by

Inilah 7 Karir Bagi yang Suka Menulis, Kamu Tertarik?

Menyenangkan rasanya, jika bekerja dibidang yang disukai. Pekerjaan akan lebih terasa enjoy dan dapat dinikmati, bukan? Meskipun ada tekanan, itu tidak akan menjadi halangan dalam menyelesaikan pekerjaan.

Selain mendapatkan bayaran, kamu pun akan merasa ada kepuasan tersendiri pada diri. Apa jadinya jika kamu suka menulis novel, puisi, berita, bahkan sampai mempromosikan suatu produk atau brand, itu mendatangkan kepuasan dan kamu dibayar atas apa yang kamu sukai tersebut? Itu sangat menguntungkan, bukan?

List profesi untuk yang suka menulis

Kenapa yang suka menulis penting untuk profesi berikut ini? Karena job des utama dalam profesi ini adalah menulis. Selain itu, biasanya orang yang menyukai menulis pun akan mencari data dengan melakukan riset untuk bahan tulisannya, sehingga profesi ini sangat cocok untuk kamu yang suka menulis. Nah, inilah beberapa profesi yang bisa kamu coba, di antaranya:

1. Content writer

Profesi ini memiliki jobdesk untuk menulis sebuah konten yang bersifat informatif dan juga enak untuk dibaca. Alasan inilah yang menyebabkan profesi ini cocok untuk kamu yang suka menulis dan membaca. Selain itu, kamu pun minimal paham betul dasar dari tulisan yang dibuat oleh profesi ini.

Dasar yang dimaksud yaitu, penerapan SEO, keselarasan keyword dengan judul sampai pada pembahasan dan PUEBI untuk menunjang kualitas tulisan. Jadi, bagi kamu yang senang menyajikan informasi melalui tulisan dengan tujuan edukasi, profesi ini cocok untukmu.

2. Copywriter

Profesi ini cocok untuk kamu, yang menyukai marketing sekaligus menulis. Sebab profesi yang satu ini, tidak hanya menyediakan sebuah konten yang informatif tetapi memiliki tujuan memasarkan sebuah produk atau brand secara singkat, menarik, dan menggunakan teknik soft selling.

Apa itu teknik soft selling? Yaitu suatu teknik yang digunakan dalam menulis untuk mempromosikan suatu barang maupun jasa,  secara tidak langsung atau dikenal dengan memasarkan produk menggunakan cara halus.

Misalnya, mempromosikan produk minuman, yang ditulis tidak hanya sebatas keterangan produk. Akan tetapi, masalah yang dihadapi target sasaran, menjelaskan bahwa produk yang ditawarkan menjadi solusi dari masalah yang dihadapi target sasaran, dan mengajaknya untuk menggunakan produk tersebut.

3. Penulis fiksi

Tentu kamu kenal, siapa J.K rowling, bukan? Iya, dia adalah salah satu penulis fiksi perempuan terkaya karena berhasil menulis buku Harry Potter, yang tentunya legendaris di mata para penggemarnya dan meraup keuntungan yang banyak. 

Di samping itu, masih banyak lagi penulis-penulis lainnya yang sudah sukses. Penulis fiksi merupakan orang yang menulis dengan memadukan imajinasi dan dunia nyata, yang dikemas dengan begitu menarik dan terkadang memaparkan sebuah latar dan isinya mustahil. 

Namun, tetap enak untuk dibaca dan seakan-akan terbawa alur. Itulah alasan kenapa suka menulis di bidang ini cukup menantang bukan?

Jadi, jika kalian suka menulis fiksi, sebaiknya cobalah pekerjaan ini! Meskipun kamu kurang percaya diri pada kemampuan kamu, coba saja terlebih dahulu.

4. Jurnalis

Profesi ini cocok bagi kalian yang suka terjun ke lapangan dan menulis, sebab jobdesk dari profesi ini menuliskan berita berdasarkan data yang ditemukan di lapangan (laporan) dan dimuat di media massa. 

Jadi, dalam pengolahan materinya pun, tidak asal comot dari internet. Namun menelusurinya lebih jauh, bahkan sampai terjun ke lapangan. Maka, pekerjaan ini sangat tepat bagi kamu yang suka menulis, suka melakukan analisis data dan terjun ke lapangan langsung. 

Bagi kamu yang memilih menulis di bidang ini, lebih baik sering olahraga, menjaga kesehatan dan usahakan agar tetap fit. Hal ini dilakukan agar menunjang semua pekerjaan yang dilakukan.

5. Ghost writer

Sesuai namanya, profesi ini akan menulis buku,artikel, atau yang lainnya. Namun, hak ciptanya bukan  miliknya. Biasanya, orang yang memakai ghost writer memiliki ide atau gagasan, sehingga sang penulis hanya menjabarkan agar gagasan tersebut dapat memberi informasi dan enak untuk dibaca.

Kalau begitu, penulis yang menjabarkan gagasan dapat mengalami kerugian kah? Tentu tidak, sebelum menulis pasti akan ada kesepakatan terlebih dahulu antara penyedia jasa dan yang ingin menggunakan jasanya. 

Jadi, kamu tidak perlu khawatir soal itu, tetapi dengan catatan kamu sebagai penyedia jasa mampu membuat kesepakatan dengan klien kamu dengan jelas dan secara terperinci.

6. Script Writer

Apakah kamu familiar dengan profesi satu ini? Seperti yang diketahui bahwa sebuah film atau video cerita dengan durasi pendek, tidak mungkin dapat dibuat tanpa seorang script writer. Lalu apa itu tugas dari script writer?

Seorang yang memiliki profesi ini, memiliki jobdesk untuk menulis naskah dengan detail tindakan, ekspresi, gerakan, maupun dialog tokoh atau karakter dalam format yang disebut dengan  screenplay.

Selain itu, seorang scriptwriter akan bekerjasama dengan produsen maupun sutradara dalam menulis suatu naskah untuk sebuah film maupun acara televisi lainnya. Sehingga, bagi kamu yang ingin menulis naskah untuk film, profesi ini cocok untukmu.

7. Editor

Profesi ketujuh yang bisa dijadikan profesi bagi kamu yang hobi menulis adalah menjadi seorang editor. Segala bentuk tulisan cenderung tidak akan terbit, tanpa melewati seorang editor terlebih dahulu. 

Seorang editor memiliki jobdesk untuk mengecek tulisan sudah sesuai dengan EYD, kalimat-kalimat tidak sumbang atau hal lainnya.

Beberapa karir bagi yang suka menulis diantaranya content writer, copywriter, jurnalis, penulis fiksi, ghost writer, script writer dan editor. Pilihlah profesi yang menurutmu sesuai dengan minat dan kemampuan mu, sehingga kamu tidak akan mengalami terlalu banyak kesulitan saat menjalankannya. 

Baca Juga  7 Aplikasi Wajib Setelah Install Ulang Windows

Comment

Artikel Terkait