by

Hindari 5 Kebiasaan yang Membuat Tidak Bahagia Dalam Kehidupan Anda

Kebahagian adalah hal yang diiginkan oleh semua orang baik itu secara material ataupun emosional. Tetapi seringkali dalam setiap perjalanan hidup seseorang tidak lepas akan permasalahan dan ujian. Hal tersebut bisa terjadi karena faktor juga alasan tertentu yang dijalani tiap-tiap individu.

Penting Anda tahu ada banyak faktor dan latar belakang yang menyebabkan kehidupan seseorang tidak bahagia. Salah satunya ialah sering melakukan hal yang kurang ada manfaatnya. Agar Anda terhindar dari kebiasaan yang membuat tidak bahagia setiap harinya, simaklah ulasan berikut ini.

1. Selalu Merendahkan Dirinya Sendiri
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Sebagai seorang manusia yang dibekali dengan akal dan kemampuan yang sempurna, tidak sepantasnya jika terlalu merendahkan dirinya. Sikap tersebut sangat tidak baik untuk kelansungan hidup, karena bisa menimbulkan sifat putus asa yang berkelanjutan.

Dengan demikian maka Anda harus berpikir dua kali agar tidak mempunyai sikap merendahkan diri ini. Jika itu sudah menjadi kebiasaan, maka hal tersebut sangat akan menggangu kelangsungan hidup Anda dalam berproses setiap harinya.

2. Memiliki Obsesi yang Berlebihan
Worried shopaholic woman after multiple purchases Worried shopaholic woman after multiple purchases in colorful shopping bags at home excessive obsession stock pictures, royalty-free photos & images
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Punya keinginan untuk memiliki sesuatu hal yang disukai memang sudah wajar, tetapi bila sudah menjurus kepada obsesi yang berlebihan akan suatu hal atau bahkan semua hal, itu yang tidak baik. Karena hal itu malah akan merugikan Anda sendiri.

Sikap obsesi yang berlebihan jika sudah menjadi kebiasaan yang berlanjut dan secara terus-menerus berulang pada kehidupan, akan menimbulkan dampak yang buruk baik itu untuk pribadi Anda sendiri ataupun orang lain disekitar Anda.

3. Mengerjakan Suatu Hal yang Tidak Sesuai Dengan Kemampuan
Rain in Office Woman holding an umbrella while working in office excessive obsession stock pictures, royalty-free photos & images
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Ketika Anda akan melakukan sebuah pekerjaan alangkah lebih baiknya jika melihat ukuran kemampuan yang dimiliki. Mengapa demikian? Karena jika Anda mengerjakan sesuatu hal tapi tidak dibekali dan didasari oleh kemampuan yang dimiliki, maka akan menjadi beban tersendiri.

Baca Juga  Jangan Asal, Ini 5 Tips Bijak Dalam Menggunakan Media Sosial

Terlebih lagi jika Anda memaksakan untuk mengerjakannya, akibatnya akan sangat fatal. Mulai dari hasil yang tidak memuaskan atau bahkan Anda mengalami kesulitan yang berkelanjutan dan akan memperburuk kehidupan Anda.

4. Selalu berpikir pesimis
A stressed businesswoman is sitting at the office desk surrounded by a computer laptop and various equipment. A stressed businesswoman is sitting at the office desk surrounded by a computer laptop and various equipment. excuse me stock pictures, royalty-free photos & images
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Sikap pesimis menjadi pemicu tidak bahagianya kehiduapan seseorang, karena merasa tidak percaya diri akan kemampuan dan selalu berfikir menemui kegagalan yang sama. Akibatnya dalam menjalani hidup seseorang akan selalu takut untuk melangkah.

Jika hal tersebut sudah menjadi kebiasaab yang Anda lakukan setiap harinya dalam menjalani hidup, maka akan merugikan Anda sendiri. Pasalnya dengan sikap pesimis yang belebih akan menjadikan Anda pribadi yang mudah menyerah.

5. Terlalu Membandikan Diri Dengan Orang Lain
Boy is excusing for the offendedly girl and offering to play ball Boy is excusing for the offendedly girl and offering to play ball at home. excuse me stock pictures, royalty-free photos & images
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Tidak mempunyai kepuasan terhadap apa yang sudah dicapai dan terlalu fokus dengan pencapaian orang lain, itu akan berakibat buruk pada kehidupan Anda. Kebiasaan ini harus dihindari dan sebisa mungkin untuk tidak membandingkan kemampuan Anda dengan orang lain.

Jika hal itu berlanjut maka akan mempengaruhi kelangsungan hidup Anda, dan bahkan akan mempengaruhi dalam segi emosianal. Lebih baik Anda tidak perlu bersikap demikian, karena perlu diketahui setiap manusia yang hidup sudah dibekali dengan kemampuan yang unik dan berbeda.

Hal-hal atau kebiasaan yang membuat tidak bahagia dalam menjalani kehidupan sehari-hari harus sebisa mungkin dihindari. Baik itu yang bersifat sepele atau yang sudah fatal. Dengan pemikiran dan kebiasaan yang baik sehari-hari, maka akan membuat Anda menemukan kebahagian yang tiada duanya.

Jadi mulai dari sekarang berhentilah untuk tidak melakukan kebiasaan yang merugikan Anda secara pribadi.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait