus mengetahui keamanannya. Banyaknya orang yang membutuhkan skincare juga membuat banyak oknum-oknum tak bertanggung jawab membuat skincare abal-abal dan tidak sesuai dengan prosedur kesehatan.

Selain itu, tidak semua produk skincare cocok untuk digunakan satu orang dengan orang lainnya. Oleh karena itu, berikut tips memilih skincare yang aman.

1. Pilih Skincare yang Cocok dengan Jenis Kulitmu

Tips memilih skincareyang aman pertama ialah kamu harus memilih skincare yang cocok dengan jenis kulitmu. Setiap orang memiliki kulit yang tidak selalu sama, sehingga mereka membutuhkan skincare yang berbeda-beda pula untuk disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing.

Terdapat lima jenis kulit yang dimiliki oleh manusia, di antaranya kulit normal, berminyak, kering, kombinasi, dan sensitif. Pada umumnya setiap skincare sudah mengklaim untuk jenis kulit tertentu, sehingga kamu harus dapat benar-benar teliti sebelum menggunakan skincare.

2. Gunakan Skincare Sesuai dengan Masalah Kulit

Setiap orang pastinya memiliki permasalahan kulit yang tidak sama. Ada yang memiliki permasalahan kulit berjerawat, berminyak, kering, kusam, dan lain sebagainya.

Formula untuk menghilangkan jerawat dan untuk memutihkan kulit jelas memiliki perbedaan, maka dari itu kamu tidak bisa asal memakai skincare tanpa menyesuaikan dengan masalah kulit yang sedang kamu alami. Apabila kamu tetap nekat, ditakutkan nantinya malah menimbulkan masalah lain atau efek samping pada kulit.

3. Teliti Dahulu Komposisi Produk Sebelum Memakai

Tidak hanya makanan atau minuman yang sebaiknya diteliti dahulu komposisi yang dipunyainya, tetapi skincare juga. Dengan meneliti komposisi yang ada dalam skincare, kamu jadi mengetahui kira-kira skincare yang akan kamu beli sudah cocok dengan jenis kulitmu apa belum atau skincare yang kamu beli ini sudah benar-benar asli atau skincare palsu.

Baca Juga  5 Tips Sederhana Untuk Hidup Sehat

Selain itu, dengan mengetahui komposisi skincare, bisa saja menghindarkan kamu dari reaksi alergi yang dapat mungkin terjadi.

4. Pilih Skincare yang Memiliki Kandungan Sunscreen

Memilih skincare yang memiliki kandungan sunscreen menjadi tips memilih skincare yang aman selanjutnya. Perlindungan kulit dari sinar UV amat sangat penting, bahkan di hari yang mendung sekalipun.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu memilih produk pelembab yang memiliki kandungan SPF untuk kamu gunakan sehari-hari. Namun, ada hal yang perlu kamu perhatikan bahwa sunscreen tidak dapat bertahan di kulit seharian, sehingga kamu harus menggunakan sunscreen sesuai dengan petunjuk yang disarankan.

5. Teliti Tanggal Expired

Ini adalah hal yang sangat penting, iyap kadaluarsa atau expired. Pada umumnya skincare dan make up memiliki masa expired. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar menelitinya dengan cermat karena skincare yang sudah expired tidak dapat bekerja dengan baik untuk kulitmu.

Selain itu, dapat juga memberikan efek samping untukmu. Hal ini berlaku untuk skincare yang dijual secara bebas, untuk skincare dari resep dokter tidak boleh digunakan oleh orang lain selain kamu pastinya.

6. Pastikan Skincare Sudah Memiliki Izin BPOM

Sudah menjadi tugas dari Badan Pengawas Obat dan Makanan untuk mengawasi obat dan makanan mulai dari sebelum dan saat beredar di masyarakat. Oleh karena itu, jika suatu obat atau makanan sudah memiliki izin BPOM bisa dipastikan bahwa produk tersebut aman.

Walaupun tidak semua produk yang tidak mendapat izin BPOM artinya berbahaya. Namun, untuk berjaga-jaga sebaiknya pilih saja produk yang memang sudah mendapat izin BPOM, dan hindari produk yang tidak memiliki izin BPOM atau produk yang izin BPOMnya palsu, dengan cara membeli produk langsung di toko resmi skincare tersebut.

Baca Juga  Bosan Lihat Keadaan Kamar Kos Begitu-Begitu Saja? Ini 7 Tips Dekorasi Kamar Kos yang Bikin Nyaman
7. Berhati-Hati dalam Menggunakan Skincare Alami

Harus kamu ketahui, skincare alami yang apabila kamu racik sendiri tidak selalu terjamin keamanannya. Sebab pastinya kamu belum mengetahui efek samping dari bahan alami yang kamu gunakan tadi, apalagi dengan efek panjangnya. Kamu boleh saja sesekali menggunakan skincare alami, tetapi asal kulitmu tidak bereaksi negatif setelah menggunakan skincare tersebut.

8. Amati Reaksi Kulit Setelah Menggunakan Skincare

Satu orang dengan orang lainnya memiliki reaksi kulit yang berbeda-beda setelah menggunakan skincare. Ada yang reaksinya langsung, ada yang reaksinya tidak langsung.

Namun, yang pasti skincare kerap memberikan reaksi tidak langsung dan keberhasilannya memakan waktu yang lama mulai dari hitungan minggu hingga bulan.

Oleh karena itu, kamu harus menggunakan skincare itu dengan konsisten, apabila kamu sama sekali tidak mendapatkan hasil yang memuaskan atau hasil yang kamu dapat malah buruk, kamu bisa berganti dengan skincare lainnya.

Itu tadi tips untuk memilih skincare yang aman. Merawat kulit memanglah penting, sehingga kamu harus dapat pintar-pintar dalam memilih skincare untuk perawatan serta menyehatkan kulit kamu.

Sumber referensi: doktersehat.com

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait