oleh

6 Manfaat Teh dan Kopi untuk Kecantikan yang Cukup Ampuh!

Kopi dan teh memang telah sejak lama dikenal memiliki banyak manfaat untuk kecantikan wanita. Bukan hanya kecantikan kulit saja, melainkan juga kecantikan rambut. Hal ini lah yang menyebabkan teh dan kopi banyak dimanfaatkan wanita untuk menjaga kecantikan mereka dari masa ke masa.

Cara memanfaatkannya pun tidaklah susah, sudah banyak produk-produk kecantikan yang memanfaatkan kebaikan dari teh dan kopi untuk bahan utamanya. Produk-produk kecantikan tersebut di antaranya adalah masker, scrub wajah dan body scrub. Jika ingin memanfaatkannya secara alami, kamu juga bisa memanfaatkan teh dan kopi menjadi masker alami untuk wajah. Nah, apa saja manfaat yang bisa didapatkan? Berikut manfaat teh dan kopi untuk kecantikan yang harus kamu ketahui!

1. Membantu Mengatasi Permasalahan Jerawat

Manfaat teh dan kopi untuk kecantikan yang pertama adalah dapat mengatasi permasalahan jerawat pada kulit wajah. Setiap wanita pasti menginginkan kulitnya sehat dan bersih dari jerawat. Salah satu yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga agar kulit wajah bebas dari jerawat adalah teh dan kopi. Kamu bisa memanfaatkan teh dan kopi menjadi masker alami untuk wajah.

Mengapa teh dan kopi dapat mengatasi permasalahan jerawat? Hal ini dikarenakan antioksidan yang terkandung di dalam teh dan kopi. Antioksidan inilah yang akan membunuh bakteri penyebab jerawat. Jerawat juga disebabkan oleh peradangan ayang terjadi di sekitar folikel, penggunaan masker teh hijau secara rutin terbukti dapat mengurangi jumlah sebum serta peradangan pada folikel.

Selain pengaplikasian kopi dan teh secara langsung pada kulit, kamu juga bisa mendapatkan manfaat kopi dan teh untuk kesehatan dengan cara mengonsumsinya. Mengonsumsi teh hijau tanpa kafein dapat menekan pertumbuhan jerawat.

Baca Juga  7 Alasan Mengapa Harus Kaya, Yuk Cari Jawabannya
2. Memproteksi Kulit dari Paparan Sinar UV

Selanjutnya, teh dan kopi dapat memberikan perlindungan pada kulit dari paparan sinar UV. Terkhusus teh hijau. Kandungan polifenol dalam teh hijau dapat membantu melindungi kulit dari sinar UVB, serta menghambat oksidasi protein yang diinduksi oleh sinar UVB dari matahari. Perlindungan yang diberikan oleh senyawa polifenol ini dapat membantu mencegah terjadinya penuaan pada kulit.

Kamu dapat mendapatkan kebaikan dari teh hijau ini dengan cara rutin meminum teh hijau atau mengaplikasikannya sebagai masker wajah. Selain sebagai perlindungan dari sinar UV, teh hijau juga dapat membantu mengurangi pigmentasi pada kulit.

3. Kopi dapat Mengurangi Tanda Penuaan

Kopi ternyata dapat mengurangi tanda-tanda terjadinya penuaan, sobat. Penggunaan masker wajah alami berbahan kopi dipercaya dapat membantu mengurangi munculnya bitnik matahari berwarna hitam di wajah, terjadinya kemerahan pada kulit wajah, serta munculnya garis-garis halus sebagai tanda penuaan.

Hal ini telah dibuktikan melalui sebuah studi yang menyatakan, bahwa pengolesan kopi pada kulit dapat menurunkan efek photoaging secara efektif. Untuk mendapatkan manfaat kopi yang satu ini tentu saja diperlukan konsistensi ya sobat! Dengan rutin mengaplikasikan masker kopi pada wajah, wajah akan terlihat lebih awet muda.

4. Mengurangi Noda Hitam pada Wajah

Noda hitam atau flek hitam yang muncul pada wajah merupakan sebuah masalah yang amat dihindari oleh wanita. Munculnya noda hitam ini dipicu oleh berbagai hal, di antaranya adalah karena paparan sinar matahari berlebih serta jerawat yang meninggalkan bekas.

Noda hitam juga dapat disebabkan karena kulit menghasilkan melanin berlebih, yang menyebabkan muncuk noda hitam di beberapa tempat. Masalah flek hitam ini dapat dikurangi dengan memanfaatkan ampas teh.

Baca Juga  5 Pemerah Bibir Alami yang Dapat Mengembalikan Warna Merah Pada Bibir

Dengan penggunaan ampas teh menjadi masker wajah secara rutin terbukti efektif, dapat memudarkan flek-flek hitam yang muncul di wajah. Kamu bisa memanfaatkan ampas teh hijau dan mengaplikasikannya di area kulit yang terdapat banyak flek hitam. Kandungan epigallocatechin-3-gallate pada teh hijau dapat menghambat terjadi hiperpigmentasi pada kulit.

5. Mengurangi Minyak pada Wajah

Manfaat teh dan kopi untuk kecantikan yang selanjutnya adalah dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Manfaat yang satu ini dapat kamu dapatkan dengan mengandalkan teh hijau. Kandungan polifenol yang terdapat dalam teh hijau memang dikenal memilliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah.

Jika permasalahan minyak berlebih pada wajah teratasi, maka juga dapat meminimalisir tumbuhnya jerawat pada kulit. Kamu dapat memanfaatkan teh hijau sebagai masker wajah alami, atau menggunakan berbagai produk kecantikan yang mengandung teh hijau sebagai bahan utamanya.

6. Kopi Sebagai Scrub Alami untuk Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Selanjutnya, kopi dapat dijadikan sebagai eksfoliator alami. Ap aitu eksfoliator? Eksfoliator adalah bahan yang digunakan untuk eksfoliasi, yaitu pengangkatan sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah. Jika dibiarkan menumpuk terus-menerus, sel-sel kulit mati tersebut dapat menimbulkan berbagai macam masalah, di antaranya adalah munculnya komedo dan jerawat pada kulit wajah.

Salah satu yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan sel kulit mati, adalah dengan melakukan eksfoliasi dengan kopi. Kopi dapat dimanfaatkan sebagai scrub wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada kulit wajah. Butiran halus kopi dapat menjadi scrub alami yang efektif. Caranya cukup mudah, hanya dengan mencampurkan kopi dengan madu kemudian menggunakannya sebagai scrub seperti biasa.

Baca Juga  Kamu Kesulitan Memanfaatkan Waktu yang Kamu Punya? Simak Tips Memanagemen Waktu Ini!

Lakukanlah hal ini secara konsisten untuk memperoleh manfaat yang diinginkan. Namun yang perlu diingat adalah jangan terlalu sering melakukan scrub wajah dan lakukan scrubbing secara halus dan lembut. Kamu juga bisa menjadikan kopi sebagai scrub kulit badan, untuk mencegah terjadinya penumpukan sel kulit mati penyebab daki di kulit.

Itulah sejumlah manfaat teh dan kopi untuk kecantikan yang bisa kamu rasakan sendiri.Yang perlu diingat adalah, untuk mendapatkan sejumlah manfaat tersebut kamu harus konsisten dan rutin dalam melakukan perawatan. Konsistensi ini yang akan membuat kamu dapat menerima sejumlah manfaat dari teh dan kopi untuk kecantikan kulit.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Publikasi Terkait Lainnya