by

Hati-Hati, Hindari Hal Ini Saat Terpuruk!

Masa-masa sulit pasti akan menghampiri siapa saja, termasuk kamu. Namun, meskipun demikian sebisa mungkin hindari hal ini saat terpuruk. Pasalnya, jika hal tersebut tidak dihindari atau bahkan kamu berlarut dalam keadaan seperti itu. Maka akan merugikan dirimu sendiri. Tentu hal tersebut tidaklah baik. Selain itu, saat terpuruk biasanya emosi tidak stabil.

Sehingga terkadang berbuat atau berpikir yang tidak-tidak. Bahkan jika sudah larut dalam keterpurukan dapat mengancam keselamatan jiwa seseorang. Maka dari itu, bagaimana kamu terpuruk, cobalah untuk menghindari beberapa hal yang akan membuatmu rugi.

Hindari Hal Ini Saat Terpuruk

Masa terpuruk merupakan suatu fase yang sulit untuk dilalui. Terutama jika tidak ada support sama sekali dari orang terdekat. Tentu hal tersebut membuat perasaan lebih hancur. Namun, percayalah setiap masa itu ada waktunya. Termasuk keterpurukan. Selain itu, cobalah untuk tidak melakukan beberapa hal berikut ini!

1. Menyalahkan Diri Secara Terus Menerus

Sebagian orang akan menyalahkan diri sendiri ketika berbagai masalah timbul. Contohnya, kamu mengikuti lomba renang. Namun, ternyata gagal. Padahal kamu sudah berusaha dengan maksimal. Akan tetapi, masih banyak orang yang menyalahkanmu karena kegagalanmu tersebut. Hingga akhirnya menyebabkan sekolah tidak berhasil membawa piala.

Kamu pun merasa bersalah dan secara terus menerus menyalahkan dirimu sendiri. Hingga akhirnya membuat kamu tidak memiliki kepercayaan diri lagi untuk menekuni bidang tersebut. Selain itu, energi yang dimiliki pun akan habis karena terus merasa bersalah. Hal ini memang wajar, kamu rasakan saat kegagalan atau suatu hal yang menyakitkan terjadi pada dirimu.

Namun, hal tersebut akan berdampak buruk, apabila terjadi dalam kurun waktu yang lama. Bahkan dapat berdampak pada kesehatan fisik. Seperti terganggunya sistem pencernaan, migrain, dan lain sebagainya. Percayalah, dengan kamu seperti itu semua tidak akan selesai.

Baca Juga  Manfaat Tidur Siang yang Mampu Tingkatkan Performa Kinerja Tubuh
2. Larut Menyalahkan Keadaan dan Orang Sekitar

Tidak hanya, menyalahkan diri sendiri saja. Ada pula orang yang akan menyalahkan kegagalannya atau masalah yang dihadapi kepada orang lain. Bukannya introspeksi diri malah sifat egoisnya semakin menjadi. Tentu, hal ini akan merugikan kamu nantinya. Jika terus menerus dilakukan. Salah satunya adalah kamu tidak akan tumbuh dan belajar dari masalah yang kamu hadapi.

Sehingga, kamu pun akan tumbuh sebagai sosok yang kekanak-kanakan. Bahkan, sampai umur berapapun. Apabila kamu tidak sadar dan berubah. Selain itu, orang-orang terdekat pun akan lama kelamaan risih dengan dirimu. Pasalnya, kamu hanya bisa menyalahkan orang lain atau keadaannya saja.

Misalnya, kamu kerap melempar kesalahan ketika hasil olimpiade tidak bagus kepada rekan yang lain. Padahal rekan yang lain sudah berusaha dengan sebaik mungkin. Bukannya introspeksi bersama, kamu malah lepas tangan dan melimpahkan semua kepada rekan kamu. Tidak heran apabila kamu dinilai menyebalkan oleh orang lain.

3. Menghardik Diri

Beberapa orang pun ada melakukan atau menghardik atau mencaci diri sendiri. Sehingga lebih mudah untuk membenci diri. Selain itu, kata-kata umpatan tadi akan terekam jelas dalam alam bawah sadar kamu. Dengan begitu, secara tidak langsung akan menjadi sugesti bagi dirimu sendiri. Maka, wajar apabila, kamu merasa serba terbatas.

