by

Tips Membuat Make Up Tahan Lama: Buat Kamu Cantik Sepanjang Hari

Siapa sih yang tidak mau terlihat cantik di depan orang lain? Pasti tidak ada kan? Salah satu cara yang dapat dilakukan agar dapat tetap terlihat cantik ialah dengan menggunakan make up, tetapi make up sendiri tak jarang pula penggunaannya tidak bertahan lama, karena lama-kelamaan pasti akan hilang atau luntur juga.

Oleh karena itu, berikut ini tips membuat make up tahan lama untuk kamu cantik sepanjang hari.

1. Bersihkan wajah sebelum memakai make up
Foto: istockphoto.com

Tips make up tahan lama untuk kamu ialah bersihkan dahulu wajah kamu sampai bersih sebelum memakai make up. Pastikan tidak ada bekas make up yang masih menempel dan hapus minyak yang mungkin masih ada di wajah, seperti di lekukan hidung dan bawah mata.

Tujuan dari membersihkan wajah sebelum ber-make up ini ialah meminimalisir kemungkinan make up yang luntur, ketika kamu tengah berkeringat.

2. Pakai es batu
Pakai es batu di wajah
Foto: istockphoto

Tak hanya sebagai pendingin makanan atau minuman, es batu juga memiliki manfaat lainnya loh! Yaitu untuk membuat make up tahan lama dan mengempeskan kantung mata.

Suhu yang dari es batu yang dingin dapat membuat pori-pori kulit tertutup, sehingga ini cocok untuk kamu yang terbiasa menggunakan foundation dan bedak.

3. Menggunakan primer
primer aplication
Foto: istockphoto

Ini nih yang paling sering dilupakan oleh para wanita ketika menggunakan make up. Iyap, penggunaan primer sering dilupakan, padahal primer sangat bagus untuk membuat make up dapat menyatu dengan kulit.

Primer ini disarankan diaplikasikan pada bagian wajah yang berminyak, seperti t-zone. Tak hanya t-zone saja, pada bagian kelopak mata juga memerlukan primer untuk dapat menjaga eye shadow tetap terlihat cantik.

Baca Juga  Masak Itu Mudah kok, Ikutin 11 Tips Belajar Memasak untuk Pemula Berikut Ini yuks
4. Jangan lupakan pelembab
Foto: istockphoto

Pelembab merupakan salah satu kosmetik yang berfungsi untuk melembabkan kulit, khususnya bagi yang memiliki jenis kulit kering.

Menggunakan pelembab menjadi salah satu tips membuat make up tahan lama, sebab dapat membantu dalam menjaga kekenyalan kulit, sehingga make up tidak gampang pecah dan crack di area-area tertentu, seperti di garis pipi atau garis tawa.

5. Memakai concealer, foundation, atau malah keduanya
Foto: istockphoto.com

Beraktivitas di tengah cuaca yang sedang terik-teriknya memang begitu menyebalkan. Tak jarang wajah akan mengeluarkan bulir keringat yang menyebabkan make up bisa luntur kapan saja.

Oleh karena itu, untuk meminimalisir hal-hal seperti itu kamu bisa menggunakan concealer saja tanpa foundation. Namun, apabila kamu ingin menggunakan keduanya kamu bisa menggunakan foundation dahulu kemudian concealer.

6. Jauhkan tangan dari wajah
istockphoto

Tak hanya luntur saja yang dapat membuat make up tidak hilang, tetapi kebiasaan mengusap atau meenyentuh wajah menggunakan tangan juga dapat membuat make up cepat hilang.

Belum lagi apabila tangan yang digunakan untuk mengusap wajah tadi tidak steril, maka ditakutkan ada bakteri atau kotoran yang ikut menempel di wajah.

7. Siap sedia kertas minyak
Face skin care. Smiling woman using oil blotting paper portrait Face skin care. Smiling woman using facial oil blotting paper portrait. Closeup of beautiful happy asian girl model with natural makeup using oil absorbing sheets, beauty product at studio facial oil paper stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Apabila wajah kamu sudah mulai berminyak atau berkeringat, jangan langsung menutupi keringat atau minyak tersebut menggunakan bedak tabur, tetapi usap dahulu minyak atau keringatmu menggunakan kertas minyak untuk dapat menyerap minyak.

Sebab, apabila kamu langsung menutupinya menggunakan bedak tabur, malah membuat tampilannya terlihat cakey.

8. Menggunakan make up waterproof
Wet woman face with water drop Wet woman face with water drop. Moisturizing in the sea make up waterproof stock pictures, royalty-free photos & images
Foto: istockphoto

Zaman sekarang jenis make up sudah beragam, salah satunya make up waterproof atau yang biasa dikenal sebagai make up tahan air.

Sesuai dengan Namanya, make up ini dapat membantu kamu agar make up yang kamu gunakan tidak mudah luntur. Make up yang ber-waterproof ini tersedia mulai dari foundation, maskara, eyeliner, blush on, hingga eye brow.

Baca Juga  Tips Membangun Relasi untuk MABA di Tengah Pandemi

Dengan menggunakan tips membuat make up tahan lama kamu bisa mencegah agar make up kamu tidak cepat luntur atau hilang, sebab make up yang tahan lama membuat penampilan kamu terlihat cantik sepanjang waktu!

Comment

Artikel Terkait