by

5 Penyebab Munculnya Jerawat Membandel di Wajah

Seorang perempuan pasti risih dengan yang namanya jerawat. Makanya, hanya demi menghilangkan gangguan wajah yang satu ini, banyak perempuan yang rela mengeluarkan jutaan rupiah bahkan rela terbang ke luar negeri untuk membeli obat yang bagus. Oleh sebab itu, Anda harus tahu penyebab munculnya jerawat, supaya uang tetap aman di dalam kantong.

Kalau jerawat menyerang, Anda jangan dulu panik dan langsung membeli obat anti jerawat mahal. Anda harus paham terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab jerawat membandel tersebut. Dan ingat, penanganan jerawat terkadang disesuaikan dengan penyebab yang melatarbelakangi kemunculannya.

Untuk itu, mari baca artikel ini sampai tuntas agar Anda memiliki pemahaman terkait penyebab datangnya jerawat di wajah. Kalau sudah dibaca, silakan tanamkan di hati kalau penyebab tersebut harus Anda jauhi. Nah, silakan disimak saja ini penyebab yang dimaksud:

1. Sisa Riasan di Pori-Pori Kulit

aku yakin ini akan hilang jika aku meletuskannya... - jerawat potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kalau Anda tidak ingin memiliki wajah berjerawat, berhati-hatilah dengan sisa riasan yang masih menempel di kulit. Sisa riasan ini akan menutup pori-pori kulit sehingga oksigen dan air (mineral) tidak bisa masuk ke dalam sel. Sehingga terjadilah pembekuan-pembekuan darah yang berpotensi menimbulkan jerawat terutama jerawat batu.

Masalah ini akan semakin parah, jika kosmetik yang Anda gunakan berbahan kimia aktif. Nantinya, bukan hanya jerawat yang muncul tetapi wajah juga bakal diserang peradangan hebat hingga gangguan kanker kulit yang mematikan. Kasus ini yang menjadi alasan, mengapa BPOM mewanti-wanti masyarakat agar berhati-hati dengan produk kosmetik kimiawi.

Solusi berikutnya adalah silakan Anda bersihkan sisa riasan sebersih mungkin. Boleh menggunakan produk cleaner (pembersih) asalkan bahannya tepat serta produk kosmetik tersebut memang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika kulit jenis berminyak, tentunya tidak bagus kalau menggunakan produk pembersih khusus kulit kering.

Baca Juga  7 Tips Menikmati Weekend di Rumah Saja yang Membuat Harimu Lebih Bermakna
2. Produksi Minyak di Kulit Terlalu Berlebihan

wanita muda asia mengenakan masker wajah medis dan kaos putih. terisolasi pada latar belakang abu-abu, konsep perawatan kesehatan - jerawat potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Sebagian besar penderita jerawat memiliki kulit wajah berminyak. Sedangkan penderita dengan kulit wajah kering memang ada tetapi kasusnya tidak terlalu besar. Dan bisa dipastikan, jika kulit Anda berminyak dan produksi minyaknya berlebihan, maka potensi jerawat muncul sangatlah tinggi.

Kasus ini akan semakin parah, jika si pemilik kulit berminyak ini tidak begitu pintar menjaga kebersihan. Sudah tahu akan beraktivitas di luar rumah yang kotor, masih saja tidak menggunakan pelindung wajah dan selainnya. Akhirnya, kotoran tersebut menempel pada minyak yang tidak terserap pori-pori dan juntrungannya kulit menjadi meradang.

Radang kulit ringan inilah yang disebut jerawat. Bahkan radang kulit wajah (jerawat) akibat produksi minyak berlebihan dan kotor biasanya sukar disembuhkan. Sekalipun bisa disembuhkan, kadang bekas jerawat masih terlihat dan telah berubah menjadi flek wajah.

3. Akibat Efek Samping Kosmetik Kimiawi

wanita di kamar mandi - jerawat potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Ketika mencari kosmetik, jangan terlalu fokus pada harga sehingga mengesampingkan informasi terkait bahan pembuatnya (komposisi). Dan ingat, tidak semua produk kosmetik yang mahal, bahannya cocok untuk kulit wajah dan terjamin bebas dari efek samping.

Kosmetik yang berpotensi menimbulkan jerawat di antaranya kosmetik yang dibuat dari bahan kimia aktif seperti pengawet Paraben dan Mercury. Sekalipun kedua bahan ini dianggap cepat menjadikan kulit putih bercahaya, tetapi efek sampingnya sangat membahayakan. Bahkan mercury sendiri disebut zat yang bisa menimbulkan radang kulit wajah (jerawat) serta kanker.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin terhindar dari jerawat dan kanker kulit, coba selektif ketika memilih kosmetik. Jika memungkinkan, pilih saja kosmetik berbahan herbal. Produk semacam ini sudah banyak dan bisa dibeli di apotik serta di gerai-gerai kecantikan yang resmi.

Baca Juga  10 Tips Menyambut Bulan Ramadan Agar Ibadahmu Khusyuk
4. Mencuci Muka saat Wajah Berkeringat

menilai kecantikan - jerawat potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Penyebab munculnya jerawat yang berikutnya ialah mencuci muka saat wajah sedang berkeringat. Memang di kala itu, wajah serasa tidak nyaman sehingga Anda lebih bersemangat untuk mengguyurkan air supaya wajah kembali segar. Padahal, ini tindakan yang keliru dan Anda pasti menyesalinya kalau akibat tindakan tersebut malah tumbuh banyak jerawat pada wajah.

Lebih baik, Anda tunggu beberapa saat sampai keringat benar-benar kering. Anda juga bisa mengelap wajah terlebih dahulu sampai wajah bebas keringat dan tekstur kulit lebih segar dari sebelumnya. Kalau sudah selesai, baru cuci wajah dengan perlahan diselingi pijatan-pijatan lembut dan teratur.

Jangan khawatir, rasa sejuk di wajah tetap sama. Bahkan wajah lebih aman daripada Anda mencari kesejukan dengan cara membasuh wajah ketika sedang berkeringat. Itupun kalau Anda masih ingin memiliki wajah yang cantik dan bersih serta terbebas dari jerawat menjengkelkan.

5. Stres yang Berlebihan

wanita asia untuk melihat cermin, perawatan rambut, - jerawat potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Menurut banyak pakar kesehatan, kerja otak yang terlalu berlebihan ketika memikirkan penyebab masalah tanpa memikirkan solusi dari masalah, adalah penyebab stres. Nah, jika stres akibat fokus pikiran mulai turun, maka efeknya juga berdampak pada gangguan tubuh. Dan salah satu gangguan yang dimaksud adalah jerawat.

Alasan ini pula yang membenarkan kenyataan kalau penderita jerawat bukan hanya perempuan tetapi juga laki-laki. Sedangkan stres sendiri adalah fenomena hasil kesalahan berpikir yang sering dialami oleh seluruh manusia tanpa melihat jenis kelamin.

Maka dari itu, kalau Anda ingin memiliki wajah bersih, segera tinggalkan pikiran ruwet ganti dengan pikiran solutif. Jangan munculkan stres dan depresi sebesar apapun masalah yang sedang menimpa. Nah, kalau stres dan penyebab munculnya jerawat lainnya di atas Anda jauhi, tentu menjadi tidak mustahil Anda memiliki wajah yang bersih dan cantik memukau.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait