by

Ini Ternyata Manfaat Lari Pagi Bagi Si Kecil, Mari Galakkan!

Ada banyak manfaat lari pagi bagi si kecil baik dari segi kesehatan maupun perkembangan psikologinya. Karena banyaknya manfaat tersebut, maka memang seharusnya orang tua selalu mengajak si kecil untuk lari pagi. Nah, supaya lebih termotivasi lagi, maka akan kami tambahkan manfaat lainnya di artikel ini.

Setiap orang tua pasti ingin memiliki anak yang sehat. Maka dari itu, olahraga harus dirutinkan sejak dini supaya kesehatan si kecil lebih terjamin. Nah, di bawah ini terdapat manfaat olahraga terutama lari pagi bagi anak kecil. Jadi silakan dicoba ini manfaat-manfaat yang dimaksud:

1. Agar Si Kecil Memiliki Imunitas Baik

Anak kecil yang selalu terpapar cahaya matahari pagi hari pasti memiliki imunitas yang bagus. Nah, sistem kekebalan tubuh ini yang akan menjadikan anak kecil tidak akan mudah diserang penyakit. Apalagi kalau si kecil juga beraktivitas olahraga di pagi hari seperti lari pagi yang dilakukan dengan rutin.

Nah, anak kecil yang lari di pagi hari minimal 5 menit saja sudah bisa membangkitkan imunitasnya. Namun pilihlah waktu yang tepat. Usahakan di pagi hari yang tidak terlalu panas, minimal dari jam 06.00 sampai jam 07.00 sedangkan untuk jam di atasnya sudah kurang cocok untuk anak kecil.

2. Stamina Si Kecil Juga Prima

Kalau ingin memiliki anak yang stamina-nya kuat, maka harus dibimbing sejak dini. Salah satu caranya dengan mengikutsertakan mereka saat lari pagi. Nah, kalau lari pagi ini dilakukan dengan rutin, tentu stamina si kecil akan prima, serta tidak akan mudah mengalami kelelahan.

Selain itu, si kecil akan menjadi sosok yang aktif, kreatif dan inovatif. Ini adalah kesempatan yang bagus karena dimulai anak sejak dini. Maka dari itu, ajak anak untuk lari pagi, dan biar lebih bagus ajak juga seluruh keluarga. Karena aktivitas olahraga ini juga bermanfaat untuk orang yang sudah dewasa.

Baca Juga  Perlu Diperhatikan! Inilah Dampak Broken Home Bagi Anak
3. Memperkuat Otot Kaki

Anak kecil yang suka lari pagi biasanya memiliki otot kaki yang bagus dan kuat. Karena saat lari pagi, otot ini sudah terlatih untuk bergerak dengan intensif. Jadi, baik lari santai maupun lari cepat, otot kaki akan tetap terbentuk dengan bagus. Dan ini penting serta layak dijadikan sebagai rutinitas si kecil.

Anak kecil yang sudah bisa berjalan dengan baik, maka ajak ia untuk berlari-lari kecil. Supaya otot kakinya lebih kuat. Lakukan lari di pagi hari ketika matahari masih belum terlalu panas. Nah, lama kelamaan otot anak akan terbentuk dengan sendirinya. Untuk itu, peran orang tua harus efektif termasuk rela bekerja keras untuk bangun di pagi hari.

4. Anak Tidak Kekurangan Vitamin D

Manfaat lari pagi untuk si kecil berikutnya ialah agar tidak kekurangan vitamin D. Setiap anak membutuhkan vitamin D yang ideal. Dan ini bisa didapatkan dari cahaya matahari di pagi hari. Maka dari itu, jika pagi hari, biarkan anak beraktivitas di luar termasuk melakukan lari pagi. Karena ini yang akan membantu keterpenuhan vitamin D di dalam dirinya. Dan perlu diingat Vitamin D merupakan nutrisi yang penting bagi anak kecil.

Vitamin D bagus untuk perkembangan otot dan tulang si kecil. Selain mereka tidak akan mudah lelah, otot juga tidak mudah mengalami kram dan pegal-pegal. Sedangkan untuk orang dewasa, Vitamin D dibutuhkan untuk mencegah osteoporosis atau pengeroposan pada tulang yang ekstrim.

5. Anak Bebas dari Rasa Malas

Jika hari libur, biasanya anak akan bangun pagi tetapi bukan melakukan olahraga melainkan bermain game di HP. Dan ini telah menjadi pembiasaan yang buruk karena mereka akan terlahir menjadi insan pemalas. Lebih baik berikan anak aktivitas yang bisa membuat fisiknya bergerak seperti lari di pagi hari.

Baca Juga  Punya Masalah dengan Berat Badan? Ini 7 Makanan untuk Sarapan dengan Masalah Berat Badan

Dengan melakukan olahraga di luar rumah, sejatinya telah membuat si kecil tercegah dari rasa malas. Namun, pastikan ketika berlari orang tua harus turut serta lalu berikan reward yang menarik seperti mampir di tempat jajanan yang disukai anak atau yang lainnya. Ini yang akan menjadikan aktivitas positif bagi si kecil daripada pagi hari berdiam di rumah.

6. Sarana yang Tepat untuk Mengajarkan Nilai Positif Kehidupan

Anak yang berlari di pagi hari, sejatinya adalah aktivitas yang akan mengenalkan anak dengan kehidupan luar. Nah di sisi ini, orang tua harus mengajarkan tentang hal positif yang dilihat anak di tengah perjalanan. Makanya, ketika anak sedang berlari, orang tua harus turut serta sembari memberi pesan-pesan yang luhur.

Di sini orang tua juga bisa menanamkan bagaimana seorang yang sportif. Karena pasti yang akan ditemukan di perjalanan adalah orang yang juga melakukan aktivitas yang sama. Di situ juga mungkin ada atlit lari yang sedang berlatih. Nah, di sinilah kesempatan orang tua untuk menanamkan sisi positif dari hal tersebut.

7. Membuat Postur Tubuh Anak lebih Ideal

Manfaat yang terakhir dari kebiasaan anak lari di pagi hari ialah membentuk postur tubuh anak yang ideal. Mereka akan menjadi sosok yang tinggi dengan postur pinggang ramping. Bisa dipastikan juga, anak yang suka lari pagi akan terbebas dari berat badan yang berlebihan. Sekalipun makannya cukup banyak.

Maka dari itu, manfaat lari pagi bagi si kecil di atas harus diperhatikan dengan serius. Toh ini demi kesehatan anak Anda sendiri yang harus dijaga sejak dini. Namun pilihlah di usia yang tepat serta di waktu yang tidak terlalu panas. Tetap harus ada perbedaan antara batas pagi hari orang dewasa dengan anak yang masih kecil.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya