by

Inilah 5 Bahan untuk Membuat Tas Kain, Kamu Tertarik Membuatnya?

Tas sudah termasuk kebutuhan bagi sebagian besar orang dalam menunjang kehidupannya sehari-hari. Selain itu, tas pun tersedia beragam model, ada tas gendong, tas selempang dan lain sebagainya. Kebutuhan mengenai tas kian bertambah dan seiring berjalannya waktu. Salah satu tas yang banyak dicari adalah tas kain. Lalu apa saja bahan untuk membuat tas kain?

1. Kain Kanvas

wanita memegang kain kanvas tas untuk mockup template kosong. - kain kanvas potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kain ini memang banyak digunakan untuk membuat tas dan penggemarnya pun cukup terbilang banyak. Kain jenis ini, biasanya dibuat di pabrik lalu dibuat dengan jumlah yang cukup banyak. Tekstur dari kain ini terbilang sedikit kasar, kaku dan tebal.

Sehingga, kain ini sering digunakan untuk tas punggung atau tas untuk ke gunung. Hal ini bukan tanpa alasan, tas ini dapat memuat beban yang cukup berat dan tas ini pun memiliki daya tahan yang lama.

Namun meskipun begitu, kamu perlu memastikan tas yang kamu beli itu dapat memuat beban maksimal di angka berapa, 1 Kg kah? 2 Kg? atau berapa.

Hal ini sangat penting karena dengan kamu mengetahui total muatan yang bisa dibawa oleh tas, ini akan membuat kamu tidak membawa beban melebihi yang muatan tas sehingga daya tahan tas pun akan lama.

Selain itu, ternyata kain kanvas ini memiliki banyak jenis, tetapi bahan kanvas jenis sueding, kain kanvas marsoto dan kain kanvas terpal yang bisa atau paling umum digunakan untuk membuat tas, ini tentunya dipengaruhi oleh tekstur ketiga jenis bahan kanvas tersebut.

2. Kain Blacu

Jenis-Jenis Kain Blacu dan Pemanfaatannya Untuk Produk Kerajinan

Blacu merupakan salah satu bahan yang terbuat dari kapas, tas yang terbuat dari kain ini biasanya memiliki tekstur fleksibel, kasar, dan memiliki warna original kain, yaitu warna pucat. Warna ini disebabkan karena belum dicelup warna apapun sehingga warnanya pun masih asli. Selain itu, tas dari bahan blacu ini biasanya lebih tipis dibanding bahan kanvas.

Baca Juga  7 Tips Sederhana Agar Tidak Mudah lelah

Nah, untuk model tas yang sering digunakan oleh bahan ini seperti tote bag, tas selempang kecil dan tas yang lainnya. Tas dari bahan ini lebih cocok untuk digunakan ke acara santai, ke kampus atau sekolah dan lain sebagainya.

Namun, tidak menutup kemungkinan tas ini pun dipakai ke acara semi formal, tergantung dari selera yang mengenakannya. Hal ini tentunya dikarenakan ada beberapa orang yang memang senang mengenakan baju atau berpenampilan santai, bahkan untuk acara semi formal sekalipun.

3. Kain Denim

kain denim biru - kain denim potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Ternyata bukan celana jeans saja yang menggunakan bahan denim, dalam membuat tas pun menggunakan bahan ini. Bahan tas ini ternyata masih satu keluarga dengan bahan kanvas. Namun, denim memiliki tekstur yang lebih kasual.

Kain ini pun memiliki tekstur yang tebal dan kuat sehingga wajar, apabila tas ini dapat dibuat tas kekinian atau dibuat secara fashionable yang memiliki daya tahan yang kuat. Kain denim ini biasanya dibuat  dengan model tote bag, tas kecil dan tas yang lainnya. Selain dari alasan di atas tas yang berbahan kain denim pun banyak diminati karena mudah dicuci.

Jika tas ini semakin sering dicuci, maka akan berubah warnanya menjadi warna yang berkesan usang. Ini dikarenakan warna aslinya luntur. Namun, warna ini akan lebih terlihat atau terkesan vintage sehingga tetap bagus dilihat tanpa mengurangi sedikitpun kesan fashionablenya.

4. Kain Parasut

permukaan kain parasut - kain parasut potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kamu ingin membuat tas tapi tidak terkesan nggak ribet? Atau mau membuat tas yang lumayan besar, tetapi saat tidak dipakai ingin tas tersebut hanya butuh sedikit ruang untuk menyimpannya? Sepertinya bahan tas ini cocok untukmu.

Keunggulan lain dari tas ini adalah tas ini dapat dibersihkan dengan sangat mudah, hanya membutuhkan air saja. Selain itu, tas ini tahan atau anti air dan cenderung tipis. Sehingga tidak heran banyak orang yang menyukai tas dari bahan ini.

Baca Juga  7 Inspirasi Outfit Outer Hijab Agar Semakin Fashionable

Untuk model dari tas ini biasanya dibuat tote bag, tas untuk bepergian dan lain sebagainya. Tas ini pun dapat kamu lipat sehingga dapat disimpan dimana saja. Tas ini pun dipercaya memiliki daya tahan yang cukup dibilang lama. Adapun dahulunya tas ini dibuat dari sutra, tetapi seiring berjalannya waktu tas ini dibuat dari bahan polyester dan nilon.

5. Kain Polyester

sampel kain pelapis berwarna-warni - kain polyster potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kain polyester sudah tidak asing bukan, kita dengar? Bahan ini terbuat dari senyawa kimia, asam tereftalat dan ethylene glycol, dan dicampur dengan serat yang dihasilkan dari minyak bumi. Sehingga, bahan ini merupakan campuran kimia dan bahan alami.

Tas dari bahan ini memiliki tekstur yang kasar dan cenderung tebal, sehingga lebih banyak dibuat dengan model tas untuk laptop, tas punggung dan lain sebagainya. Kelebihan dari tas ini pun tidak mudah kusut, tahan lama dan anti bakteri.

Saat kamu mencuci tas ini, kamu tidak perlu khawatir, ini dikarenakan tas ini dapat atau mudah kering sehingga kamu tidak perlu menunggu lama untuk memakai tas ini setelah dicuci, bukan? Tas ini memang cenderung mempunyai daya tahan yang kuat, bahkan jika dicuci menggunakan bahan kimia maupun dry cleaning sekalipun.

Bahan untuk membuat tas sebenarnya masih banyak, tetapi bahan yang diatas biasanya lebih banyak digunakan dan dapat dikenakan oleh semua kalangan, ini dikarenakan harganya yang terjangkau. Meskipun begitu, kualitas dari bahan ini tidak perlu diragukan lagi.

Dari kelima bahan untuk membuat tas kain, kamu lebih suka yang mana? Namun, yang jelas setiap bahan yang digunakan tentunya memiliki keunggulannya masing-masing serta memiliki kegunaannya masing-masing.

Comment

Artikel Terkait