by

Tips Memilih Masker Wajah yang Tepat dan Bermanfaat

Waktu ini, cukup banyak sekali perempuan yang mengejar standar kecantikan yang mereka anggap menarik perhatian. Memang, mempunyai paras cantik menjadi impian banyak orang. Hingga telah membuat banyak orang mulai berbondong-bondong memakai masker yang dianggap jitu menambah kecantikan. Salah satunya ialah memakai masker pada wajah.

Namun sebelum memakai masker pada wajah, alangkah baiknya jika sobat Lintashaba perlu untuk tahu dulu tips memilih masker wajah, agar tetap aman dan memberi hasil yang memuaskan. Apa saja ya kira-kira? Yuk, langsung kita simak!

1. Sesuaikan Masker Pada Kebutuhan

Menyesuaikan masker pada kebutuhan sudah sepantasnya kita lakukan. Sama halnya ketika kita haus dan butuh minuman, maka yang kita lakukan ialah mengonsumsi air untuk melepas kehausan. Bukan malah menambah makan atau sejenis hal lainnya. Oleh karena itu, jika kamu punya masalah kulit kering, pakailah masker yang sesuai dengan kondisi kulit yang kering. Jika masalahnya kulit berjerawat, maka pakailah masker yang dikhususkan untuk kulit berjerawat. Dan jika kamu masih belum tahu jenis masker seperti apa yang cocok bagi kulit kamu, berikut ini dapat kamu gunakan untuk menjadi langkah pertimbangan di kemudian. Apa saja? Ini dia :

Masker untuk Kulit Normal

Memiliki kulit normal bukan berarti tidak perlu teliti untuk memilih. Malah, harus lebih jeli ketimbang mereka yang punya masalah kulit tersendiri. Bagi kamu yang memiliki kulit normal terbebas dari masalah kulit yang ada, jenis masker yang sesuai dengan kamu ialah masker pearl off.

Masker ini berbahan dasar organik seperti buah-buahan dan juga tumbuh-tumbuhan. Memakai masker ini akan mendapatkan tekstur lembut dan berkilau.

Masker untuk Kulit Kering

Jika kamu punya masalah kulit kering, pilihan yang tepat untuk masker yang perlu kamu gunakan adalah masker yang memiliki fungsi untuk melembapkan. Karena masker ini akan memberi asupan air yang baik dan menjadikan kulit jauh lebih kenyal. Jenis bahannya sendiri bisa berupa minyak zaitun, alpukat, susu dan lidah buaya.

Baca Juga  5 Penyebab Munculnya Jerawat Membandel di Wajah
Masker untuk Kulit Berjerawat

Bagi kamu yang punya masalah kulit berjerawat, masker wajah clay mask adalah jenis masker yang cocok untuk kamu coba. Berbahan kain tanah liat yang kaya akan mineral, masker Clay mask ampuh menyerap kotoran dan minyak berlebih penyebab jerawat muncul pada wajah.

Masker untuk Kulit Berminyak

Jika masalah kulit yang kamu miliki adalah kulit berminyak, maka pilihan yang baik bagi kamu ialah masker yang mempunyai kandungan pitera pada bahannya. Mengapa harus pitera? Pitera telah mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kulit, vitamin E dan juga B, asam amino dan asam organik, serta mineral yang mampu mengatasi masalah kulit yang berminyak. Bahkan, pitera diklaim mampu mengencangkan kulit serta mengurangi bercak gelap pada kulit.

Masker untuk Kulit Sensitif

Kulit rasanya mudah sensitif, maka satu-satunya masker yang cocok untuk kulit kamu yang sensitif ialah gel mask. Gel mask telah dikhususkan untuk jenis kulit yang sensitif. Gel mask yang terbuat dari bahan alamiah seperti teh hijau maupun mentimun, menghindari timbulnya efek sensitif pada kulit.

Khasiatnya juga sangat memuaskan, tak lain melembabkan dan juga mengencangkan kulit. Bahkan, selain mempunyai khasiat yang hebat, gel mask sangat ringan ketika dipakai. Tak hanya itu, gel mask juga tergolong lembut dan mudah menyerap di kulit.

Masker untuk Kulit Keriput

Sedangkan pada masalah kulit yang keriput, memilih masker berbahan mentimun atau putih telur adalah hal yang tepat sekali dilakukan. Kandungan albumin yang terdapat pada putih telur, memberi manfaat untuk mengencangkan kulit yang kendur.

Selain itu, masker berbahan putih telur juga bisa mengeksfoliasi kulit sekaligus menyamarkan garis-garis halus. Begitu juga dengan mentimun. Kandungan vitamin C serta asam folat yang ada didalamnya telah merangsang pertumbuhan sel baru, dan melawan racun lingkungan penyebab kulit keriput dan takmpak menua.

Baca Juga  Jangan Salah, Ini Dia Cara Memilih Face Wash yang Benar
2. Pastikan Masker Belum Expired

Jika pilihan dan kebutuhan udah sesuai, maka tips selanjutnya yang perlu kamu lakukan ialah memastikan tanggal expired dari masker yang kamu gunakan. Apabila tanggal yang tertera menunjukkan waktu yang telah lewat batas, maka jangan coba untuk memakaikannya pada wajah. Jauhkan anggapan sayang untuk dibuang, atau jika tidak kulit kamu akan muncul ruam hingga mengakibatkan efek samping yang tak pernah kamu perkirakan.

Di beberapa produk ada yang tidak mencantumkan tanggal expired-nya suatu masker tersebut. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa cek bar code yang ada pada kemasan masker. Setelah bar code terbaca, tanggal pembuatan serta tanggal kadaluarsa dari masker akan segera ditunjukkan tanpa menunggu lama. Dengan cara ini juga kamu bisa melacak apakah masker tersebut telah lulus BPOM atau tidak.

3. Ikuti Prosedur Pemakaian Pada Masker

Tidak selalu sama, prosedur pemakaian pada masker juga kadang berbeda-beda. Contohnya, pada masker yang berbahan sejenis bubuk, tentu saja pada tahap selesai pemakaian mewajibkan kamu membilas wajah dengan air yang mengalir. Sedangkan pada masker sheet mask, tidak disarankan membilas, karena bisa membersihkan kandungan mask yang memang ditujukan untuk kebutuhan pada nutrisi kulit terhilang sebelum benar-benar menyerap.

Oleh karena itu, bacalah prosedur atau cara penggunaan masker terlebih dahulu sebelum benar-benar memakaikannya pada wajah. Jika kamu telah memahaminya, maka kamu bisa untuk mencoba memakaikannya.

Sekian tips memilih masker wajah, yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Semoga kecantikan yang kamu harapkan cepat terwujudkan ya. Selamat mencoba!

Comment

Artikel Terkait