by

Tips Memilih Kosmetik Bagi Perempuan Demi Keamanan dan Kesehatan

Sebagai seorang perempuan memang dituntut untuk senantiasa berhias demi pemenarikan diri dan kesehatan kulit. Walaupun demikian setiap perempuan tidak boleh asal menggunakan kosmetik, karena tidak sedikit kosmetik yang dijual di pasaran justru membahayakan. Atas dasar itulah di bawah ini akan coba dijelaskan tips memilih kosmetik untuk keamanan.

Nah bagi siapapun yang ingin menggunakan kosmetik tanpa harus khawatir bakal terjadi efek samping yang merugikan, maka silakan simak tips memilih kosmetik di bawah ini. Semoga bisa menjadi informasi penting sebelum kamu mulai menentukan kosmetik yang akan digunakan dan ini ulasannya:

1. Pilih Produk Kosmetik Berbahan Alami

Yang bisa menyehatkan kulit dan membuat kulit lembut bersinar bukan hanya zat kimia saja, tetapi zat alami atau herbal juga banyak yang bisa menghadirkannya. Perbedaannya kalau zat kimia kadang memiliki efek samping yang membahayakan sehingga sebisa mungkin produk semacam ini harus dihindari.

Jika kamu ingin memilih kosmetik silakan pilih yang berbahan alami seperti kosmetik yang mengandung aloe vera atau lidah buaya, jeruk nipis serta bahan alami yang lainnya. Bahkan saat ini sudah ada kosmetik yang terbuat dari ekstrak bunga mawar yang juga bagus karena tidak mengandung efek samping berbahaya.

Kamu juga harus berhati-hati dengan produk yang mengandung zat aktif seperti mercury, alkohol serta zat pengawet paraben karena ketiganya merupakan zat pemicu kanker kulit. Jika salah pemakaian bisa jadi kulit akan rusak yang bahkan bisa mengancam nyawa.

2. Pastikan Kosmetik sudah Legal BPOM

Lembaga berwenang yang mengurusi legalitas kosmetik di Indonesia adalah Badan Pengawas Obat dan Makanan RI yang disingkat BPOM RI. Dari lembaga inilah rujukan kalau kosmetik tersebut aman atau justru membahayakan bagi kulit manusia.

Baca Juga  9 Tips Nyaman Berorganisasi: Ayo, Jangan Takut Belajar Hal Baru!

Untuk mengetahui apakah kosmetik yang akan digunakan sudah legal BPOM atau belum maka silakan kamu cek langsung di situs BPOM yang resmi. Setelah itu silakan ketikkan nama kosmetik di kotak pencarian lalu klik Enter. Nah jika muncul ikon kosmetik lengkap dengan nomor seri, maka berarti kosmetik tersebut sudah legal dan layak digunakan.

Sebaliknya kalau pas di cek melalui situs BPOM ternyata kosmetik tidak muncul, maka berarti izin legalitas produk tersebut belum diperpanjang, atau kosmetika memang tidak didaftarkan karena mengandung zat yang berbahaya. Kamu harus menjauhi produk semacam ini karena jika dipakai terus menerus efek pada kulit akan sangat menyakitkan.

3. Jangan Terpukau Kosmetik Mahal dan Impor

Tidak ada jaminan kalau kosmetik berharga mahal dan impor memiliki kualitas tinggi dan tidak membahayakan. Harga mahal terkadang menjadi satu bukti kalau unsur komposisi yang digunakan untuk kosmetik tersebut memiliki kadar aktif yang mungkin berbahaya.

Ada yang mengatakan kalau harga tidak akan menyelisihi kualitas. Sejatinya pandangan ini tidak berlaku bagi kosmetik karena efeknya bagi kesehatan cukup vital. Bahkan banyak kaum perempuan mengalami kanker kulit karena salah memilih produk mahal dan katanya impor.

Kamu lebih baik berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli kosmetik untuk mengetahui apakah produk tersebut memang cocok untuk kulit atau tidak. Jika ternyata ada zat yang tidak layak pakai lebih baik tinggalkan dan memilih produk kosmetik yang lebih aman.

4. Jauhi Produk Kosmetik Murahan

Harga kosmetik mahal saja tidak menjamin berkualitas apalagi yang murahan atau produk yang dijual dengan harga teramat rendah. Kamu harus berhati-hati dengan produk semacam ini jika tidak ingin menyesal di kemudian hari.

Baca Juga  Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Harus Diketahui

Silakan beli kosmetik yang harganya bersaing dengan cara survey terlebih dahulu ke banyak gerai kosmetik. Setelah itu silakan pilih harga kosmetik yang paling murah tetapi dengan jarak kemurahan tidak terlalu jauh. Jika terlalu murah, kamu perlu mewaspadai kosmetik tersebut karena bisa jadi produk tersebut sudah tidak original lagi.

5. Silakan Beli Kosmetik di Gerai yang Resmi

Jika ingin membeli kosmetik yang aman silakan terapkan tips memilih kosmetik yang kelima, yaitu beli di gerai yang resmi bukan di toko kelontong apalagi toko serba ada. Biasanya produk yang dijual di gerai kosmetik resmi adalah kosmetik yang sudah legal BPOM dan berasal dari produsen kosmetik dengan branding top.

Lebih bagus lagi jika kamu membeli kosmetik di gerai yang sekaligus membuka toko apotek di sana. Biasanya produk yang dijual sudah melewati serangkaian uji klinis dan laboratorium, serta sudah lulus karena tidak mungkin diperjualbelikan kalau kosmetik masih berstatus uji coba.

Gerai semacam ini sudah banyak bahkan sudah masuk ke desa-desa. Silakan beli saja dari gerai ini daripada harus memaksakan diri memilih toko kosmetik tidak resmi hanya karena pasal harga yang ditawarkan sangat murah tetapi berbahaya.

6. Pastikan Kosmetik Cocok untuk Jenis Kulit

Sebelum membeli produk kosmetik kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa jenis kulit lalu sesuaikan dengan produk kosmetik yang ditawarkan. Jika kamu memiliki kulit berminyak tentu jangan menggunakan produk untuk kulit kering begitu juga sebaliknya.

Biasanya semua produk kosmetik pasti mencantumkan ketentuan ini di logo supaya konsumen tidak salah memilih produk. Sebab, jika kadung salah menggunakan kosmetik maka efeknya terlalu berbahaya dan yang paling ringan kulit akan mengalami alergi.

Baca Juga  Cara Mudah Melatih Anak Berpuasa Agar Terbiasa Sejak Dini

Oleh sebab itu silakan beli kosmetik tetapi dengan konsentrasi dan tidak terburu-buru. Baca logo terlebih dahulu secara teliti untuk menentukan apakah produk sudah sesuai dengan jenis kulit atau tidak. Jika tidak sesuai lebih baik tinggalkan dan cari produk yang lain.

Itulah beberapa tips memilih kosmetik untuk menghindari diri tertipu dengan produk kosmetik berbahaya. Silakan dicoba tips tersebut, baru kamu bisa memilih produk kosmetik yang kamu inginkan untuk meningkatkan pemenarikan diri di ruang publik.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait