by

Sampo dan Conditioner: Apa sih Perbedaannya?

Kamu mungkin sering mengetahui orang memakai sampo dan conditioner untuk keramas, sekilas memang fungsi dari sampo dan conditioner ini memanglah sama, yaitu untuk menjaga Kesehatan dan keindahan rambut, tetapi jika kamu mau menelitinya secara jauh, sebenarnya kedua benda tersebut memiliki perbedaan yang cukup besar. Dari segi fungsi serta cara penggunaannya pun juga berbeda. Kira-kira apa ya perbedaannya?

1. Perbedaan Komposisi Kandungan Sampo dan Conditioner

Jika fungsi dan cara penggunaannya saja berbeda, pastinya komposisi kandungannya pun juga berbeda. Sampo cenderung memiliki komposisi kandungan yang mirip dengan sabun dan memiliki kandungan surfaktan, sedangkan conditioner komposisinya berupa pelembab rambut, tabir surya, minyak dan bahan-bahan lainnya, yang berfungsi untuk kecantikan serta kesehatan rambut.

Kemudian dibandingkan dengan sampo, conditioner ini mempunyai kandungan pH asam yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan produksi asam amino pada rambut.

Pada umumnya sampo menggunakan air hingga 70 persen sampai 80 persen dari total komposisinya, dengan adanya tambahan seperti detergen, pengental seperti methylcelluclose, foam boaster, agen pengondisi, pengawet, sampai dengan pewarna dan juga wewangiannya.

Kemudian untuk conditioner terdapat kandungan berupa protein untuk menutrisi rambut, air, minyak nabati yang berasal dari tumbuhan atau buah, minyak silikon, minyak mineral, dan lain-lain.

2. Perbedaan Jenis Produk

Sampo dan conditioner yang beredar di pasaran sangatlah bervariasi. Kamu dapat menemui hingga tiga jenis produk sampo yang paling umum dibeli, ketiganya di antaranya ialah sampo yang mempunyai formula ringan, antiketombe, antiseborik yang berguna untuk mengurangi produksi corneocyte, dan sampo keratolytic yang bentuknya seperti salep.

Kemudian untuk conditioner terdapat beberapa jenisnya, seperti jenis crème rinse yang memiliki kandungan quats, conditioner instan yang fungsinya sebagai pelapis poros, contoh dari conditioner instan ini ialah krim pembersih. Conditioner dalam yang harus didiamkan kurang lebih selama 30 menit, sampai ada juga conditioner yang dibuat untuk memperbaiki rambut dan dipakai sehabis keramas menggunakan sampo.

Baca Juga  10 Manfaat Minyak Kelapa, Baik untuk Kesehatan dan Perawatan Tubuh
3. Perbedaan Fungsi Sampo dan Conditioner

Perbedaan fungsi dari sampo dan conditioner ini ialah, sampo ini berfungsi untuk membersihkan rambut dan permukaan kepala dari segala jenis kotoran, kemudian kandungan surfaktan yang ada pada sampo berfungsi untuk menghilangkan kotoran serta lemak.

Sedangkan untuk fungsi conditioner ialah untuk memperindah tekstur, serta penampilan rambut dan keseimbangan pH asamnya yang tinggi bermanfaat, untuk meningkatkan serta membantu keratin untuk membuat rambut menjadi lebih sehat dan bersinar.

4. Perbedaan Cara Penggunaan

Perlu kamu ketahui beda sampo dan conditioner ini juga dapat dilihat dari cara penggunaannya. Jika cara penggunaan sampo ialah tinggal dicampurkan dengan air secukupnya, lalu dioleskan secara merata pada seluruh bagian rambut serta permukaan kulit kepala, kemudian dibilas menggunakan air bersih.

Sedangkan cara penggunaan conditioner ialah digunakan setelah keramas atau setelah rambut dicuci menggunakan sampo. Conditioner ini dapat digunakan menggunakan dua cara, yaitu diratakan ke seluruh bagian rambut lalu didiamkan beberapa saat, setelah itu baru dibilas, dan cara yang satunya lagi ialah dengan mengoleskan conditioner pada seluruh permukaan rambut, termasuk pada helai batang rambut dan dibiarkan tanpa dibilas sama sekali.

Disarankan saat kamu mencuci rambut menggunakan sampo sebaiknya kamu menggunakan air hangat, baru kemudian saat membilas conditioner dari permukaan rambut kamu bisa menggunakan air dingin.

5. Perbedaan Kemunculan Busa pada Sampo dan Conditioner

Beda sampo dan conditioner selanjutnya ialah terletak pada busa yang dihasilkan oleh keduanya. Sampo menghasilkan busa karena tujuannya ialah untuk membersihkan rambut, tetapi ada juga beberapa sampo yang bebas sulfas, sehingga tidak membentuk busa saat digunakan. Kemudian untuk conditioner, conditioner ini umumnya tidak menghasilan busa, karena memang fungsinya ialah untuk menutrisi rambut dan bukan untuk membersihkannya.

Baca Juga  Tomat Untuk Perawatan Kulit? Begini Cara Menggunakan Tomat Untuk Kulit Lembut Dan Lentur
6. Perbedaan Tekstur pada Sampo dan Conditioner

Tekstur pada sampo dan conditioner juga memiliki perbedaan. Tekstur pada sampo cenderung kasar, sebab fungsi utama dari sampo ialah untuk membersihkan kotoran, sedangkan tekstur pada conditioner lebih lembut daripada sampo.

7. Perbedaan Frekuensi Penggunaan

Dari segi frekuensi penggunaannya, sampo dan conditioner ini juga memiliki perbedaan. Sampo disarankan digunakan sebanyak dua sampai tiga kali dalam satu minggu. Sampo yang formulanya masih ringan dapat kamu gunakan setiap harinya, meski tidak disarankan karena dapat membuat rambut menjadi mudah kering.

Lalu untuk conditioner kamu dapat menggunakannya sesuai dengan pemakaian sampo. Apabila kamu sudah merasa jika rambutmu terasa halus dan berkilau, kamu dapat menghentikan penggunaan sampo ini. Untuk lebih baiknya lagi kamu dapat menambahkan perlindungan ekstra untuk rambut.

Itu tadi perbedaan sampo dan conditioner yang harus kamu tahu. Pemilihan sampo atau conditioner ini juga harus kamu perhatikan, loh! Kamu harus memperhatikan beberapa kondisi untuk memilih jenis sampo dan conditioner mana yang harus kamu pakai. Beberapa kondisi khusus tersebut di antaranya ialah:

  1. Sudah pernah menggunakan pewarna rambut.
  2. Penggunaan alat styling intensitasnya dapat dikatakan tinggi.
  3. Rambut kerap terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu yang cukup lama.
  4. Mempunyai masalah ketombe yang tak kunjung usai.
  5. Mempunyai tekstur rambut yang kusut dan susah untuk diatur.
  6. Rambut mengalami kerontokan yang cukup parah.

Itu tadi ulasan mengenai beda sampo dan conditione,r serta beberapa kondisi yang membuat kamu harus memilih jenis sampo dan conditioner yang tepat. Nah, mulai sekarang mari jaga Kesehatan dan keindahan rambut ya, sobat!

Comment

Artikel Terkait