by

Punya Masalah Kulit Komedo? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasi Komedo

Tidak hanya jerawat, salah satu permasalahan kulit yang sangat sering dialami oleh tiap orang ialah munculnya komedo di bagian wajah.  Meski tidak terasa sakit seperti jerawat, komedo telah mengganggu penampilan serta membuat wajah terasa tidak mulus dan tidak menawan. Hingga membuat banyak orang berusaha penuh agar komedo tidak lagi muncul di wajah.

Oleh karena itu, langsung saja kita bahas ya, apa saja penyebab dan cara mengatasi komedo. Yuk, simak penjelasan berikut!

Penyebab Komedo
1. Kurang Menjaga Kebersihan

Pernahkah kamu mendengar pepatah yang mengatakan kebersihan pangkal kesehatan? Nah, sama seperti pepatah yang tersebut, menjaga kebersihan kulit juga sangat diperlukan, agar kulit menjadi sehat dan menyegarkan. Wah, lantas apa ya akibatnya, jika kita kurang menjaga kebersihan pada kulit?

Kurangnya menjaga kebersihan kulit dapat menjadikan kulit terlihat kusam, berminyak hingga menimbulkan permasalahan kulit yang butuh penanganan. Terutama pada bagian wajah, yang memang sangat suka disinggahi oleh si bulat merisihkan ini. Apa lagi, kalau bukan komedo.

Penyebab utama munculnya komedo ini ialah kurangnya atau jarangnya menjaga kebersihan diri. Hingga, sisa debu yang melekat di kulit usai beraktivitas, memunculkan benjolan komedo pada kulit terutama di bagian wajah. Sebenarnya komedo tidak berbahaya, namun membiarkan komedo tanpa segera mengatasinya, dapat mengundang jerawat yang pastinya sangat menggangu penampilan.

2. Makanan Berlemak

Secara umum, penyebab komedo sangatlah banyak, termasuk sel kulit mati, bakteri yang menumpuk, minyak berlebih atau juga kurangnya menjaga kebersihan seperti yang baru saja kita bahas. Namun tidak itu saja, pola makan yang tidak sehat juga dapat menyebabkan pertumbuhan komedo yang menggangu pada wajah. Salah satunya jenis makanan berlemak.

Baca Juga  Ini Ternyata Tips Menemukan Inspirasi Sebelum Menulis

Mengonsumsi lemak yang berlebih dari makanan, tentu membuat lemak yang tersimpan dalam tubuh menjadi bertambah hingga berlebihan. Hasilnya, kulit pun akan memproduksi lebih banyak lemak dari batas sewajarnya.

Mungkin di antara kamu masih ada yang mengira bahwa makanan berlemak yang dimaksud ialah lemak hewani, namun tidak selalu begitu ya sob. Makanan yang mengandung lemak juga berasal dari segala makanan yang diolah dengan cara penggorengan. Termasuk ikan goreng, tahu goreng dan jenis gorengan yang lainnya.

3. Paparan Sinar Matahari

Aktivitas penuh di luaran, membuat kulit tidak lepas dari paparan sinar matahari yang tak dapat dihindarkan. Padahal, radiasi dan sinar ultraviolet yang berasal dari matahari, juga dapat merusak DNA yang ada pada sel kulit serta merusak jaringan elastisitas yang ada di kulit. Hingga akhirnya menyebabkan penuaan dini yang tidak diinginkan. Dan rusaknya sel kulit inilah yang menjadi alasan munculnya komedo pada wajah.

4. Stres

Kondisi stres berlebih, menjadikan hormon kortisol pada tubuh meningkat secara drastis, termasuk minyak yang ada pada kulit. Kondisi ini jugalah yang memicu sejumlah masalah kulit seperti halnya komedo pada wajah.

Cara Mengatasi Komedo
1. Bersihkan Wajah dengan Rutin

Membersihkan wajah menjadi salah satu rutinitas yang banyak dilakukan, sebagai cara diri untuk melakukan perawatan kecantikan. Jenis rutinitas yang satu ini jugalah yang bisa kamu lakukan sebagai cara pertama, untuk mengatasi komedo lebih awal.

Meski demikian, cara membersihkan wajah tidak boleh asal-asalan, karena bisa berpotensi tinggi menimbulkan masalah pada kulit. Yakni seperti pori tersumbat dan munculnya komedo serta jerawat. Lalu bagaimana cara membersihkan wajah yang tepat? Caranya ialah dengan memastikan tangan telah bersih terlebih dahulu, dan memastikan wajah telah bebas dari sisa make up yang melekat. Hal ini harus benar-benar dipastikan sebelum membersihkannya dengan face wash yang benar. Jika sudah, barulah kamu bisa membersihkannya dan membilasnya menggunakan air bersih yang mengalir.

Baca Juga  Kamu Harus Tahu 8 Tips Menjadi MC Pemula untuk Performa yang Bagus

Akan tetapi, komedo juga bisa muncul, meski kita tergolong rajin membersihkan muka. Dan jika itu yang sedang kamu alami sekarang, bisa saja tubuh kamu sedang mengalami perubahan hormon yang wajar di usia pertumbuhan.

2.  Gunakan Perasan Air Lemon Sebagai Masker

Cara kedua yang bisa kamu lakukan di rumah, untuk membebaskan masalah komedo di wajah ialah dengan menggunakan perasan air lemon sebagai masker alami yang tidak perlu ditakuti.
Caranya juga cukup mudah sekali. Kamu hanya perlu mengambil satu buah lemon yang masih segar dan memeras lemon hingga mengeluarkan air lemon yang cukup banyak.

Jika kulit kamu sedikit sensitif dengan air lemon, kamu bisa menambahkan sedikit madu ke dalamnya. Kandungan anti inflamasi yang ada pada madu bisa mengurangi dan menghilangkan bekas jerawat maupun komedo yang menimbul di permukaan kulit.

Setelah itu, oleskan air lemon secara merata pada wajah, terutama pada bagian yang memiliki banyak komedo. Tunggu setelah 15 menit lalu bilaslah dengan air bersih. Namun yang perlu kamu perhatikan, jangan terlalu sering memakai masker lemon pada wajah. Sebab kandungan asam yang tinggi juga mampu merusak sel-sel pada kulit. Karena itu sesuaikan sesuai kebutuhan saja ya.

3. Hindari Makanan yang Kaya Akan lemak

Kalau sudah rutin membersihkan wajah dan mulai mencoba untuk memakai masker lemon, sangat baik sekali jika kamu juga turut menjaga pola makan yang sehat, yakni makanan yang terbebas dari jenis lemak dan goreng-gorengan. Dengan begini, hasil yang kamu dapat akan jauh lebih dekat dengan harapan.

4. Kontrol Stres

Bagi kamu yang gampang merasa stres akibat kondisi masalah yang ada, sebaiknya kontrol emosi ya sob. Faktanya, stres yang berlebih dapat menimbulkan penuaan diri serta jerawat dan komedo di wajah. Karena itu jalani saja prosesnya, dan jangan menyerah pada masalah yang ada. Apalagi juga stres karena masalah, sebaiknya jangan ya sob.

Baca Juga  5 Penyebab Munculnya Jerawat Membandel di Wajah

Nah, itulah penyebab dan cara mengatasi komedo yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kamu ya.

Comment

Artikel Terkait