by

Inilah Dampak Buruk Begadang Bagi Kesehatan, Bisa Berisiko Kematian!

Manusia memiliki durasi tidur normal yaitu 7-9 jam per hari. Namun, tampaknya masih banyak orang yang sering begadang, sehingga menyebabkan jam tidurnya berkurang. Hal ini tentu memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Orang cenderung begadang karena aktivitas yang padat atau ada deadline kerjaan yang harus dikerjakan, tetapi ada pula sebagian orang yang melakukannya karena keasyikan nonton film, nongkrong dan lain sebagainya.

Dampak Begadang Bagi Kesehatan

Risiko bahaya yang ditimbulkan oleh begadang dapat menyebabkan kematian, apabila kamu terus mengulang hal tersebut secara terus menerus. Berikut dampak buruk begadang bagi kesehatan yang wajib kamu waspadai!

1. Peningkatan Berat Badan

wanita besar berdiri di depan gadis langsing - weight potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Salah satu dampak begadang yaitu meningkatnya berat badan, bahkan bisa sampai obesitas. Hormon ghrelin terus meningkat saat kamu kurang tidur. Hormon ini merupakan hormon yang merangsang rasa lapar.

Dengan begitu, kamu akan terus merasa lapar semalaman. Tentunya, jika kamu memutuskan untuk mematuhi keinginan tubuh untuk terus makan, ini akan mempengaruhi bobot berat badanmu. Terlebih, jika makanan yang dikonsumsi mengandung kalori tinggi.

Selain itu, apabila hal ini terus berlanjut, maka kamu akan merasa lebih cepat lelah karena kurangnya jam tidur. Secara tidak langsung, hal tersebut membuatmu malas berolahraga hingga akhirnya menyebabkan obesitas atau berat badan berlebihan.

2. Penuaan Dini dan Masalah pada Kesehatan Wajah

wanita asia melihat cermin - face potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Begadang bisa berdampak buruk terhadap kesehatan kulit. Karena saat begadang, kadar kortisol kamu akan meningkat. Hal itu akan berpengaruh pada hormon yang ada dalam tubuh, salah satunya adanya kulit. Kulit cenderung akan meradang dan memerah karena begadang.

Meningkatnya kadar kortisol dapat mengakibatkan kolagen kulit pecah. Akibatnya, kulit wajah akan mengalami penuaan dini karena kolagen lebih mudah pecah. Kolagen berfungsi untuk membuat kulit tetap elastis dan halus.

Baca Juga  Inilah Ide Renovasi Kamar Ala Drama Korea yang Penuh Nuansa Cozy, Nyaman Hingga yang Instagramable!

Selain itu, begadang yang berkepanjangan bisa membuat kamu mengalami bengkak mata dan kulit pucat. Hal itu dapat mempengaruhi garis halus yang ada dalam wajah, dan juga akan menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata atau kantung mata.

3. Penurunan Imun Tubuh

wanita sakit terkena flu atau pilek - weak potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Begadang juga bisa berefek pada ketahanan imun tubuh. Dengan begadang, kamu akan lebih cepat lelah. Sehingga dapat berimbas pada sistem imunitas tubuh. Kamu akan lebih mudah terserang virus dan penyakit, karena ketahanan tubuh kamu semakin melemah.

Kurangnya jam tidur dapat menyebabkan tubuh sulit untuk pulih dari penyakit atau virus. Kurang tidur akibat begadang pun dapat menurunkan kualitas tidur kamu, dan hal inilah yang menyebabkan kamu mudah terkena virus.

4. Sulit Berkonsentrasi

pengusaha wanita dengan sakit kepala duduk di meja - confused potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kamu akan cenderung sulit berkonsentrasi apabila begadang. Hal itu disebabkan karena kamu merasa kelelahan akibat begadang semalaman. Selain berdampak pada kesehatan wajah, penurunan kadar kortisol dapat menyebabkan stress dan mood yang tidak stabil.

