by

Inilah Penyebab Stress dan Cara Mengenalinya!

Sebenarnya, ada berbagai penyebab mengapa seseorang dapat mengalami stress. Hal ini pun dapat menyerang siapa saja. Bahkan anak-anak pun dapat mengalami stress. Jika dibiarkan, maka dapat menghambat rutinitas sehari-hari.

Pengertian Stress

Kamu pasti sudah sering mendengar mengenai kata ‘stress’, bukan? Namun, sudahkah kamu mengetahui apa sebenarnya stress tersebut? Iya, stress merupakan salah satu reaksi tubuh yang muncul ketika seseorang mengalami berbagai tekanan, ancaman, maupun perubahan yang tiba-tiba (diri tidak siap menerima perubahan tersebut).

Hal tersebut dapat membuat seseorang kehilangan minat bahkan arah. Ia akan menjadi orang lebih sensitif dari biasanya.  Seperti mudah tersinggung, marah, dan tidak semangat. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan fisik. Pasalnya, ketika stress detak jantung kamu akan cenderung lebih cepat dari biasanya, tekanan darah pun mengalami peningkatan dan otot berubah menjadi kaku.

Selain itu, apabila terus berlanjut dapat mengakibatkan gangguan pada sistem pencernaan tubuh maupun sistem reproduksi. Orang yang mengalami stress dengan jangka panjang pun akan mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari Apakah stress sifatnya permanen? Sebenarnya tidak, ketika hal yang membuat diri tertekan telah selesai atau menemukan solusi.

Maka, lambat laun pun stress akan reda dengan sendirinya. Namun, dalam perjalanan hidup stress pasti akan menyerang sampai beberapa kali. Maka, respon diri pada stress sangat penting. Ketika tekanan atau masalah datang, usahakan tetap tenang dan fokus pada apa yang bisa dilakukan oleh dirimu.

Gejala Ketika Stress Menyerang

Setiap orang memiliki gejala atau tanda stress yang berbeda. Hal tersebut dipengaruhi oleh penyebab dari stress dan bagaimana cara orang yang terserang stress merespon tekanan tersebut. Namun, gejala stress dapat dilihat dari empat sisi, di antaranya!

Baca Juga  Viral di Media Sosial, Ini 4 Alasan iPhone 12 Populer di Masyarakat
1. Gejala pada emosi

Jika seseorang mengalami stress, biasanya ia akan merasakan emosi seperti merasa rendah diri, tidak berguna, kehilangan kendali, menghindari orang-orang (baik orang terdekat maupun tidak), suasana hati cepat berubah, mengalami kesulitan untuk menenangkan pikiran, merasakan kesepian meskipun di tempat yang ramai dan depresi.

Sebenarnya, gejala ini dapat dilihat oleh orang lain. Namun, apabila orang tersebut memperhatikannya dengan baik. Selain itu, dapat pula diidentifikasi oleh orang yang memiliki kedekatan secara emosional terhadap orang tersebut. Biasanya, gejala emosi ini cukup sulit teridentifikasi.

2. Gejala Pada fisik

Pernahkah kamu mengalami kelelahan yang luar biasa? Padahal sebenarnya aktivitas yang kamu lakukan sama seperti sebelumnya. Bahkan ada beberapa kasus dimana sang penderita tidak beraktivitas. Apa sih yang menjadikan hal tersebut dialami tubuh? Ternyata hal tersebut dapat dialami oleh sebagian besar orang apabila mengalami stress.

Biasanya, gejala dari stress pada fisik ditandai dengan sakit kepala, mual, diare, mengalami kesusahan alam buah air besar (BAB), hasrat seksual mengalami penurunan, sering mengalami batuk maupun pilek dan tubuh mengalami gemetar.

Selain itu, tangan maupun kaki terasa dingin, nyeri otot, mulut kering, sakit perut dan mengalami kesulitan menelan makanan. Bahkan stress yang menyerang perempuan dapat menyebabkan terlambatnya datang bulan.

3. Gejala pada Kognitif

Stress akan berpengaruh pada tingkat kemampuan kognitif. Ketika stress menyerang maka kamu akan mengalami sering lupa, susah berkonsentrasi, cenderung pesimis, overthinking dan bahkan dapat memutuskan suatu perkara yang tidak baik untuk masa sekarang maupun masa depan.

Sehingga, apabila mengalami kondisi ini sebaiknya tidak mengambil keputusan terlebih dahulu. Maka, tenangkan diri, dapat dengan menyendiri atau cara lain yang bisa buat kamu tenang. Lalu setelah tenang dan mengetahui apa konsekuensi dari apa yang diambil tersebut, baru memutuskan akan memilih apa.

Baca Juga  Kamu Harus Coba, 6 Menu Minuman Kekinian Yang Lagi Hits!
4. Gejala pada Perilaku

Stres pun mempengaruhi perilaku seseorang, biasanya ketika orang mengalami stress nafsu makannya akan meningkat, merokok, mengonsumsi alkohol dengan berlebihan, mengalami rasa gugup secara berlebihan seperti mondar-mandir ataupun menggigit kukunya. Tentu perilaku tersebut dapat merugikan diri sendiri.

Penyebab Stress

Seperti yang sudah dibahas, bahwa disebabkan oleh berbagai faktor. Namun, biasanya faktor ini merupakan hal yang penting dalam hidup orang yang mengalami stress. Inilah beberapa penyebab stress yang paling banyak dialami!

1. Tidak mendapatkan penghasilan

Hal pertama yang menjadi penyebab stress biasanya adalah finansial. Hal tersebut, wajar. Mengingat hampir semua kebutuhan menggunakan uang. Maka, secara tidak langsung jika tidak memiliki uang maka sulit untuk dapat melanjutkan kehidupan.

Kebutuhan tersebut dimulai dari kebutuhan makan maupun minum, pakaian, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya. Terlebih bagi orang yang sudah berkeluarga, tentu pikirannya bukan hanya tentang dirinya. Namun, lebih pada masa depan anak-anak mereka.

2. Mengalami tekanan yang besar di tempat kerja

Bukan hanya yang tidak memiliki pekerjaan saja. Namun, orang yang memiliki tekanan pun dapat terserang stress. Misalnya, memiliki atasan yang otoriter, rekan kerja yang tidak suportif, tanggung jawab yang besar dan lain sebagainya.

3. Masalah di rumah

Seseorang yang memiliki malah di rumah nya cenderung mengalami stress. Terlebih jika mengalami kekerasan di dalamnya. Jika dibiarkan terus, dapat berdampak pada psikisnya. Selain itu, biasanya sedikit banyaknya apapun yang terjadi di rumah mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

4. Menjadi korban pelecehan

Penyebab selanjutnya adalah menjadi korban pelecehan. Hal tersebut, wajar saja. Bagaimana tidak menjadi tekanan yang berat. Apabila kehormatan diambil secara paksa oleh orang tersebut. Belum lagi, bagaimana cara perlakuan orang tersebut pada korban. Tentu hal tersebut semakin membuat korban merasakan takut.

Baca Juga  Apa Saja Barang Wajib Saat Musim Hujan Ketika Berpergian?

Penyebab stress memang dapat berbeda tiap orang. Namun, jika gejala tadi sudah kamu rasakan dan bahkan mempengaruhi rutinitasmu. Sebaiknya periksakan diri pada psikolog, sehingga kamu dapat dibantu oleh tenaga ahli profesional.

Comment

Artikel Terkait