Misalnya, kamu melakukan kesalahan ketika presentasi kepada atasan. Kemudian, kamu ditegur, baik oleh atasan maupun rekan kerja. Sehingga, setelahnya kamu mencaci diri sendiri. Diantaranya dengan mengatakan kamu pengecut, tidak berguna, tidak bisa apa-apa, atau kata-kata umpatan lain.

Setelahnya, apa yang kamu rasa? Bukankah lambat laun pun kamu merasa, mulai tidak percaya diri bahkan menarik diri lingkungan? Tentu hal tersebut akan berpengaruh buruk terhadap pertumbuhan maupun perkembangan karir kamu. Bahkan dapat merambat ke segala aspek kehidupan yang kamu miliki.

Baca Juga  Inilah 7 Hal yang Wajib diketahui Sebelum Umur 25 Tahun!
4. Menyakiti Diri Sendiri

Hindari hal ini saat terpuruk. Pasalnya akan sangat berbahaya. Biasanya, menyakiti diri sendiri disini lebih kepada fisik. Misalnya, memukul diri sendiri, menggores tangan dengan silet dan lain sebagainya. Biasanya hal ini dipicu oleh rasa putus asa dan benci pada diri sendiri. Tentu hal ini sangat berbahaya, bukan?

Ketika keinginan ini muncul, cobalah untuk tidak menyendiri. Meskipun sebenarnya, kamu tidak ingin keluar atau berinteraksi dengan orang lain. Kamu dapat menelpon orang terdekatmu atau siapapun yang kamu rasa orang tersebut dapat kamu percaya. Selain itu, kamu pun merasa aman dan nyaman dengannya.

Puasanya, jika kamu terus sendirian, maka akan menyebabkan rasa keinginan itu terus meningkat. Sehingga, memiliki peluang kamu akan menyakiti dirimu sendiri lebih jauh. Bahkan jika perlu, kamu dapat berkonsultasi dengan tenaga ahli, seperti salah satunya adalah psikolog.

5. Membandingkan Kehidupan Dengan Orang Lain

Ketika kamu merasa terpuruk dan kamu melakukan hal ini. Maka perasaan ketidakadilan pun akan semakin kuat. Sehingga, kamu akan lebih terpuruk dibandingkan semula. Misalnya, kamu memiliki teman dekat. Namun, kamu mengira ia selalu berhasil dalam bidang apapun. Baik bidang pendidikan, karir, bahkan urusan relationship pun ia berhasil.

Sementara kamu mengalami kegagalan. Bahkan tingkat keberhasilan yang kamu rasakan hanya sedikit atau nyaris tidak ada. Tentu dengan pemikiran seperti itu, kamu akan merasa tidak adil. Namun, sebenarnya, kamu tidak pernah tahu apa yang telah ia lalu selama ini. Sehingga ia sampai ke titik yang kamu sebut lebih baik dibandingkan dengan kamu.

6. Mencaci Tuhan

Hindari hal ini saat terpuruk karena hanya akan menambah dirimu terluka. Pasalnya, ketika keberhasilan terkadang lupa dengan Tuhan. Akan tetapi, ketika lagi drop atau punya banyak masalah ingat Tuhan. Bahkan ada pula yang sampai mencaci Tuhan dan seolah-olah menyalahkan Tuhan. Atas apa yang terjadi pada hidupnya. Tentu hal ini tidaklah baik, bukan?

Baca Juga  Pengertian Sampah Plastik dan Pemanfaatannya! Yuk Kita Kenali Lebih Jauh!

Usahakan untuk hindari hal ini saat terpuruk. Sehingga, kamu tidak di tidak dirugikan di masa depan. Berilah sedikit waktu untuk kamu sedih atau menangi. Setelah itu, marilah untuk bersikap dengan tenang, meskipun itu sulit. Selain itu pun, perlu disadari bahwa apapun yang terjadi adalah untuk mendewasakan manusia.

Comment

Artikel Terkait