Stress dapat mempengaruhi kerja otak manusia, sehingga kamu akan mengalami gangguan berpikir jernih disebabkan oleh otak yang kurang istirahat dan kelelahan. Akibatnya, kamu akan sulit berkonsentrasi terhadap hal-hal yang sedang kamu kerjakan.

5. Risiko Diabetes

wanita asia mengukur kadar gula darah dengan glukometer - diabetes potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Salah satu penyakit kronis yang disebabkan oleh begadang terus menerus adalah diabetes. Jika kamu tidak tidur selama semalam, resistensi insulin kamu akan meningkat. Hal tersebut menjadi pemicu peningkatan gula darah pada aliran darah.

Selain itu, begadang membuat kamu mudah lelah. Tubuh akan cenderung menginginkan makanan yang mengandung gula untuk meningkatkan energi. Akibatnya, kadar gula darah kamu akan semakin meningkat dan beresiko besar mengalami diabetes.

6. Daya Ingat Menurun

wanita cantik asia memiliki pertanyaan reaksi berpikir emosional pada bidikan studio latar belakang biru, ide menemukan konsep inspirasi. - forget potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kurang tidur akibat begadang bisa menyebabkan sulit untuk berkonsentrasi, dan juga bisa menyebabkan sulitnya belajar hal-hal baru. Akibatnya, kamu akan mengalami gangguan pada memori jangka panjang serta memori jangka pendek.

Baca Juga  Ternyata Mudah Banget, Ini 20 Cara Menjalani Hidup Lebih Bahagia!

Sistem saraf pusat pun akan semakin terganggu seiring dengan kurangnya jam tidur yang kamu miliki. Maka, otak pun akan semakin kesulitan untuk mengingat sesuatu karena merasa kelelahan. Sehingga, kamu akan mengalami penurunan daya ingat.

7. Gangguan Reproduksi

nyeri pada prostat, manusia menderita prostatitis atau dari penyakitnereal - genital pain potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Selain berakibat pada tubuh, wajah dan saraf, kurang tidur akibat begadang pun menyebabkan adanya gangguan pada sistem reproduksi. Begadang bisa memberikan dampak negatif terhadap sistem reproduksi wanita dan pria.

Pada wanita, begadang dapat berpengaruh terhadap masalah kesuburan. Karena begadang dapat memicu serta mengganggu beberapa hormon. Hormon-hormon tersebut akan mempengaruhi pula kesehatan pada reproduksi wanita, misalnya menstruasi yang tidak teratur.

Pada pria, begadang dapat berpengaruh buruk terhadap kualitas sperma. Penelitian menunjukkan bahwa pria yang memiliki jam tidur lebih rendah, jumlah dan motilitas spermanya pun lebih rendah.

8. Penyakit Jantung

wanita bisnis penyakit jantung dia bekerja di kantor. - heart disease potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Penyakit kronis lainnya yang disebabkan oleh begadang adalah penyakit jantung. Akibat peningkatan hormone ghrelin yang menyebabkan kegemukan atau obesitas, maka kamu pun berisiko memiliki penyakit jantung apabila mengulangi kebiasaan ini secara berkepanjangan.

Selain itu, kekurangan tidur bisa menyebabkan penumpukan kalsium di pembuluh darah. Hal itu dapat menyebabkan terbentuknya plak. Sewaktu-waktu, plak tersebut bisa saja lepas dan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah ke jantung.

9. Risiko Kematian

orang terbaring mati dengan tangan terulur - death potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Dampak terburuk begadang adalah risiko kematian. Karena begadang dapat mengakibatkan stroke, gangguan mental hingga kematian. Orang-orang yang sering begadang memiliki risiko kematian lebih tinggi 10% dari yang tidak begadang.

Itulah beberapa dampak buruk begadang bagi kesehatan yang wajib kamu ketahui dan pertimbangkan, agar kamu mengurangi waktu begadangmu. Agar kesehatan tubuhmu tetap sehat dan terjaga.

Comment

Artikel Terkait