by

Gampang Stres? Awali Harimu Dengan 6 Rekomendasi Sarapan Bergizi Ini

Perasaan kacau atau suasana hati yang buruk, sering menjadi halangan dalam menjalani hari dengan baik. Dan suasana hati seperti itu dapat menurunkan kinerja otak dan menurunkan semangat.

Alhasil, kamu menjadi mudah stres dan menjadi tak terkendali. Oleh karena itu, setidaknya kamu harus tahu ada beberapa rekomendasi sarapan untuk yang mudah stres.

Rekomendasi sarapan ini mengandung zat-zat yang dapat menurunkan stres dan memperbaiki suasana hati, sehingga kamu dapat mengawali hari dengan baik dan bersemangat.

Apa saja? Berikut ini 6 rekomendasi sarapan bergizi selain nasi, yang baik dikonsumsi setiap hari untuk kamu yang mudah stres.

1. Sereal Oatmeal dan Susu
Ilustrasi Sereal Oatmeal dan Susu (Foto: istockphoto.com)

Sereal biasanya dikonsumsi dengan seduhan susu hangat. Kedua kombinasi ini baik dikonsumsi saat sarapan, karena kandungan vitamin B dan magnesium pada oatmeal baik dalam mengatur penyebab stres, yaitu penurunan hormon serotonin.

Selain itu, susu juga berperan dalam penyerapan nutrisi, memperlancar pencernaan dan menyehatkan usus.

Bukan hanya susu murni, produk olahan susu seperti yoghurt dan keju juga merupakan sumber probiotik yang baik, dalam melindungi usus dari bakteri berbahaya, serta mampu menurunkan stres dan kecemasan berlebih.

2. Roti Gandum
Ilustrasi Roti Gandum (Foto: pixabay.com/FotoshopTofs)

Dari namanya sudah tercerminkan, bahwa roti ini mengandung gandum yang tinggi serat dan bergizi.

Gandum utuh pada roti inilah yang dapat menjadi sumber karbohidrat, untuk membuat insulin yang kemudian ditransferkan ke otak, sehingga dapat memperbaiki suasana hati dan membuat diri menjadi lebih tenang.

3. Sayuran
Ilustrasi Sayuran (Foto: pixabay.com/StockSnap)

Sayuran berdaun hijau baik dimakan saat sarapan untuk kamu yang mudah stres karena kandungan vitamin, magnesium dan mineral lainnya dapat memproduksi hormon serotonin dan meregulasi kortisol, yang dapat mengatasi tingginya tingkat kecemasan dan depresi.

Baca Juga  Sebagai Hiasan Hingga Bermanfaat untuk Kesehatan: Yuk Lebih Mengenal Daun Ivy!

Beberapa sayuran tersebut antara lain sayuran daun hijau seperti bayam dan kangkung. Kedua sayuran lebih baik jika dimasak bersama wortel, labu, atau sayuran lainnya, sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi lainnya melalui satu hidangan sarapan.

4. Ikan
Ilustrasi Ikan (Foto: pixabay.com/Danatentis)

Macam-macam ikan dapat dikonsumsi menjadi lauk sarapan, dengan sepiring nasi atau bersama salad sayur. Kandungan yang terdapat dalam ikan seperti vitamin B6, B12, dan omega 3, dapat menurunkan hormon kortisol, sehingga berfungsi dalam mengatasi stres.

5. Buah-buahan
Ilustrasi Hidangan Sarapan Buah (Foto: pixabay.com/stevepb)

Terdapat sejumlah buah-buahan yang baik untuk meredakan stres, sekaligus memiliki manfaat lain untuk kesehatan, sehingga baik dikonsumsi saat sarapan.

Yang pertama adalah pisang, baik dikonsumsi untuk sarapan karena kandungan vitamin B, mangan dan magnesiumya dapat memperbaiki suasana hati dan rasa lelah.

Kedua, buah alpukat baik dikonsumsi untuk meredakan stres, karena mengandung vitamin A dan E, serta asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan tingkat kecemasan. Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah sebagai minuman.

6. Telur
Ilustrasi Seseorang Sarapan dengan Telur (Foto: pixabay.com/istockphoto.com)

Beberapa orang mungkin sudah menerapkan telur sebagai lauk sarapan. Biasanya telur ini akan diolah menjadi telur goreng biasa atau telur rebus.

Telur ini memiliki peran yang baik dalam meredakan stres karena mengandung kolin, omega 3 dan tentunya tinggi protein. Kandungan telur ini juga dapat menurunkan rasa cemas dan memperbaiki suasana hati.

Sarapan yang baik adalah sarapan yang mengandung zat-zat bergizi. Tak hanya karbohidrat, melainkan lemak tak jenuh, mineral, vitamin dan protein juga baik dikonsumsi dalam menggantikan peran karbohidrat sebagai pembentuk energi.

Selain itu, zat-zat tersebut juga memiliki manfaat lain dalam pembentukan hormon. Oleh karena itu, konsumsi sarapan bergizi seimbang untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh ya, sobat.

Comment

Artikel Terkait