by

5 Cara Merawat Rambut Agar Sehat, Cobain Yuk!

Rambut sering dikaitkan dengan mahkota terlebih bagi seorang perempuan. Namun, tidak jarang masalah rambut bermunculan seperti rambut rontok, rambut patah dan hal lainnya. Maka, kamu perlu menemukan cara merawat rambut agar sehat yang sesuai denganmu.

Kenapa merawat rambut begitu penting? Karena masalah yang ditimbulkan ketika rambut tidak sehat akan mengganggu aktivitasmu. Bahkan mungkin, kebersihan kamar pun ikut terganggu.

Ini dikarenakan ketika rambut tidak sehat, ia akan mudah patah sehingga jatuh dimana-dimana. Bahkan dapat menghalangi saluran pembuangan air, apabila habis keramas di kamar mandi.

Cara merambut agar sehat dengan mudah:
1. Menggunakan shampo yang cocok

Shampo merupakan sebuah cairan yang berfungsi untuk membersihkan, sama halnya dengan sabun. Akan tetapi, sampo berfungsi untuk membersihkan rambut dan kulit kepala. Ini dilakukan agar terhindar dari kulit kepala maupun rambut yang kotor, berminyak, debu dan lain sebagainya.

Aktivitas mencuci rambut dengan shampo pun dikenal dengan sebutan keramas. Dalam penggunaan sampo pun, tetap membutuhkan air untuk memaksimalkan fungsinya. Air disini berfungsi untuk melarutkan minyak alami.

Minyak ini dikeluarkan oleh tubuh untuk melindungi rambut serta membantu membersihkan kotoran yang menempel pada kepala. Namun, setiap orang memiliki masalah rambutnya sendiri dan tentu setiap masalah orang-orang pun berbeda.

Maka, sangat penting untuk mengenali masalah rambutmu. Apabila rambut rontok, maka pilihlah produk sampo yang memang menangani masalah rambut rontok. Hal ini karena setiap produk memiliki kandungan yang akan berfokus untuk menangani masalah-masalah rambut yang berbeda.

Pastikan sampo yang kamu gunakan mengandung vitamin C, Vitamin  A, Vitamin E, Vitamin D, protein, vitamin B dan Zat besi. Hindari pula kandungan sampo yang mengandung natrium atau sodium lauryl sulfat dan kandungan lainnya yang dapat membahayakan kesehatan rambutmu.

Baca Juga  Tips Memilih Serta Rekomendasi Pelatihan Prakerja Paling Mudah
2. Gunakan Kondisioner

Kondisioner merupakan sebuah produk yang berbentuk cairan, sama halnya dengan sampo. Akan tetapi, ketika dilarutkan dengan air tidak terlalu menghasilkan busa sebanyak sampo dan digunakan setelah penggunaan sampo.

Dengan begini, ternyata menggunakan shampo saja tidak cukup, kamu perlu menggunakan kondisioner untuk menjaga kesehatan rambutmu. Kondisioner ini berfungsi untuk membantu rambutmu lebih lembut, mudah disisir, tidak kusut dan bersinar.

Selain itu kondisioner pun berfungsi untuk memudahkan rambut untuk diatur dan meningkatkan volume rambut, sehingga dapat menunjang penampilan. Idealnya kondisioner pun mengandung surfaktan dan silikon.

Dimana surfaktan merupakan senyawa yang dapat melindungi kutikula rambut, sementara silikon bermanfaat untuk membentuk selubung kedap air, dimana selubung ini berfungsi untuk mengunci kelembaban rambut agar rambut tidak cepat rusak atau kering.

Jika kamu belum mengetahui produk kondisioner mana yang cocok untukmu, kamu dapat mencoba berbagai kondisioner yang sesuai dengan kebutuhanmu. Untuk menggunakannya, terlebih dahulu kamu haruslah keramas, lalu setelah rambut dicuci ulaskanlah kondisioner secara merata dengan memijat lembut kepala dan diamkan 1 sampai 3 menit, lalu bilas hingga bersih.

3. Membatasi mengenakan catokan maupun pengering rambut

Mungkin bagi kamu yang sering menggunakan catokan atau pengering rambut dalam merapikan rambut, cenderung sulit untuk menghilangkan kebiasaan ini. Namun kamu tenang saja, kebiasaan ini tidak perlu kamu hilangkan, hanya saja mengurangi.

Para ahli percaya, bahwa melakukan aktivitas ini secara terus menerus dapat merusak rambut karena dapat membuat rambut kering hingga mudah patah. Disarankan untuk menggunakan alat-alat ini 2 sampai tiga kali saja dalam seminggu.

Jika menggunakan pengering rambut, sebaiknya menggunakannya ke segala arah rambut sehingga tidak terfokus pada satu titik saja. Sehingga, panasnya tidak hanya mengenai titik itu saja. Namun, alangkah lebih baiknya kamu mengeringkan rambut secara alami.

Baca Juga  5 Cara Alami Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
4. Jangan menggunakan ikat rambut terlalu kencang

Pernahkah kamu mengikat rambut terlalu kencang, lama kelamaan kamu pun merasa pusing dan tidak hanya itu, ketika akan melepaskan ikatan, rambutmu pun terbawa? Hal ini dikarenakan ikatan yang kencang pada rambut dapat menyebabkan akar rambut melemah, hingga menyebabkan rambut rontok serta dapat merusak folikel rambut.

Selain itu, dapat menyebabkan peredaran darah di kulit kepala pun terhambat. Sebaiknya, kamu gunakan jepitan untuk mengikat rambut, tetapi jika tetap ingin mengenakan ikat rambut, sebaiknya jangan terlalu kencang dan sesekali cobalah gerai rambutmu, agar rambut pun dapat bernafas bebas sehingga rambut tetap terlindungi dengan baik.

5. Konsumsilah makanan yang baik untuk rambut dan jauhi stress

Selain perawatan dari luar, kamu pun perlu merawatnya dari dalam karena bagaimanapun nutrisi dalam sangat dibutuhkan. Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein, di antaranya telur, susu, daging, unggas dan ikan.

Selain itu, kamu pun perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, makanan tersebut antara lain kacang-kacangan,  kerang, biji labu, bayam dan tiram. Kamu pun jangan melupakan makanan yang mengandung asam  lemak omega-3, dimana kandungan ini terdapat pada  keju, ikan salmon, yogurt dan sarden.

Memperhatikan makanan yang dikonsumsi memanglah penting, tetapi imbangi pula dengan memperhatikan psikis. Pasalnya stress pun dapat menyebabkan kesehatan rambut terganggu. Ini dikarenakan ketika stress maka tubuh akan mengeluarkan suatu hormone yang bernama kortisol.

Nah, hormon inilah yang akan berpengaruh pada folikel rambut yang menyebabkan kerontokan pada rambut. Jika kerontokan disebabkan oleh stress, biasanya akan berlangsung dalam tiga bulan. Stres pun disebut pula dapat membuat rambut syok sehingga rontok.

Baca Juga  Kenali Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Depresi yang Harus Disadari Sejak Dini

Cara merawat rambut agar sehat di atas memang perlu dilakukan secara konsisten, sehingga tidak cukup dilakukan hanya sekali atau dua kali.

Comment

Artikel Terkait